18 Oktober, 2010

Merawat Phanter

Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada anda yang telah memilih Isuzu Panther sebagai kendaraan pribadi. Zaman sekarang harga mobil baru untuk kelas MPV bonet bisa menembus angka di atas Rp.200 juta, sehingga buat warga masyarakat yang hanya memiliki dana di bawah Rp.100 juta dan enggan berurusan dengan masalah “perkreditan”, maka pilihan hanya bisa jatuh pada mobil bekas pakai (second).
Salah satu pilihan bagus adalah dengan memilih Isuzu Panther yang diproduksi di bawah tahun 2000 dengan kapasitas mesin 2500cc yang memiliki rentang harga antara Rp.60 juta – Rp.80 juta. Beberapa varian mobil Isuzu Panther 2500cc di bawah tahun 2000 ada beberapa jenis, diantaranya :
1. Varian Hi Grade
2. Varian Grand Deluxe
3. Varian Grand Royal
4. Varian Royal
5. Varian New Royal
Beberapa varian di atas memiliki fasilitas yang kurang lebih sama, namun ada beberapa fasilitas khusus yang membedakan biasanya : Power steering, Power window, AC double blower / Single blower, Central lock, dan sebagainya.
Banyak orang bilang Panther adalah rajanya diesel karena memiliki banyak kelebihan : muatan banyak, mesin diesel yang tangguh, irit BBM, suspensinya empuk, tahan banjir, AC dingin, mudah perawatannya dan lainnya. Namun disamping kelebihan yang dimilikinya, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan khususnya dalam perawatannya (karena mobil memang sudah berumur).
Agar kendaraan “bekas pakai” anda tetap dalam kondisi prima, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan baik di bengkel maupun anda kerjakan sendiri sendiri di rumah (do it by your self), diantaranya adalah:

1. Jika anda baru saja membeli mobil bekas pakai (second), maka langkah perawatan pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus ke bengkel dan gantilah semua filter (filter oli, filter solar dan filter udara) dengan yang baru. Harga dari ketiga jenis filter tersebut sekitar Rp.100.000 (tidak terlalu mahal tentunya dan belilah yang orisinal.



2.Ganti oli mesin dengan oli mesin yang baru, dan bila ada biaya lebih gantilah sekalian oli perseneling, oli gardan dan oli power stering dengan oli baru. Hal ini bermaksud untuk mereset kembali mobil anda dan agar nanti anda tidak kebingungan saat penggantian oli berikutnya karena sudah satu paket.

3.Periksa jumlah minyak rem, kondisi boster dan master rem dan master kopling, jika sudah kurang bagus sebaiknya diganti dengan yang baru (jika anda masih awam tanyakan ke bengkel mengenai hal ini).

4.Periksa kondisi fan belt, jika terlihat tanda-tanda: kendur, tipis, pecah-pecah, kaku (sudah tidak elastis) dan suaranya berderit kencang, maka segera ganti dengan fan belt baru agar anda terhindar dari putus fan belt ditengah perjalanan. Akan sangat merepotkan jika terjadi putus fan belt karena mobil akan mogok dan beresiko kerusakan mesin fatal dikemudian hari. Untuk perawatan fan belt baca selengkapnya

5.Untuk pemakaian sehari-hari, periksa selalu panel penunjuk BBM, usahakan jumlah solar jangan sampai kurang dari setengahnya. Hal ini untuk menghindari mobil anda terserang penyakit "masuk angin". Apalagi jika anda akan menempuh medan yang menanjang dan menurun (misal pegunungan atau parkiran mall yang berbasement), maka resiko masuk angin menjadi besar. Logikanya saat mobil posisi menanjak, maka solar akan berkumpul di bagian belakang tangki sehingga saluran yang ke pompa solar seolah tidak mendapatkan solar, otomatis yang tersedot kedalam ruang bakar adalah udara akibatnya solar tidak masuk ruang bakar dan tidak terjadi pembakaran di mesin. Masuk angin ditandai dengan akselerasi mesin yang tiba-tiba turun bahkan bisa sampai mati meskipun pedal gas anda injak dalam-dalam. Akan sangat berbahaya jika hal ini terjadi tiba-tiba disaat anda sedang dalam kondisi mendaki tanjakan, mobil anda bisa melorot dan berakibat kecelakaan fatal.

6. Sebelum digunakan, mobil sebaiknya dipanaskan kurang lebih 5 menit. Hal ini bertujuan agar oli mesin tersebar merata keseluruh bagian mesin. Jika oli mesin belum tersebar merata dan anda sudah menjalankan kendaraan, maka resiko keausan mesin akan besar dan umur mesin akan lebih pendek.

7. Jika mobil jarang digunakan, tetap harus dipanaskan minimal 2 hari sekali. Hal ini bermanfaat supaya anda terhindar dari mobil mogok / tidak bisa distater karena accu tekor. Meskipun accu anda dalam kondisi baru / penuh strum namun jika anda jarang melakukan pemanasan mesin, maka mobil beresiko tidak bisa distater, kalau sudah begini mobil harus didorong tentu hal ini sangatlah menjengkelkan.

8.Saat memanaskan mesin mobil jangan lupa sambil menyalakan AC mobil, hal ini untuk menghindari rusaknya refrigerant (bahan pendingin ac) dan kompresor ac karena tidak pernah digunakan.

9.Periksalah baut-baut roda, baut / engsel pintu, dan baut-baut lainnya minimal 2 bulan sekali. Hal ini berkaitan dengan karakter mesin diesel yang memiliki bobot dan getaran yang besar, sehingga baut-baut menjadi lebih cepat kendor. Dari hal yang kelihatannya sepele ini, namun jika tidak diperhatikan bisa berakibat fatal. Coba anda banyangkan bagaimana jadinya apabila anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi tiba-tiba roda anda terlepas akibat bautnya kendor, tentunya bisa berakibat kecelakaan fatal bukan?.

10. Periksalah ketinggian air radiator dan reservoirnya sebulan sekali, jangan sampai mobil anda mogok bahkan terbakar akibat mesin over heating (terlalu panas) karena air radiator mobil habis. Radiator adalah elemen penting dari mesin yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Radiator tersusun dari pipa-pipa kapiler yang rentan bocor akibat pipa berkarat ataupun akibat benturan yang sebelumnya pernah terjadi misal mobil tabrakan dan sebagainya. Meskipun lubang kebocorannya kecil dan tidak terdeteksi oleh kita, namun lambat laun air di radiator akan berkurang bahkan bisa habis jika tidak ditambah. Jika anda menjumpai air radiator selalu berkurang, ini menandakan ada kebocoran dalam sistem radiator anda dan segera bawa ke bengkel radiator untuk diperbaiki. Untuk jumlah air di reservoir anda tinggal melihat kondisi air harus dalam batas antar low dan full, jika kurang dari low tinggal ditambah air tapi jika di atas full tingga dicopot dan dibuang / dikurangi airnya.

11. Periksa kondisi oli mesin dua minggu sekali, bisa bareng saat periksa air radiator. Meskipun saat anda ganti oli dibengkel sudah diberikan catatan kapan anda harus ganti oli mesin kembali, namun tidak ada salahnya anda memeriksa kondisi oli mesin anda. Kadang tanpa disadari, ada remebesan-rembesan oli pada mesin yang sealnya sudah mulai rusak tentunya jumlah olie mesin yang ada akan terus berkurang. Bisa juga oli mesin ikut terbakar akibat ring piston sudah rusak, hal ini juga lambat laun akan mengurangi jumlah oli mesin. Jika oli mesin habis saat anda menjalankan kendaraan, mesin akan mogok "ngejim".

12. Saat musim penghujan, periksa reservoir untuk cairan pembersih kaca. Jika airnya habis segeralah ditambahkan air dan campurkan cairan pembersih kaca. Periksa juga karet wiper jika sudah keras segera diganti agar kaca mobil anda tidak tergores dan hasil pembersihannya pun bisa maksimal.

13.Seiring berjalannya waktu, nozle dan injector akan kotor dan berkerak. Akibatnya pembakaran menjadi kurang sempurna dan berakibat mesin menjadi kurang bertenaga dan boros bahan bakar. Untuk itu perlu dilakukan perawatan pada nozle dan injector, baca selengkapnya

14. Salah satu perawatan mesin diesel yang mahal adalah kalibrasi, biaya berkisar satu juta rupiah atau bahkan lebih (tergantung tarif masing-masing bengkel). Kalibrasi dilakukan apabila pompa solar dan injector pada mesin diesel sudah tidak bisa mendapatkan komposisi campuran yang optimal, hal ini ditandai dengan bbm yang boros (standart normal panther 13km - 15km / liter), tarikan loyo dan keluar asap hitam yang cukup tebal. Untuk itu pompa dan injector perlu dites dan di stell ulang (kalibrasi) agar didapatkan campuran solar dan udara yang tepat sehingga pembakaran kembali optimal. Perawatan ini bisa dilakukan 2 tahun sekali atau jika kondisi mesin memang masih prima maka tidak perlu dilakukan kalibrasi.

Baca juga artikel terkait lain:
1.Merawat kaki kaki panther
2.Panther Masuk Angin
3.Membersihkan Nozel dan Injector Panther
4.Manual Book Panther dan ELF
5.Panther berat tarikannya
6.Merawat fan belt
7.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
8.Merawat Accu
9.Memperbaiki Sein Mati
10.Membersihkan tanki mobil
11.Jenis Oli Mesin
12.Tentang ban mobil
13.Ban mobil benjol
14.Cara mengganti baut roda yang putus

226 komentar:

  1. Dear Bos Eko,
    Terima kasih atas ilmunya yang disharing. Singkat, ringkas dan sangat bermanfaat bagi saya.
    Regards,
    /ak

    BalasHapus
  2. OK..pak, buat pembaca yang memiliki ilmu juga boleh kasih info dan sara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bos,tuk oli yang rembes di master rem atas itu krn kerusakan apa?

      Hapus
    2. bos,tuk oli yang rembes di master rem atas itu krn kerusakan apa?

      Hapus
    3. Kemungkinan komponen master rem (kelep, piston, dll) sudah bocor. sebaiknya ganti satu set dengan baru. harga berkisar 350rb

      Hapus
    4. mbah,panther sy tahun 96,kdua lampu depan mati berbarengan dg AC yg ikut mati juga,ada rembesan oli keluar dr dinamo amphere,mhn solusi perbaikannya..trmaksh

      Hapus
    5. Kemungkinan ada konsleting pada sistem kelistrikan sehingga ada sekring yang putus..coba cek dulu sekringnya.
      Kalau ada rembesan oli dari dinamo ampere, sebaiknya periksakan ke tukang dinamo untuk diketahui penyebabnya

      Hapus
  3. Trims infonya... sy owner panther (panther lama..) baru 1 bulan masih awam prawatan, kalo boleh sy minta jadwal prwatan ganti oli (mesin, gardan dll) filter2, sekali lagi trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jadwal perawatan berkala Panther akan segera saya post Pak..

      Hapus
  4. baru saja saya beli Panther Hi Sporty Th 2000. Pas banget sesuai kebutuhan. Makasih, Mas Bro.

    BalasHapus
  5. jadi suka nih sama mobil Panther, trims infonya sangat bermanfaat Om Eko

    BalasHapus
  6. Buku manual Panther dan Jadwal perawatan mobil Panther dan ELF sudah saya upload..silahkan di download

    BalasHapus
  7. pak eko , saya punya panther new royal tahun 2000 , konsumsi solar utk luar kota 1:14. tergolong irit atau boros ? ada yang bilang kalo panther luar kota bisa 1:18 . apa yg harus saya lakukan agar panther new royal saya bisa 1:18 luar kota ? terima kasih sebelumnya ..

    BalasHapus
  8. panther new royal 2000 saya beli second , anehnya waktu pertama beli saya test solarnya sby-pasuruan 1:18 , kemudian saya beri preston injection cleaner
    untuk solar, malah jadi boros 1:14 ?? saya pikir bannya yg bermasalah, sudah saya ganti , freon ac sebelumnya nggak dingin, juga sudah saya isi. tapi tetap belum bisa kembali normal 1:18 luar kota . mohon saran pak eko .. thx..

    BalasHapus
  9. saya coba maximalkan mobil panther saya, bisa mencapai 1:15, tapi kecepatan max 80 km / jam, dan pake AC alam ( AC dimatikan ) ..bukankah itu sedikit memaksakan :-) saya pinginnya panther saya bisa 1:18 luar kota, 1:14 dalam kota ( AC dinyalakan ) mohon saran pak eko . thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah praktis :
      1. Ganti filter solar dan saringan udara dengan yang baru dan ori
      2. Ganti oli mesin dan filter oli
      3. Pakai injector cleaner (prestone / STP)
      4. Sering dipakai jalan-jalan

      Hapus
    2. Tambahan informasi :
      Pada tanggal 1 - 15 Des 2012 saya sekeluarga (4 orang dewasa + 2 orang anak-anak) dengan menggunakan Panther royal tahun 1999 melakukan perjalanan dari Jakarta - Bali PP dengan jarak tempuh sekitar 3400KM (bacaan di Odometer) dengan AC full sepanjang perjalanan.
      Total biaya pembelian bahan bakar = Rp.850.000 = 188.9 liter
      jadi konsumsi bahan bakar = 3400km/188.9ltr = 18km/ltr.
      Waktu sebelum berangkat saya hanya melakukan maintenance :
      1.Bersihkan filter udara
      2.Ganti Filter solar
      3.Ganti Oli
      4.Ganti filter oli
      Hasilnya cukup lumayan irit dan bikin kantong masih aman...

      Hapus
    3. Om panther sy grandroyal98 solarnya parah boros banget 1:8 hrs digimanain ya? Udh sy hitung berkali2 dgn metode full to full tiap isi solar di lain2 tempat tetep aja hasilnya segitu.. sebelumnya sy pke grandroyal96 bisa 1:14

      Hapus
  10. Ah jadi takut nih mau pake panther, biasanya saya pake kijang, sekarang saya mau coba pake panther, melihat isi artikel ini jadi takut...tapi makasih ilmunya pak bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pernah takut pakai Panther Efa..dulu saya pernah pakai Avanza, namun setelah memakai Panther saya sudah kurang tertarik lagi dengan mobil bensin. Hal ini karena saya sudah merasakan banyak keunggulan diesel terutama pada daya tahan, mudah dan murah perawatannya, tenaga besar dan hemat bahan bakar.

      Hapus
  11. saya mau nanya pak, kenapa jam di mobil panther saya lampunya byar pet trus kalo jam nya juga tidak pernah cocok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya belum pernah oprek masalah ini Gan, namun saya hanya bisa memberikan sedikit suggestion :
      Biasanya jam di mobil itu pakai baterai tersendiri (tidak tergantung dengan power dari kelistikan mobil). Jadi meskipun mesin mobil dimatikan, namun jam akan tetap standby dan memorinya tetap bekerja meski jam nampak tidak menyala saat mesin mati.
      Namun begitu kita nyalakan mesin maka jam akan menyala dan jam akan menunjukkan angka yang sesuai dengan saat ini.
      Kemungkinan baterainya habis dan diganti baterainya. Mungkin ada diantara rekan-rekan lain yang punya pengalaman dengan hal ini bisa share infonya.

      Hapus
    2. Menambahkan, jam mobil arusnya tetap dari Accu, coba accu lepas, pasti jamnya akan reset dan harus dicocokkan ulang. Pak Huda coba cek atau urut kabel yang menuju ke jam Pak, kayaknya soketnya gak kenceng ...

      Hapus
  12. sAYA PENYIMAK WEBSITE PAK WIJANARKO, YG SAYA MAU TANYAKAN ADALAH :
    Panther 2300 cc tahun 1995, pada ablas (selang pembuangan) yang terletak didepan dan menjulur kebawah mesin ternyata terkadang mengeluarkan asap putih (kadang-kadang) lalu setaiap habis dipakai lalu masuk garasi paginya di lantai garasi ada oli sekitar 1/2 sendok makan.

    PAda pagi hari di cek oli mesin dengan menarik stick oli maka oli masih dalam kondisi full (tidak berkurang)


    MASALAH KAH DENGAN ABLAS/SELANG KELUAR ASAP PUTIH DAN MENETESKAN OLI?.

    APA CIRI MESIN UDAH TIDAK BAGUS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya hampir sama dengan pertanyaan yang pernah disampaikan pada artikel Membersihkan ijector Panther, namun akan saya ulas kembali :
      Untuk Panther 2.3 (TBR52) akan mengeluarkan asap putih tipis dari pipa pembuangan(air breather) seperti yang saudara maksud jadi tidak usah khawatir hal tersebut normal saja.Hal ini berbeda dengan panther 2.5 yang sudah tidak terdapat selang tsb.
      Sehubungan Panther sudah berumur jadi wajar saja kalau shealnya sudah pada getas dan rawan rembes oli. Yang terpenting cek jumlah oli dari stik pengukur, perhatikan apakah ada pengurangan yang cukup drastis. Jika iya berarti harus segera diperbaiki apakah ganti sheal / paking atau ada baut mesin yang kurang kencang, dll.semoga membantu

      Hapus
    2. Pagi bosss,,,saya mau tambah ilmu,,uda 2 minggu ini mobil panther sy klo di start pd pagi hari,,normal,,tp sekitar 1menitan,,suara mesin terdengar loncat loncat,,tp klo uda lama panas gk pa pa,, mohon pencerahanya,,saya di waru,,sidoarjo trims

      Hapus
    3. Pagi bosss,,,saya mau tambah ilmu,,uda 2 minggu ini mobil panther sy klo di start pd pagi hari,,normal,,tp sekitar 1menitan,,suara mesin terdengar loncat loncat,,tp klo uda lama panas gk pa pa,, mohon pencerahanya,,saya di waru,,sidoarjo trims

      Hapus
    4. Pagi bosss,,,saya mau tambah ilmu,,uda 2 minggu ini mobil panther sy klo di start pd pagi hari,,normal,,tp sekitar 1menitan,,suara mesin terdengar loncat loncat,,tp klo uda lama panas gk pa pa,, mohon pencerahanya,,saya di waru,,sidoarjo trims

      Hapus
  13. Mau tanya bos, Saya EFA bos, Saya inikan baru nyoba pakai panther, berdasarkan saran saran diblog ini maka kemaren saya mengganti semua oli, termasuk oli mesin, perseneling dan gardan beserta dengan filter filternya, nah saya juga mengganti sil asterk depan belakang karena ada rembes oli, sekarang ini kayak terjadi rembes diradiator, kemaren saya menempuh perjalanan sekitar 50km, paginya saya cek air radiatornya berkurang sekitar 5 cm, apa radiator bisa diperbaiki, terus kalau beli baru harganya berapa? mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan buru-buru ganti radiator Gan, mesin kalau dingin otomatis air radiator akan sedikit terlihat berkurang tapi saat mesin dihidupkan otomatis pompa radiator akan bekerja dan air akan mengalir (terlihat seperti penuh). itu siklus biasa saja, namun berhubung memang mobil sudah berumur ada baiknya bawa ke tukang radiator untuk dicek apakah ada kebocoran, jika ada bisa ditambal disana. Kalau harga baru saya belum tahu

      Hapus
  14. mau tanya Pak Eko, saya tertarik untuk membeli panther tahun 1991 - 1993 untuk mobil pertama saya, tapi saya belum pernah punya Panther neh, adakah info tentang speknya? dan kira-kira kalau mau membeli panther second tahun 1991 - 1993 itu apa saja yang perlu diperhatikan? dan bagaimana caranya agar tahu bahwa panther itu kondisi-nya bagus...

    terima kasih
    salam
    Rio

    BalasHapus
  15. mau tanya Pak Eko, saya tertarik untuk membeli panther tahun 1991 - 1993 untuk mobil pertama saya, tapi saya belum pernah punya Panther neh, adakah info tentang speknya? dan kira-kira kalau mau membeli panther second tahun 1991 - 1993 itu apa saja yang perlu diperhatikan? dan bagaimana caranya agar tahu bahwa panther itu kondisi-nya bagus...

    terima kasih
    salam
    Rio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koment sudah dijawab diartikel yang lain ya gan..

      Hapus
  16. jakarta - bali 3400 km cuma 890 ribu rupiah = 1;18 ? wah irit juga ya pak ... kondisi jalan kebanyakan lancar 80 km / jam atau banyak macetnya pak ?


    btw numpang tanya nih pak ...

    apakah solar di dalam tangki panther bisa menguap ? padahal sudah ditutup rapat ?

    soalnya begini , baru baru ini saya test irit solar panther saya dalam 1 hari, dari surabaya saya isi full tank , lalu sampai pasuruan saya isi full tank lagi, hasilnya 1:16 , hasilnya cukup maximal menurut saya. namun jika panther saya dikandangkan di garasi dalam waktu lama, 2 minggu - 1 bulan misalnya. hasil test iritnya berbeda.
    bisa 1:13 , bahkan 1;12 / padahal jarak yg ditempuh sama (luar kota malang - surabaya) .

    saya curiga apakah solar saya waktu di garasi menguap ?? apa ada kemungkinan demikian ? soalnya jika ditest irit berdekatan waktunya dengan isi bensin , hasilnya maximal, namun jika ditest irit setelah dikandangkan di garasi 2 minggu - 1 bulan ,kog hasilnya jadi boros ??

    seandainya memang benar solar saya menguap , bagaimana cara mengatasinya ? padahal seal penutup tangki bensin sudah ditutup rapat ?

    mohon saran pak eko ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koment sudah saya jawab diartikel lainnya ya Gan..
      Intinya semakin sering Panther diajak jalan-jalan maka dia akan semakin irit dan bertenaga

      Hapus
  17. 3400 km cuma bayar 890 ribu dengan penumpang 6 orang , belum termasuk bagasi & barang barang bawaan ? luar biasa ....

    btw pak eko katanya punya panther ls 2010, kog liburan sama keluarga pake panther royal 99 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah kantong gan...Ls2010 sdh dilepas..tinggal menikmati yang ada namun tetap bisa diandalkan

      Hapus
  18. apakah mungkin panther royal 99 lebih nyaman & bertenaga dibanding panther ls 2010 ? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persoalan nyaman memang tentu barang baru biasanya lebih nyaman ketimbang barang lama, apalagi panther royal 1999 dibanding LS 2010 ya tentu berbeda.. Soal tenaga logikanya LS 2010 lebih bertenaga dan lebih irit dari Royal 1999 karena sudah dilengkapi dengan Turbo. Namun jika Royal tetap dirawat dengan baik, bisa kok menandingi tenaga dan irit dari LS 2010

      Hapus
    2. Intinya saya ingin menginformasikan kepada para pembaca sekalian bahwa Panther meskipun sudah tua namun tetap bandel, kuat, irit dan tidak rewel.

      Hapus
  19. Shenry
    Thank,s Untuk Ilmu Dan Pencerahanya Pak Eko.

    BalasHapus
  20. Shenry
    Thank,s Untuk Ilmu Dan Pencerahanya Pak Eko.

    BalasHapus
  21. Terimakasih Pencerahannya Mas Eko..salam
    kenal, saya baru beli Panther 2nd.
    Mo khatamin artikel mas Eko..sambil performing My Panther..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masmbang..sama-sama, silahkan disimak Gan.., dan boleh ditambahkan pengetahuan atau pengalamannya selama merawat panthernya. Agar kita semakin banyak ilmu..

      Hapus
  22. Pak bagaimana cara menguras radiator Panther royal mohon disertai gambarnya biar jelas masih pemula :) .terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara menguras air radiator cukup simple kok gan..langkahnya:
      1. Buka kap mesin
      2. Pastikan mesin dalam kondisi dingin
      3. Pada radiator sisi kanan (searah tangan kanan) julurkan tangan anda kebawah, dan rabalah sampai ke bagian bawah radiator, maka anda akan menemukan semacam tongolan / sumbat. putar kendorkan dan pastikan sampai lepas. maka air radiator akan mengalir sampai habis.
      4. Tutup kembali dan isi air radiator dari lubang pengisian sampai penuh. lalu jalankan mesin untuk beberapa saat. Lihat apakah air didalam radiator bergerak. Jika iya berarti radiator normal.
      5. Jika anda masih ingin menguras lagi maka ulangi langkah dari nomor tiga, pastikan sampai radiator bersih.
      6.Untuk penjelasan dengan gambar akan segera saya terbitkan artikelnya ya..terimakasih

      Hapus
  23. untuk mengenali type dan jenis panther, agan bisa minta diperlihatkan STNK dan BPKB mobil tersebut. disana akan ditunjukkan jenis dan model Panther yang bersangkutan. Karena memang sulit membedakan type Panther keluaran lama karena sudah banyak dimodifikasi oleh sang pemiliknya.

    BalasHapus
  24. untuk membedakan secara sepintas bisa dilihat dari :
    1. Hi Grade : Power steering, Power window
    2. Royal : power steering namun belum power window
    3. Delux belum power steering dan juga belum power window
    Namun kondisi di atas bisa juga dimodifikasi oleh yang punya

    BalasHapus
  25. Salam Kenal dan Terima kasih Informasinya,sangat menarik. Jadi tambah sayang sama si Macan :)
    Oiya,nama saya Alfa pengguna Panther th 95 Indirect Injection.yg mau saya tanyakan adalah setiap kali mobil mulai jalan dan masuk gigi 1 selalu tersendal & gas harus diinjak,setahu saya kalau mobil utk angkatan gigi 1 kan tdk perlu injak pedal gas mobil sudah ngacir,utk info RPM posisi normal ada di 500
    Bagaimana mas Eko,apakah yg salah dengan macan saya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  26. Salam Kenal dan Terima kasih Informasinya,sangat menarik. Jadi tambah sayang sama si Macan :)
    Oiya,nama saya Alfa pengguna Panther th 95 Indirect Injection.yg mau saya tanyakan adalah setiap kali mobil mulai jalan dan masuk gigi 1 selalu tersendal & gas harus diinjak,setahu saya kalau mobil utk angkatan gigi 1 kan tdk perlu injak pedal gas mobil sudah ngacir,utk info RPM posisi normal ada di 500
    Bagaimana mas Eko,apakah yg salah dengan macan saya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf agak telat membalasnya Gan..sedang ada aktifitas pekerjaan di luar kota.

      Kalau jalan gigi 1 mobil tersendal itu biasanya pada setelan ketinggian pedal kopling. coba setel ketinggiannya agar sesuai. Kemungkinannya setelan pedal terlalu tinggi sehingga jarak main kopling jadi terlalu sempit sehingga begitu pedal dilepas sedikit saja, maka kucing akan langsung menghentak (nyendal bahasa jawanya).coba disetel agak dalam..
      RPM 500 itu termasuk kurang gan..besarkan setelan gas yang ada di ruang kemudi dengan cara diputar searah jarum jam hingga mencapai RPM 800 (kondisi AC mati), maka anda tidak perlu menginjak gas dalam-dalam dan kucingpun akan lebih mudah distater pagi hari. Semoga cukup membantu

      Hapus
  27. numpang nanya ni pak kucing sy hi grade 95 koq sering susah d hidupkan mesinx apalagi klau ngak d panasin mesinx barang 2 hr, kayakx akix langsung tekor tu, mohon pencerahanx pak mkcih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan terbesar adalah aki mobil agan sudah soak sehingga sudah tidak bisa menyimpan setrum. periksakan ke tukang aki untuk mengetahui lebih lanjut. umur aki biasanya maksimal 2 tahun. sebaiknya ganti dengan aki baru dengan kuat arus 60A sampai 70A. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel merawat accu di blog saya ini.

      Hapus
  28. Selamat, malam gan, akhirnya aku nyoba panther juga, aku dapat panther grandroyal tahun 97, berdsarkan artikel artikel yang saya baca diblog ini, sesampainya dirumah langsung sy ganti, filter udara, filter solar, dan filetr Oli sekaligus saya siapkan pergantian oli mesin, oli perseneleng dan oli gardan, namun bengkel tidak mau mengganti oli gardan, alasanya kalau oli gardan diganti mesin akan (Bengung)/mendesing benarkah begitu agan wijanarko?, hingga saat ini oli gardan tidak saya ganti. mohon pencerahanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak sulit untuk memahami mengapa bengkel tempat agan membuat pernyataan kalau ganti oli gardan akan membuat mesin menjadi mendengung. Secara logika awam saja, bahwa setiap komponen yang bergerak harus diberikan pelumas agar tidak terjadi kerusakan, bayangkan bagaimana jadinya jika oli gardan mobil anda habis dan kendaraan tetap dijalankan..?pasti gigi-gigi di gardan akan rusak karena saling bergesek dan tidak ada oli yang melumasinya.
      Jadi saran saya dilihat dan dicek jumlah dan kualitas oli yang ada di gardan dengan cara buka baut pengisian oli gardan, jika memang lu diganti karena jumlah dan kualitasnya sudah kurang bagus, maka gantilah oli gardan tersebut.

      Hapus
  29. Siang pak eko,kenalkan saya nobel dan baru 3 bulan ini punya mobil dan saya memilih panther grand royal,pak pertanyaan saya pas saya baru beli sy sdh ganti oli mesin,gardan,filter oli dan solar.skrg pemakaian sdh 4500 km sudah saatnya ganti oli.apakah cukup dgn ganti oli di rumah saja atau hrs ke bengkel untuk tune up,dan apa saja yg perlu di ganti selain oli.terima kasih saran nya pak

    BalasHapus
  30. Jika anda ingin melakukan sendiri, maka sebaiknya anda cukup beli oli mesin 5 liter boleh merek apasaja yang disukai. cukup mudah untuk ganti oli mesin:
    1. Buka penutup oli mesin yang ada di ruang mesin sebelah atas.
    2. Buka baut pembuangan oli yang ada dibawah mesin / kolong mesin
    3. tunggu sampai oli mesin habis semua, dan bantu dengan semprotan angin jika ingin cepat habis.
    4. Tutup kembali lubang pembuangan dengan baut dan selotip agar tidak rembes.
    5. Tuangkan oli mesin yang baru perlahan-lahan agar tidak tumpah.
    6. Setelah penuh, tutup kembali lubang pengisian oli mesin.
    7. Jalankan mesin.

    Namun jika anda tidak mau repot, cukup datang ke bengkel ganti oli dan beli oli sekaligus diisikan.
    Untuk perawatan bisa dilakukan :
    1. Bersihkan watersparator, bersihkan filter udara dan filter solar.
    2. Setel kelep.
    3. Purging nozle jika dirasa nozle kotor
    4. Cek kaki-kaki mobil

    BalasHapus
  31. Salam pak eko...saya mau tanya, apakah pada umumnya mobil panther/diesel agak susah isi bahan bakarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya tidak ada masalah dengan pengisian bahan bakar dari SPBU ke tanki mobil, hampir sama saja dengan type mobil lainnya. Mungkin bisa lebih diterangkan apa kendala yang dihadapi agar lebih jelas permasalahan pada mobil agan.

      Hapus
  32. Salam kenal mas Eko,
    Mas Eko, saya pakai Touring 2002 sdh hampir 4th saya pakai nyangkul Surabaya-Gresik
    Seminggu ini kayaknya bermasalah, pagi hari rutin saya panasi kondisi stasioner suara mesin tdk stabil bahkan mati setelah di start kembali bisa dipaksakan ke Gresik dan diperjalan tdk masalah. Pulang dinas saat start awal kondisi suara mesin seperti pagi hari kemudian tgl.23 Agustus 2013 sdh ke bengkel di tune up, ganti filter solar,olie & udara tapi permasalahannya belum tuntas dan tarikanya kurang wus..wus & kayaknya konsumsi BBM agak boros.
    Sekian mohon pencerahan mas bro EKO

    Salam, Rachmanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah yang dilakukan sudah benar, lakukan perawatan dengan ganti filter solar dan udara. jangan lupa juga kuras dan bersihkan watersparator.dan lakukan buang angin.
      Jika distater pagi hari mesin nyala dan tidak lama mati dengan suara dengungan mesin yang tidak seperti biasanya, anda bisa lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:
      1. Saat start dan mesin menyala, putar tuas gas lebih besar agar mesin naik rpm/tidak mati. setelah cukup kembalikan lagi agar rpm turun sesuai standard.
      2. Periksalah saluran bahan bakar dari tanki ke watersparator, bersihkan dengan cara di tiup dengan kompresor.
      3. Periksa selang pernafasan tanki, ada kemungkinan karena lama terjadi sumbatan sehingga laju bahan bakar tersendat masuk ke mesin karena terjadi kevakuman di tanki bahan bakar.
      4. Tambahkan cairan pembersih nozle merek apa saja yang dipercaya, agar nozle bersih kembali.
      5. Jika masih belum teratasi lakukan purging untuk hasil pembersihan nozle yang lebih baik lagi.
      6. Jika masih belum teratasi juga, periksakan pompa solar ke bengkel kalibrasi.
      Sekian dan semoga cukup membantu

      Hapus
  33. Mas Eko..Salam Kenal

    Saya Baru punya Panther Hi Grade 2.5 Tahun 1998. untuk Asap yang keluar dari Knalpot yang Normal warna Apa? Hitam ! Putih ! Atau Ke Abu2an........
    Mohon bagi Informasinya. THX

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mesin dalam kondisi fit, maka biasanya mengeluarkan asap biru keabuan dan tipis saat stasioner.

      Hapus
  34. Salam Kenal Mas
    Mau tanya
    Apakah Kelebihan & Kekurangan dari
    1. Panther Miyabi Tahun 1996
    2. Isuzu Panther Bonet Th 94
    Mohon Pecerahannya Mas
    Wasalam,
    Muhammad Fachri (Palembang)

    BalasHapus
  35. Salam kenal mas Eko,
    Baru beli ispan Royale 2500cc 1997, mohon pencerahannya ttg brp liter oli untuk pergantian oli mesin, transmisi dan garden...

    Tq,
    Rusdi Surabaya

    BalasHapus
  36. Trimaksh mas atas tipsnya. Kalo blh tanya, saya rasa oli kopling panther saya kok cpt habis ya mas! Perlu ganti apa mas? Trimaksh penjelasannya

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Trimaksh mas atas tipsnya. Kalo blh tanya, saya rasa oli kopling panther saya kok cpt habis ya mas! Perlu ganti apa mas? Trimaksh penjelasannya

    BalasHapus
  39. Trimaksh mas atas tipsnya. Kalo blh tanya, saya rasa oli kopling panther saya kok cpt habis ya mas! Perlu ganti apa mas? Trimaksh penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek master kopling baik yang atas maupun yang bawah. Lihat apakah ada rembesan oli atau bahkan menetes. jika ada segera ganti komponen tersebut,

      Hapus
  40. bermanfaat banget, maturnuwun pak eko..

    BalasHapus
  41. salam..
    panther pickup '05, akhir2 ini saat distart koq lama yah... bunyi ckcckkkk.... kadang langsung hidup mesinnya.. tapi kadang dicoba start lagi...
    kalo aki belum lama diganti, memang sih saat2ini kadang dipake juga...
    trus gimana supaya kmbali sperti sedia kala yah...
    distart lamgsung grenggg...mhn bantuannya... trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menandakan accu agan tekor, ada dua hal yang bisa menyebabkannya: 1. Kondisi accu yang memang sudah soak dan saatnya diganti (rata-rata usia 1-2 tahun sdh minta ganti). 2 Ada masalah dengan sistem pengisian arus listrik ke accu (Alternator). Jika setelah distater dan mesin hidup lihatlah panel dashboard anda apakah lampu tanda accu langsung mati setelah mobil menyala. jika iya berarti kerusakan pada accu, jika tidak segera mati berarti kerusakan ada di alternator. Semoga membantu

      Hapus
  42. Lam kenal Bang Eko..
    Mo tnya nich..kbetulan nich pengen mo bli panther. Ada yg tawarin grand royal 97 & royal 98. Harga dan kondisi sya perkirakan sm istimewanya. Yg sya tanyakan apakah benar grand royal 97 lbih ok. Kog banyak peminatnya..? Terima ksih boz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara generasi, tentunya Ispan Grand royal 98 lebih baik dari pada 97 karena ada beberapa pembaharuan. Dari sisi harga juga lebih mahal 98 dari pada 97.jadi menurut saya lebih baik beli yang 98 dari pada 97 (dengan asumsi kondisi fisik dan mesin sama-sama sehat dan masih bagus)

      Hapus
  43. Numpang nanya mas, IsPan sy (Miaby 95) pada panel dashboard tanda seru (!) Menyala terus. Ini pertanda apa ya? Mohon pencerahan, maklum... newby

    BalasHapus
  44. itu menandakan kalau rem tangan dalam keadaan mengerem..turunkan rem tangan dari dudukannya dengan cara memutar dan melepaskan dia turun.

    BalasHapus
  45. Alhamd banyak pencerahan, terima kasih bapak eko, o ya saya ada keluhan pada saat pindah ke gigi 2 agak keras, kadang harus digoyang goyang stik persenelingnya, jadinya setlah perjalanan jauh lengan kiri lumayan capek, o ya bolehkah bila mulai jalan langsung pakai gigi 2, mohon penjelasannya bapak eko, tmks sebelumnya o ya panther saya hi grade 2.3 tg 1995

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus yang bapak alami juga banyak dialami oleh pecinta kucing lainnya, maklum karena mobil makin berumur maka banyak komponen mesin yang sudah aus atau tidak presisi lagi. Coba ganti oli perseneling anda dengan yang baru. lalu cek kondisi kopling apakah masih bagus. dan sekalian juga dicek posisi pedal kopling apakah setelannya sudah sesuai. Jika langkah tersebut masih tidak membuahkan hasil, maka kemungkinan terbesar adalah ada kerusakan di gigi sinkromes.

      Hapus
  46. Salam kenal pk Eko,begini pk..panther sy klau dihidupkan seperti terdengar suara "dung..dung..dung" gt pk,trus yg kedua klau tuas handrem di tarik,indikator handrem nyala pd dashboard tp lampu rem merahnya mati..anehnya klau di buat rem kaki lampu remnya bs hidup,apanya ya pk eko...mohon arahannya teima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mas..kalau suara dung..dung..masih sulit dideteksi kerusakan di bagian mana. coba didiengarkan dengan seksama dari bagian mesin manakah yang mengeluarkan bunyi tersebut. Kalau lampu masalah lampu rem tsb kemungkinan salah pemasangan kabelnya. coba diurut kabelnya..jika takut salah, bawa saja ke tukang variasi mobil

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. mohon pencerahannya pak eko, apa kekurangan n kelebihanya panther miyabi, terimakasih....

    BalasHapus
  49. Pagi pa eko...saya mo tanya, phanter saya thn 95 2300cc, kalo menghidupkan mesin di pagi hari susah sekali. Semua filter sudah ganti baru, perlu start panjang sampai 3x baru mesin hidup, kadang bisa lebih. Apakah heaternya rusak? Bagaimana cara memperbaikinya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga benar, bahwa heater (glow plugnya) sudah rusak. kalau rusak sebaiknya belikan saja yang baru dan pasang kembali seperti semula.

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Met malam,
    Pak saya punya Panther New Royal 2000
    konsumsi BBm nya sangat boros
    untuk Dalam kota 7,5 km/liter, sedangkan luar kota 10 km/liter
    pernah service bospomnya satu kali krn masuk angin
    Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya agar bisa irit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan konsumsi solar segitu memang Panther anda tergolong sangat boros BBM, coba anda lakukan service setel kelep, setel timing pembakaran, dan lakukan purging. semoga panther anda kembali irit

      Hapus
  52. Met malam,
    Pak saya punya Panther New Royal 2000
    konsumsi BBm nya sangat boros
    untuk Dalam kota 7,5 km/liter, sedangkan luar kota 10 km/liter
    pernah service bospomnya satu kali krn masuk angin
    Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya agar bisa irit

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. askum p.eko saya mau nanya mobil saya panther th 95 kontrol accu & radiator nyala kedap kedip itu tanda nya yg rusak apanya ya ..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan yang rusak adalah Alternator (pengisian accu), bawa saja ke tukang Dinamo pak untuk diperbaiki dinamo amperenya (dinamo pengisian)

      Hapus
  55. Kalo biaya over haul panther kotak total kisaran berapa ya pak?

    BalasHapus
  56. panther ls 2001 matic, ketika mesin hidup, stick pengukur oli kalo dicabut mengeluarkan kebullan asap hitam, kenapa ya ?

    BalasHapus
  57. aslk pak, mau nanya panther saya miyabi 93, saat pindah dari gigi 1 ke gigi 2 lembut saat baru jalan tapi setelah jalan perpindahan kegigi 2 selalu keras, mohon pencerahannya pak, trims

    BalasHapus
  58. mau tanya, pak eko ...

    saya pengen beli panther tp budget terbatas ..
    liat2 panther tuir yg karoseri harganya khan agak miring tuh ...
    saran pak eko gimana?
    baik dari sisi performance ataupun harga jualnya lagi
    karena kita khan gak tau rejeki kita ke depannya
    jd klo ada rejeki, ya mungkin dilego tuh (klo misalnya jadi beli yg model karoseri macem miyabi atau challenger)
    atau malah pak eko menyarankan merek dan tipe lain?

    ditunggu jawabannya, pak eko ..
    matur nuhun sanget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang betul Gan..beli mobil sesuai budget aja..kalau memang dananya cukup hanya untuk beli yang type karoseri sih boleh aja..yang penting dicek kelengkapan surat dan pajaknya. Body masih bagus dan mesin masih sehat.

      Hapus
  59. Mohon pencerahan Pak Eko .
    Perkenalkan saya shohib dari Malang, saya baru beli Hi Sporty 1998, baru dipake seminggu harus masuk bengkel disebabkan porseneleng / gigi 2 nya saat jalan tidak lama langsung netral/ ngenol ( nglepeh basa jawa.). di bengkel kromes dan klaker nya diganti semua dng baru. kemudian saat dipasang kmbl bak transmisinya. ternyata penyakitnya pindah dari gigi 2 skrg yang nglepeh/ ngenol gigi 3. kemudian pindah bengkel lagi turun transmisi dicek per2 nya katanya diganti, setelah dipasang ternyata penyakit masih sama nglepeh di gigi 3.
    dari cerita tadi mohon sekiranya ada solusi pak, sebab bahaya kalo gigi sewaktu tanjakan kemudian mendadak ngenol/ netral.
    kira" penyakitnya dimana pak eko. mohon bantuanya. terimakasih

    BalasHapus
  60. Yth Mas Eko ,

    Saya baru akan membeli mobil Isuzu Panther tahun 1995 yang 2300 CC apa saja yang harus saya periksa dari mesin dll .Saya awam sekali soal mobil Panther .Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau beli mobil bekas pakai, yang harus diperiksa minimal adalah : kelengkapan surat kendaraan termasuk pajaknya, mencocokkan nomor mesin dan nomor rangka dengan suratnya. periksa kondisi body mobil termasuk cat mobil baru periksa kondisi mesin dieselnya. Jika ada saudara atau teman yang lebih faham, maka sebaiknya ajak teman untuk mendampingi.

      Hapus
  61. Kepada para pecinta dan pengguna Panther sekalian, mohon maaf apabila balasan atas pertanyaan dari saudara-saudara sekalian agak lambat saya respons. Hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan saya di luar kota. Namun saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membalas pertanyaan yang diajukan. Dan apabila ada rekan-rekan yang bisa membantu dan mau sharing pengalamannya, saya apresiasi sekali. Terimakasih atas dukungan rekan-rekan sekalian.

    BalasHapus
  62. pak sy mau tanya gimana caranya menghidupi RPM pnya panther saya mati gak jalan RPM nya saya cek di alternator ngisi aja ....mohon infonya...

    BalasHapus
  63. utk jarum RPM baru di belikan,,,,utk kabel nya kan ad 3 strom ,masa. konek aja...kabel yg satunya ngak mau konek makanya gk jln RPM nya tlong bntuanya.....kabelnya koneknya ke mana.... trim infonya....

    BalasHapus
  64. berapa sebenanya pemakaian BBM Panther 2000 tipe LS perbandingannya berapa, dulu perna sy pakai panther 96 Gran Royal pemakaian BBMnnya lebih irit dan tenaganya lebih ok dibandingkan panther 2000, apakah memang demikian, tolong informasinya

    BalasHapus
  65. Mohon pencerahannya pak eko....

    perkenalkan saya khalid pengguna panther 2.3 96, 1 minggu yang lalu habis turun mesin ganti boring dll,kurang lebih saya habis 15 jt utk bongkar mesin dan beresin kaki2. Saya ikuti saran dari montir kenalan utk turun mesin dengan harapan mobil jd lebih bertenaga dan bbm jadi irit (sebelumnya dapat kira 1:9 dalkot).3 hari yang lalu mobil saya baru selesai dikerjakan utk turun mesin dll.setelah saya gunakan selama 3 hari ini sepertinya tenaganya sama aja seperti sebelum turun mesin dan anehnya bbm 2x lebih boros dari biasa.menurut montir yg ngerjain mesin bospomnya masih bagus.saya baca2 di forum panther kalau boros solusinya kalibrasi.mohon saran pak eko apakah panther saya perlu kalibrasi mengingat baru turun mesin dan part2 sudah diganti dengan yg standar semua ? terimakasi sebelumnya pak eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi pusing baca ini...

      Hapus
    2. Boleh juga di coba gan..namun jika konsumsi BBM jadi 2x lipat borosnya...menurut saya ada yang tidak betul dengan proses turun mesinnya (karena bospom masih bagus), sehingga korelasinya cukup kecil dengan kalibrasi.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  66. Mobil saya panther higrade 95. Power steering bunyi kalo buat belok atret bunyi ngungggg. Oli selang power steering diatas kayak dinamo basah sampai ke bawah. Mesin jadi basah. Apanya yg perlu ganti....

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. ijin bookmark site ini sebagai referensi. sekaligus mohon saran, kalau untuk anggaran 80 - 100 jt.an, kira-kira varian panther yang mana yang worthed untuk dipinang ? saya tertarik dengan torsi-nya, sering lihat panther untuk travel di daerah padang - sumbar, jalan mendaki larinya tetap aja ngacir kejar-kejaran dengan innova / avanza / xenia / grandmax. sekarang saya pakai mesin bensin, tapi jatuh hati juga dengan panther varian smart / LS...pinginnya sih varian Grand touring, tapi mahal benerr.

    BalasHapus
  69. Dear pak eko....kucing saya thn 91keluaran pertama.masih bagus dan fungsi semua cuma masalah di Ac masih single,kalau dibikin double harus ganti compressor gak? Thanks infonya.

    BalasHapus
  70. Dear Pak Eko,
    Pak saya punya kucing higrade 1995, saya punya masalah dengan suspensi belakang, kalau kena lobang suspensi keras banget dan berisik banget. apakah bapak bisa memberikan saya solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperiksa shock absorbernya..mungkin ada kerusakan (macet karena bengkok / tersumbat karat karena sudah lama mati dan dibiarkan)..solusinya ganti dengan shock absorber baru dan kalau mau lebih lembut bisa dikurangi jumlah daun pernya (2 lembar)

      Hapus
  71. ARTIKEL YANG SANGAT BAIK.... DAN SANGAT BERGUNA, BUAT KAMI PENGGUNA ISUZU PANTHER, MUDAH-MUDAHAN YANG MAHA KUASA SELALU MEMBERIKAN PAHALA DAN KEMURAHAN REZEKI BUAT ANDA..... AMIN...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah..terimakasih atas doanya..semoga apa yang bisa kami tulis dan bagikan ini bisa membawa manfaat dan barokah, amin

      Hapus
  72. Mohon informasi untuk biaya overhaul LS 2001 berapa ya kira-kira (Parts dan Jasa)..terima kasih

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. Salam kenal pak eko .......kenapa radiator saya kalau dibuka tutupnya kok bunyi Jeess gitu.....dan apakah mesin hidup air radiator juga jalan apa harus di Gas dulu baru bisa jalan trim's pak Eko....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normalnya sih saat mesin mati dan bpk buka tutup radiator tida ada bunyi..saat mesin hidup, maka mesin juga akan mengaktifkan pompa air di radiator sehingga air akan mengalir / sirkulasi di dalam radiator tersebut.

      Hapus
  76. apa benar pak .....oli rem dan oli power steering perlu di kuras.....kapan waktunya trum;s

    BalasHapus
  77. apa benar pak .....oli rem dan oli power steering perlu di kuras.....kapan waktunya trum;s
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak..ada saatnya..Untuk jadwal bisa dibaca di artikel saya yang lain..buku mabual panther..disana bapak bisa dapatkan informasinya

      Hapus
  78. Salam Kenal ...
    Saya baru 1 minggu pake isuzu panther... saya mau tanya kalo ada yang tau :
    1. Dimana bengkel untuk mesin diesel yang bagus di pekanbaru?
    2. Dimana yang jual cairan pembersih injector di Pekanbaru?
    Terimakasih.....

    BalasHapus
  79. salam kenal Pak Eko,
    Saya pengguna Panther Hi Grade 95, akhir-akhir ini:
    1. tamperatur mesin naik menjadi 1/4 jika AC di nyalakan.
    2. Air radiator berkurang sekitar 2-5 cm jika AC dinyalakan. apakah hal tersebut normal?
    3. doble blower AC nya nggak menyala, ada apa?
    Matur nuwun atas jawaban dan solusinya.

    BalasHapus
  80. tulisannya informatif sekali
    cocok untuk newbie yg mau angon kucing garong :D

    BalasHapus
  81. mas eko...!!!!ada teman saya yang menyarankan membersihkan mesin menggunakan solar,
    dgn cara menguras oli lalu mengisinya dengan solar sebanyak 5 ltr,kemudian mesin dihidupkan kira kira 5 mnt,kemudian dikuras kembali,lalu diisi lagi...begitu terus menerus sampai solar yang keluar tampak bersih,
    barulah oli dimasukan.
    pertanyaan saya;apakah dengan cara tersebut bisa menimbulkan efek negatif pada mesin??
    lalu apa keuntungan positifnya??
    mohon penjelasannya mas eko,terima kasih dan sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cara Salah Mas Minyak Solar Bisa M3njadikan Mesin Terkikis Antara Metal Duduk Dan Metal Jalan jadi komponen Bisa Aus dalaman Mesin Jangan Sampai tercampur dengan minyak
      Apalgi Saat Mesin Berjalan oli mesin jangan sampai tercampur dengan minyak
      Fatal
      Akibatnya... Mesin bisa hancur...

      Hapus
  82. tanya pak .....kapan oli rem dan oli prosnelng itu dikuras trim pak Eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibaca juga artikel saya mengenai buku pedoman dan perawatan (termasuk juga perawatan berkala / penggantian suku cadang) isuzu Panther

      Hapus
  83. MET LEBARAN PAK EKO MOHON MAAF LAHIR BATIN SEMOGA PAK EKO SELALU SEHAT WALAFIANT AGAR KITA BISA SELALU SILATUROHMI WALAU HANYA LEWAT BLOG

    BalasHapus
  84. ane mau tanya gmn mau cek oli transmisi isuzu panther pick up

    BalasHapus
  85. Halo Mas eko

    Saya punya panther LS Matic tahun 2000, ada beberapa keluhan barangkali bisa bantu

    1. Pada kondisi jalan tanjakan power hilang, tapi tidak mati, jadi cuma bisa alon-alon asal kelakon saja. Apakah kopling harus di ganti? padahal solar terisi lebih dari setngah dan penumpang cuma 1 orang.

    2. Keluar asap tipis dari knalpot baik ketika dipanaskan maupun mesin panas. Ketika mesin panas, saya copot dipstik oli mesin aman, tidak keluar asap sama sekali dari lubang dipstik oli mesin.

    3. Kecepatan maksimal yang bisa di capai hanya 90-100kpj, powernya habis.

    4. Ketika stir diputar mentok, tenaga juga seperti hilang,jadi mesin suka mati, terutama ketika menggunakan AC. Apa ada masalah dengan power steeringnya?

    Sebagai tambahan informasi oli mesin dan transmisi baru saya ganti termasuk filter oli, filter udara dan filter solar juga sudah baru saya ganti.

    Mohon pencerahannya ya mas Eko. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dilakukan penggantian part seperti tersebut di atas dan tenaga masih loyo..kemungkinan panther dalam kondisi tercekik maksudnya setelan solar dan udara tidak seimbang (miskin solar). coba disetel agar lebih bertenaga lagi. lebih detailnya bisa baca artikel saya yang lain "agar panther makin bertenaga"

      Hapus
  86. Apa resikonya jika vanbelt panther tuaku ipasang satu saja. Sebab kompresor ac pengganti hanya pakai satu puley.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, namun akan kurang maksimal. vanbelt juga akan lebih cepat rusak.

      Hapus
  87. pak eko sy pake panther 2.3 waktu jalan indikator aki n oli nyala tp terus mati,disaat indikator tsb nyala power steering sempet tak berfunsi,,tp jika indikator mati ps fungsi lg..terus di saat posisi nyala suara mesin kasar kira2 knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa fanbelt alternator dan fanbelt power steering apakah ada masalah misalnya kendor..sehingga komponen tersebut tidak bekerja dengan maksimal

      Hapus
  88. Pak eko saya pakai panther 2.3 masalah saya kadang klo pas buka tutup tangki solar ada suara kayak letupan gtu, kayaknya ada suara udara gitu
    Normal apa engga itu pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu menandakan selang nafas tanki tertutup oleh kotoran. hal ini tidak bagus dan akan berpengaruh pada performa mesin. untuk mengatasinya bisa baca artikel saya yang lain yakni Agar Panther makin bertenaga.

      Hapus
  89. mas eko.. saya ikutin modif.. masukan bijj besi ke kedua selang servo.. pertanyaanya bgmna efek ke mesin ispan smart lm saya.. mksh

    BalasHapus
  90. Pak Eko panther saya grand royal 97 sepertinya sdh tampak pendek /tepos ..supaya kelihatan gagah dan normal kembali apa yg perlu dirubah atau ditambah supaya kelihatan tidak pendek.......dan suspensi tetap empuk .mks

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. maaf salah nulis yang tadi, mas eko saya mau nanya, saya punya panther tahun 93. kalo buat jalan pas gigi 3 dan 4 ada suara mendesing seperti gasing berputar, saya bawa ke bengkel katanya oli persenelingnya berkurang. kemudian sama bengkel diisi lagi. tapi tetep bersuara meskipun tidak sekeras sebelumnya, mohon pencerahannya. dan mungkin ada temen2 lain yang tahu? satu lagi ada yang tahu bengkel diesel yang bagus di kota bandung, matur nuwun

    BalasHapus
  93. pak eko tanyak ni.........dinamo amper mobil habis saya perbaiki.... kok setelah saya geber2 /rpm tinggi sekarang olinya merember mhn solusina pak...makasih

    BalasHapus
  94. pak panter 2,5 apa perlu di VET apa benar VET bisa bikin Terot atau boljoin bisa awet .dan berala bulan harus di VET..... .makasih pak infonya

    BalasHapus
  95. Berapa jumlah gigi transmisi panther ppl 1993 ?

    BalasHapus
  96. vet tergantung pemakaian kalau sering kena air sering 2 di vet kalau tidak setiap ganti oli gpp

    BalasHapus
  97. Permisi mau nanya, untuk mengganti/melepas Cigar Lighter di Mobil Panther 1994 apakah cukup dicongkel dari dashboard atau gimana ya, mohon penjelasannya, terima kasih.

    BalasHapus
  98. Asw. Pak eko..sya pengguna baru miyabi th 94, tlong shere perawatannya..?! Trimksih

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum Mas Eko! Sy sering belajar dari postingnya Mas! Sangat bermamfaat! Kucing sy lv adventure 2008! Minggu kemaren ada masalah dengan filter solarnya, baru diganti 2 minggu trus ispanjyanngadat lagi, sy coba by pass bbmnya tanpa saringan, eeeee ternyata bagus, trus sy ganti lagi filtersolarnya, baru jalan lk 55 km ngadat lagi! Sy lihat pada filter solarnya , sepertinya solarnya bermasalah, kotor dan bergetah kayak agar2 / nutri jell gitu.Kemaren solar sy keluarin semua dan sy saring! Its okaylah hingga detik ini, nggak tau besoknya mampet lagi tuh saringannya. Apa karena bbmnya emang kotornatau halmlain kali Mas! Tks, keep informative!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah ngalami seperti itu, saya coba sendiri tanki solar saya turunkan dan saya cuci karena ternyata banyak kotorannya. alhamdulillah, setelah itu filter solar tidak cepat kotor karena

      Hapus
    2. Betul pak Muyazidil..bisa jadi tanki solar sudah sangat kotor.. perlu diturunkan, kuras dan dibersihkan.

      Hapus
  100. Master eko, mohon petunjuk panther gen 1, pada sistem rem cakram & pwrstering apa itu sdh original pabrikan (include), atau itu pasang sendiri (after market/modifikasi). rencana mau ambil kucing hitam tua, pas test drive steering belokan habis kanan/kiri, ada bunyi berdencit. Terimaksih

    BalasHapus
  101. Artikelnya sangat membantu pak,, Terimakasih..
    Maaf pak, saya mau nanya nih,, ada ya mobil Panther Bonet.. itu termasuk panther model apa pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panther type bonet ada juga pak..bentuknya mirip vitara lama

      Hapus
  102. Selamat sore mas eko, saya mau nanya. saya punya panther tahun 93, kalo ac saya nyalain temperatur naik jadi 1/4 hampir 1/2 knp ya mas eko? yang kedua tarikan mesin saya rasakan kurang jos mas eko, trus knalpot saya itu ngebul item banget (saya tahu kalo diesel pasti asapnya ngebul) cuma yang saya rasakan dimobil saya agak kebangeten ngebulnya. Sebelumnya mohon maaf dan terima kasih mas eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ac dinyalakan wajar saja jarum temperatur indikator bertambah naik karena ac menambah beban kerja mesin.
      bisa disetel campuran solarnya dengan cara manual/feeling atau dikalibrasi (dengan bantuan komputer)

      Hapus
  103. Selamat siang mas Eko...sy baru 3 bln punya panther 2.3 th 1996, kendalanya bbm boros (-+ 9.5 Km/L) & tarikan loyo, tp lumayan diajak touring ke Dieng nd ada kendala. setelah ke dieng servis oleh bengkel divonis ganti nozel semua. tapi kenapa tarikan masih loyo ya apa emang ciri khas panther 2.3 sperti itu? asep kenalpot putih tips, nd item, oli tidak berkurang, tapi ada temen yg bilang ring pistonnya sudah lemah, benarkah kata temenku itu? tanda kalau ring pistonnye lemah itu bagmana ya?trus anggaran buat ganti ring skitar brp? trima kasih atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya sih kondisi panthernya sehat saja karena diajak ngerayap ke dieng aman-aman saja..asap knalpot bagus, oli mesin tidak bocor. jadi saran saya jangan keburu servis berat (misal ganti ring dan sebagainya).

      Hapus
    2. Terima kasih atas jawabannya om.... alhamdulillah setelah ganti nozzel solar jadi irit isi 50rb bisa puas jalan-jalan. Tapi masalah kembali datang pak...setelah dipinjam temen maraton solo - tegal PP, dikembalikan mesin jd ndak karuan mesin berat, ngebul putih pedih dimata, gas lepas mati, gas diinjek keluar suara nglatak. nozzel bocor 2 buah, air radiator & Oli mesin ndak berkurang. seketika itu langsung tak masukkan bengkel punya teman. filter solar ganti, oli mesin ganti, filter udara cuma ditiup kompressor, tp masih ngebul pedih dimata, karena sy bilang nozzelnya belum lama ganti montir menduga boschpumpnya yg rusak. paginya saya coba purging dengan STP injector cleaner langsung tuang di filter solar terus tak coba tarikan enteng bisa diajak lari kenceng, asap berkurang, mesin masih nglatak saat diinjak gas tp berkurang. kira2 yg bermasalah nozzel apa boshpomnya ya om, kalau nozzel bisa diservis nd krn baru ganti 2 bln itupun mobilnya keluar cuma sabtu minggu... trima kasih...

      Hapus
  104. Selamat Pagi Mas Eko... Saya Mau Bertanya... Saya Punya Panther 2300cc Tahun 1994, Saat Baru Dihidupkan Mesin, Keluar cairan seperti oli dari dinamo ampere, itu apa kenapa ya mas ?

    Terima Kasih Atas Penjelasannya....

    BalasHapus
  105. Pagi pak...saya mau tanya saya pnya phanter touring 2002 baru beli 3 bulan krn ktidaktauan masalah mesin trnyata turbo dimobil trsebut tdk digunakan jadi langsung kemesin tanpa turbo... Tp sejauh ini gak ada masalah mesin jg enak n gak pernah rewel trus efek jangka panjangny gmn pak... Krn kata empuny lebih enak tanpa turbo terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan turbo atau tanpa turbo bisa berbeda menurut selera, namun diciptakannya turbo pada panther tentu ada tujuan yakni meningkatkan kinerja mesin dan menghemat BBM. jadi sebaiknya digunakan saja.

      Hapus
  106. Pak
    saya mau nanya
    Saya punya panther 2300 th 1992
    Akinya sering gampang ngedrop (sdh ganti 2x)
    Utk saat ini saya pake 60A
    Ke bengkel dinamo, kata si montir dinamonya msh normal
    Kira² ada masalah di apa ya?
    Kalo kabel² yg konslet apakah sebegitu besar pengaruhnya terhadap aki?
    Trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kondisi dinamo amper masih bagus dan panther sering dibawa berkendara, idealnya sih umur accu bisa normal (1-2 tahun).

      Hapus
  107. Sore mas,mau tanya apakah ada Panther Royal 97 tapi mesin masih 23 dan kode pada STNK TBR52 BSFR? Setahu saya kan kalau th 97 sudah 25.apakah ini produk limited dari Isuzu atau ada kemungkinan lain.mohon saran...trims

    BalasHapus
  108. Sore mas,mau tanya apakah ada Panther Royal 97 tapi mesin masih 23 dan kode pada STNK TBR52 BSFR? Setahu saya kan kalau th 97 sudah 25.apakah ini produk limited dari Isuzu atau ada kemungkinan lain.mohon saran...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panther type 2300 itu diproduksi sampai tahun 2006, bisa jadi Panther anda produk 1996 namun terjualnya awal tahun 1997 sehingga STNK nya ikut tahun 2007. kalau menilik kode TBR 52 itu adalah kode panther generasi pertama.
      berdasarkan referensi dari Wikipedia sebagai berikut :
      First generation (1991-1996)
      Capacity = 2238 cc
      Engine Type = 4 CylinderOHV Indirect injection
      Code = C223
      Body = TBR Code 52
      Maximum power = 60 hp/4300rpm

      Type: (from the highest level)
      Hi Grade
      Royal
      Total Assy (Deluxe)
      Standard

      Hapus
  109. Siang pa eko ..mohon bantuan nya saya mw bertanya tentang panther jeep tahun 97 itu jenis apa y,..kalau berkenen boleh saya minta no kontak pa eko,. Ada banyak hal yg saya ingin tanyakan seputar panther kepada suhu panther,..trmikasih pa eko

    BalasHapus
  110. Sore Pak Eko

    Mau Konsultasi nih. Sy Punya phanter 23 th 91. habis overhaul transmisi sama bengkel langganan sudah ganti bearing sama Axlenya baru dan ori. Tapi Hasilnya malah transmisi masih rembes dan kalo lari 80 Km/jam mobil nggetar. Sy komplain ke bengkelnya katanya sudah maksimal. Gear transmisi sudah di ganti semua. Mohon pencerahannya. Abis bengkelnya di klaim garansi ngeles terus.

    best regards
    Kusnandar

    BalasHapus
  111. Terimak asih mas infonya...bermanfaat sekali

    BalasHapus
  112. pak eko minta no pin bbm atau WA nya

    BalasHapus
  113. Mas eko sy punya panther 2005 akhir2 ne kalau pas mundur putar setir mesin lansung kecil pincang tersendat sendat bhkn mati jd kudu injak pedal gas trs sy cb gedein mesinny eh malah kl dbawa jln pas berhenti mesin tiba2 membesar dg sndiriny dn gk mau mengecil kudu matiin mesin dlu br bs kembali sperti smula. Ad lg mas eko kl pas lepas pedal gas tu mesin msh ad sisa gt gk langsung stasioner msh mandek br kmudian stasioner. Tu smua knp ya mas eko? Dn mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa hal bisa jadi penyebabnya, coba dirunut dari awal:
      1.periksa tali kabel gas, kadang tali yang mau putus bisa memeberikan gejala demikian karena talinya agak nyangkut akibat beberapa serabut sudah putus dan bergesekan dengan kulit penutup tali gas. akibatnya pedal gas tidak sinkron / ada jeda.
      2.Bersihakan filer-filter dan sekaligus nozel-nozelnya.
      3.Periksa setelan baut solarnya, bisa jadi setelannya gak pas

      Hapus
  114. Mau tanya Mas Eko, Phanter saya Miyabi 93 cc 2300, pada bosch pump ada rembesan solar, sampai netes ke bawah, kira-kira apanya ya mas... mohon solusi. Nuwun.

    BalasHapus
  115. Ass. Pak Eko, saya mau nanya tentang pemasangan 2 filter solar di panther untuk lebih memastikan solar yang masuk ke boshpump lebih bersih, karena setelah browsing ternyata isuzu farian truk elf dan NKR terdapat dua filter solar yang dipasang pararel. Saya pernah pasang 2 filter pararel setelah sedimenter, juga pernah 1 sebelum sedimenter dan 1 setelah sedimenter. Dengan dua filter solar tarikannya sama dengan dipasang 1 filter. Yang jadi pernyataan saya, dengan memasang 2 filter apa tidak berpengaruh terhadap kinerja mesin yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just my opinion:
      fungsi filter solar adalah untuk menyaring solar dari bahan-bahan yang tidak dinginkan masuk pompa dan ke ruang bakar.
      Desain Isuzu Panther memang hanya memberikan 1 buah filter solar (menurut Enginnernya sudah cukup sesuai kebutuhan Isuzu Panther).
      Jika kita menambahkan filter solar secara performa tidak banyak berpengaruh kepada mesin.
      Yang terpenting adalah kualitas dari Filter solar yang kita beli.

      Hapus
  116. Numpang Tanya Pak Eko, Pompa Oli Power Steering Phanter 2.3 apakah bisa diganti punya 2.5 ya dan apakah ada resikonya jika bisa...

    BalasHapus
  117. Pak Eko.. saya berencana mau membeli phanter hi grade matic 2001. Apa saja yg perlu di perhatikan? Apakah biaya perawatannya mahal? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  118. pak eko, panther toring saya tahun 2004, konsumsi bahan bakarnya dlm kota 1:9, sewdangkang luar kota 1:11, boros apa normal itu pak? klo bros apa masalahnya? mohon bantuannya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sy tergolong boros, tp belum terlalu boros,, sebelum mengambil langkah kalibrasi, ada baiknya anda coba mengganti filter solar,, demikian.. mungkin pak eko bisa mengoreksi,, terimakasih..

      Hapus
    2. Menurut sy tergolong boros, tp belum terlalu boros,, sebelum mengambil langkah kalibrasi, ada baiknya anda coba mengganti filter solar,, demikian.. mungkin pak eko bisa mengoreksi,, terimakasih..

      Hapus
  119. pas googling ketemu blog nya om wijanarko.
    waaah, sangat bermanfaat sekali bagi newbie* kayak ane.
    terimakasih atas ilmunya.
    sampe ane bookmark ini halaman hehehehe

    BalasHapus
  120. Alhamdulillah pak eko masih sehat dan selalu setia menyebarkan ilmu untuk indonesia,, saya mengamati perkembangan dr awal pak eko memberikan wejangan kepada kami semua tanpa pernah ngerasa lelah dan tanpa bayaran,, saya hanya ingin mengucapkan terimakasih pak eko,, saya juga berencana mau beli panther tapi yg body short,, seperti panther miyabi dll..

    BalasHapus
  121. Sangat jarang ada orang seperti bapak,, sekali lagi terimakasih..

    BalasHapus
  122. Salam kenal pak, saya baru baca dari awal tulisan bp., sangat membantu saya yg mau pindah haluan dari anex 10 ke rencana ispan grand touring 2000-2005.
    Saya masih buta ttg ispan pak...apa betul varian itu dari awal sudah turbo...mohon pencerahan ya pak
    Terimakasih, salam

    BalasHapus
  123. Pagi Pak Eko.. salam kenal dr saya. Saya 2 tahun ini pakek Panther grandroyale 2,5.. 6 bulan terakhir performa si kucing lembek di jalan tanjakan. Ada yg bilang kalau per sekernya harus diganti, setelah saya cek ketika mesin hidup dan saya buka tutup mesinnya, asap yg keluar cukup banyak. Mohon pencerahannya Pak Eko.

    BalasHapus
  124. Berbagi Sharing Juga Mas Coba Check Dari Suhu Pendingin Panas Gak Pak
    Dan Udara Bilas Yg Masuk Ke Ruang Bakar Terpenuhi Apa Tidak. Kalau Dr Ring Kompresi Biasanya Asap Juga Hitam Pak Lose Compresion

    BalasHapus