26 Mei, 2011

Panther berat tarikannya

Pernahkah anda mengalami saat menempuh perjalanan jauh, di tengah perjalanan mobil panther terasa menjadi semakin berat larinya meskipun pedal gas sudah berusaha ditekan habis. Apalagi saat akan mendahului kendaraan di depan dan mobil tidak mau bertambah lajunya, tentu akan membuat jantung terhenyap.
Kemudian ketika anda berada di SPBU untuk mengisi bahan bakar dan anda membuka tutup tanki terasa susah dibuka seperti ada yang menarik dari dalam tanki, dan ketika sesaat tutup tanki bahan bakar terbuka terdengar suara “jross”. Kemudia anda mengisi bahan bakar dan anda menjalankan kendaraan anda dan mobil panther kembali terasa enteng larinya.
Jika anda pernah mengalami hal tersebut, maka patut anda periksa selang pernafasan tanki bahan bakar, kemungkinan besar selang tersebut buntu atau tersumbat kotoran dari lumpur ban yang lama kelamaan menjadi keras.
Jika selang pernafasan tanki bahan bakar tersumbat akan berakibat tekanan udara yang ada di dalam tanki menjadi tidak ada karena hampa udara (udara dari luar tidak bisa masuk ke tanki karena selangnya tersumbat) akan mengurangi kelancaran suply bahan bakar ke ruang bakar. Saat kita membuka tutuk bahan bakar otomatis sulit terbuka karena adanya udara hampa yang menarik tutup tersebut, setelah terdapat celah, maka udara luar akan tertarik kedalam tanki sampai terdengar bunyi “jross” , setelah sekian lama tekanan udara di dalam dan di luar tanki akan sama sehingga pompa bahan bakar akan ringan untuk memompa solar ke ruang bakar sehingga mobil terasa enteng kembali larinya. Lambat laun mobil akan bertambah berat larinya seiring dengan berkurangnya solar dalam tanki bahan bakar.

Cara perbaikan selang tanki bahan bakar:

1.Cabut selang tanki bahan bakar dari dudukannya di tanki.

2.Lihat dan tiuplah salah satu ujungnya untuk mengetahui apakah selang tersebut tersumbat atau rusak.

3.Jika hanya tersumbat, bisa dibersihkan dengan air dan dibersihkan dengan lidi atau kawat, sampai tidak ada sumbatan dalam selang tersebut. Jika selang pecah/rusak maka sebaiknya ganti dengan selang baru, bisa dengan menggunakan selang bening yang biasa dipakai untuk isi air accu atau jika tidak ada bisa minta ke tukang batu untuk meminta barang 10cm selang yang biasa dia pakai untuk melevel.

4.Pasang kembali selang ke dudukannya.

5.Jika mau lebih mendapatkan hasil yang memuaskan sekalian bisa anda lakukan turun tanki bahan bakar untuk kuras solar dan membersihkan tanki dari kotoran dan karat.

Baca artikel terkait:
1.Merawat Isuzu Panther
2.Panther Masuk Angin
3.Membersihkan Nozel dan Injector Panther
4.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
5.Merawat Accu
6.Memperbaiki Sein Mati
7.Membersihkan tanki mobil
8.Jenis Oli Mesin
9.Tentang ban mobil
10.Ban mobil benjol
11.Cara mengganti baut roda yang putus

40 komentar:

  1. makasih gan, kucing ane pernah seperti itu, tetapi setelah ane bawa kebengkel dan dibersihin pompa solarnya jos,,,,,,ngk pernah lagi ngalami hal serupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan..semoga kucingnya ngacir terus..

      Hapus
  2. akan lebih baik jika tutorial seperti ini dilengkapi gambar dan langkah langkahnya....supaya yang newbie tidak kesasar

    BalasHapus
  3. Terima kasih mas eko.....banyak masukan yang kudapat....sangat membantu bagi saya yang awam tentang si kucing.

    BalasHapus
  4. Pak eko saya mau nanya nii
    Fortuner saya th 2007
    Sering ngepul asap hitam pekat,na apakah itu kotor nozel apa tidakk...?
    Mohon solusinya pakk??

    BalasHapus
  5. Pak eko saya mau nanya nii
    Fortuner saya th 2007
    Sering ngepul asap hitam pekat,na apakah itu kotor nozel apa tidakk...?
    Mohon solusinya pakk??

    BalasHapus
  6. Pak eko saya mau nanya nii
    Fortuner saya th 2007
    Sering ngepul asap hitam pekat,na apakah itu kotor nozel apa tidakk...?
    Mohon solusinya pakk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. asap hitam itu akibat campuran solar dan udara yang sudah tidak berimbang, bawa ke bengkel dan minta disetel ulang komposisi campuran solar dan udara..

      Hapus
  7. Lam kenal dr sy pecinta pink panther di kutai barat kaltim.085245304136

    BalasHapus
  8. T.O.P bgt tip nya makasih banyak infonya pak EKO moga update trus masalah panter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mas dedy..untuk pembaca yang lain saya juga persilahkan berbagi tips dan pengalamannya..

      Hapus
    2. Salam kenal bos,,bos mta pencerahanya,,skrg,,panther saya 95,,dlm keadaan sakit,,tarikan berat,,klo pagi habis starter mesin kadng loncat loncat,,dak dak kdang mati mesinya,,tolong bos

      Hapus
    3. Salam kenal bos,,bos mta pencerahanya,,skrg,,panther saya 95,,dlm keadaan sakit,,tarikan berat,,klo pagi habis starter mesin kadng loncat loncat,,dak dak kdang mati mesinya,,tolong bos

      Hapus
    4. Saya jg penggemar dan pemakai panther. Izinkan saya berbagi pengalaman
      Klu pagi suka mogok. Siang udah panas lancar2 aja. Kata montir injection pump lemah. Akalin dgn tambah pompa sedot disaluran solar input ke pompa manual.agak repot tapi manjur

      Hapus
  9. Salam kenal Mas Eko..., Panther saya grand deluxe 1996, tarikan loyo, asap tebal, lari cuma 115km/jam, ijka dipaksa lari 120km/jam temperature naik..., yang paling kesel jika buat mendahului... lama banget dapatnya..., yg lebih parah lagi kalah tarikanya sama cold diesel 120 ps..., mohon solusinya... kira apanya yang harus di perbaiki..., apakah injectornya... apakah kompresinya yang kurang.... terimakasih salam Jimmi.

    BalasHapus
  10. Mas eko, mobil saya panther sporty 97, mau nanya kenapa kalau jalan jauh oli mesinnya berkurang dan gimana solusinya..terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkurangngnya oli mesin bisa disebabkan oleh ring piston yang bocor/baret atau juga karena seal / packing yang sudah tidak rapat sehingga rembes.
      Penanganan mungkin tergantung seberapa parah/seberapa banyak berkurangnya oli mesin tersebut.
      Jika masih dalam tahap normal cukup ditambahkan oli mesin (baru, jenis dan mereknya sama) sampai batasnya (lihat stick oli).
      Tapi kalau parah, sebaiknya bisa diganti ring pistonnya.

      Hapus
  11. Mau tanya mas kucing sy kl mesin lom panas banget pas belokin setir mesin langsung kecil kayak mau mati gt udh gt ad suara kayak ad yg mukul2 ke kap mesin gt..bdat dat dat dat kyak tu lah.. tu knp ya mas.. mohon bantuannya

    BalasHapus
  12. klo panther 2,3 tahun 95. masih bisa di utak atik gak ya mas eko, supaya larinya bisa wuzz wuzz. coz klo buat nyalip susah banget. trimksh atas jawabannya

    BalasHapus
  13. bisa setelan di belakang injection pump ada baut setel maju atau mundur kalau asap tebal kurangi ,dijamin lebih wuzz ,tapi agak boros lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice tip.. mohon dishare pengalaman lainnya

      Hapus
  14. Bacaan yg sangat membantu untuk oramg yg gak tau mesin sperti sy. Makasih pak eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga membantu, walaupun saya belum bisa banyak membantu dan memberikan saran.
      Semoga rekan-rekan lainnya sudi memberikan ilmunya untuk membantu rekan-rekan lain yang mengalami kendala dengan kucing kesayangannya

      Hapus
  15. mas, apa pnyebab lmp indimator glow mati? trims

    BalasHapus
  16. mas, apa pnyebab lmp indimator glow mati? trims

    BalasHapus
  17. Lampu indikator glow mati. Timer glow macet coba ganti modul timernya. Sebelum ganti coba tes pakai lampu pijar kecil 5 watt pararel dgn heater dan sasis mobil. Jika nyala berarti control heater ok tak perlu ganti

    BalasHapus
  18. Salam kenal Mas Eko , Saya punya masalah dengan kucing saya phanter higrade 95 , akhir akhir ini sering sekali saya mengalami penurunan tenaga pada kucing saya terutama pada saat tanjakan bahkan sering mati , padahal saya tidak pernah telat isi solar , sudah saya lakukan buang angin dari preming pump dan pada cubing injector ,bahkan saya sudah coba juga bersihkan injector dengan STP injector clener ,setelah itu saya lakukan semua tenaga dan tarikan enteng ,akan tetapi itu tidak berjalan lama sekitar jalan 20 s/d 30 km hal itu terulang lagi , mohon pencerahanya mengenai masalah kucing saya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara sepintas itu bisa menandakan ada masalah dengan bosch pump pak..
      coba bawa ke bengkel spesialis boshpump untuk diperiksa lebih lanjut

      Hapus
  19. Mas sayacpunya panther 95 ada masalah pnther saya tdk bertenaga padahal sudah gnti kapas sama matari kampas bru tpimsh tdk bertenaga suara mobil trs teriak tpi tdk bs bertenga gmn menyelesaikn mslh saya,terima ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin perlu diperiksa lagi pemasangan kopling setnya..
      kalau masih menggaung dan tak bertenaga berarti ada yang tidak sesuai

      Hapus
  20. Trmksh sdh dibls mas,,, apkah saya hrs cek bospom ma filter oli ma vilter udra sama stell clep y,,, ap bila sudah dicek kmpas trm ksh mhon masukanta

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sih tidak perlu, karena mesin meraung tapi mobil gak jalan artinya masalah ada di kopling.

      Hapus
  21. Mkash mas eko sarnya sangt membntu saya

    BalasHapus
  22. Terimakasih kebetulan pas kejadian...

    BalasHapus
  23. Salam kenal mas eko..
    Saya punya hi sporty th 98. Dlm keadaan idle mesin seperti ngginjal. Terus saat kopling diinjak dan dilepas juga terasa nyendal2..
    Mohon info pencerahannya..
    Matur nuwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilakukan prosedur buang angin lebih dahulu. semoga membantu

      Hapus
    2. Terima kasih sarannya.. Saya sudah coba lakukan prosedur buang angin, tapi trouble mesin ngginjal masih ada. Getaran ngginjalnya lebih terasa sekali saat ac dinyalakan dan dalam keadaan idle.
      Mungkin mas Eko punya solusi lain, mohon infonya.
      Terima kasih.

      Hapus
  24. Om,.panther saya 2.3 tahun 91,...problemnya jarum tangki berada di 1/2 ketika kontak dinyalakan, ketika mati turun ke E, nah masalahnya ketika di isi solar jarum tetap di 1/2 tidak naik ,.digunakan juga tidak turun tetap di 1/2 ,..itu apanya om,.tidak naek juga tidak turun,..turun kalau posisi off,.makasih

    BalasHapus