26 Mei, 2011

Membersihkan nozel injector Panther


Jika anda merasa mobil panther terasa bolot alias sudah tidak bertenaga dan tidak mampu berlari kencang, ada kemungkinan nozel dan injektornya kotor. Injektor/ nozel yang kotor akan mengakibatkan gangguan suply bahan bakar ke ruang bakar sehingga berakibat performa mesin menurun. Idealnya solar disemburkan oleh nozel ke ruang bakar dalam bentuk semburan sempurna (seperti kabut pekat), semakin kecil partikel solar yang disemburkan, maka pembakaran akan berlangsung semain baik. Sebaliknya jika nozle sudah kotor, maka semburan bahan bakar ke ruang bakar tidak bisa berkabut (sering orang bilang seperti kencing) akibatnya pembakaran terjadi kurang bagus.
Untuk itu perlu dilakukan perawatan / pembersihan nozel yang kotor tersebut bahasa yang sering dipakai “purging”. Beberapa bengkel mobil diesel dapat melayani purging (dengan obat purging khusus dan metode purging tertentu) sehingga hasilnya performa mesin akan kembali prima. Biaya berkisar Rp. 250.000 (termasuk Liquimoly dan jasa purging).
Namun apabila anda ingin melakukannya sendiri (DIY) maka dapat dilakukan pembersihan nozel / injektor kotor dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.Belilah cairan pembersih nozel / injektor semisal : Liquimoly, STP injektor cleaner Diesel(warna biru), Preston injector cleaner, Diesel power injector cleaner, Redex Diesel, dan lain-lain (banyak dijual di supermarket).

2.Campurkan sebotol cairan tersebut ke dalam tanki bahan bakar yang diisi penuh (full tank). Dengan cara ini anda akan mulai merasakan perbaikan perfoma kendaraan setelah minimal tiga perempat solar dalam tanki habis.

3.Efek perbaikan performa kendaraan akan semakin terasa bagus dikala anda menjalankan kendaraan untuk jarak jauh (keluar kota) dan mengemudi dengan melakukan efek “italian tuneup” yakni mengemudikan kendaraan dengan RPM tinggi (di atas 3500 rpm) pada gigi 3, 4 dan 5. sehingga mesin bekerja di atas RPM yang biasa anda capai. Efek peningkatan performa akan cepat tercapai.
4.Biasakan untuk melakukan pembersihan injektor ini minimal tiap interval 10.000Km untuk menjaga nozel injektor terjaga kebersihannya.
Keempat langkah di atas adalah langkah standart, namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih baik maka bisa anda lakukan langkah sebagai berikut.
1.Beli cairan pembersih injektor seperti di atas.
2.Buka filtersolar dari dudukannya kemudian kosongkan solar yang ada didalamnya.
3.Tuang sebotol cairan pembersih injektor tersebut ke filtersolar (jika masih ada sisa bisa dimasukkan ke tanki bahan bakar).

4.Pasang kembali filter solar ke dudukannya
5.Pompa dengan tangan pada fuel pump untuk membuang angin (agar tidak masuk angin)
6.Jalankan mobil dan lakukan italian tune up.
7.Rasakan performa Panther anda, tidak kalah dari tarikan mobil bensin tarikannya..wus..wus...
Baca juga artikel terkait lain:
1.Merawat Isuzu Panther
2.Panther Masuk Angin
3.Panther berat tarikannya
4.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
5.Merawat Accu
6.Memperbaiki Sein Mati
7.Membersihkan tanki mobil
8.Jenis Oli Mesin
9.Tentang ban mobil
10.Ban mobil benjol
11.Cara mengganti baut roda yang putus

169 komentar:

  1. Gemana Gan, apa sama perlakuan nya untuk mitsu kuda diesel ? mks

    BalasHapus
  2. Sama saja Gan..karena pada dasarnya sistem engine diesel di Panther dan Kuda itu sama..

    BalasHapus
  3. gan...mohon bantuannya..! phanter saya ga bisa lari. cuma bisa lari 80 km/jam..!! apa yg harus saya service/ ganti ...?? trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tahu Panthernya tahun berapa gan?Type apa?. Untuk langkah pertama coba agan bongkar pompa solar dan bersihkan lalu setelah bersih pasang lagi. jika masih belum ada perubahan coba ganti saringan udara dan saringan solar dengan yang baru..nanti kabari hasilnya ya...

      Hapus
  4. knpa panther sy kok suarany kasarny bnyi bisany agak hls?mhn petunjuk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panther tahun berapa dan model apa Gan?sumber suara kasar dari bagian apa gan?suara kasar pas mulai dihidupkan atau terus menerus?

      Hapus
  5. punya saya juga kasar panther 2300 tahun 95

    BalasHapus
  6. Suara mesin panther 2300CC memang jauh lebih berisik jika dibandingkan dengan mesin 2500CC. Pada panther 2500CC sudah banyak perbaikan dari mesin 2300CC selain sudah Direct Injection juga redaman suara mesin jauh lebih baik dan lebih halus namun jauh lebih bertenaga.

    BalasHapus
  7. Numpang menyimak semua tips nya ,, terims..

    BalasHapus
  8. pak eko , saya punya panther new royal tahun 2000 , konsumsi solar utk luar kota 1:14. tergolong irit atau boros ? ada yang bilang kalo panther luar kota bisa 1:18 . apa yg harus saya lakukan agar panther new royal saya bisa 1:18 luar kota ? terima kasih sebelumnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panther Royal tahun 2000 dengan konsumsi solar 1:14 itu sudah kategori irit Gan...kalau Panther LS Turbo memang bisa tembus 1:18. Jadi kalau ingin tembus 1:18 bisa dimodif dengan penambahan Turbo Gan..namun biayanya cukup mahal

      Hapus
  9. panther new royal 2000 saya beli second , anehnya waktu pertama beli saya test solarnya sby-pasuruan 1:18 , kemudian saya beri preston injection cleaner
    untuk solar, malah jadi boros 1:14 ?? saya pikir bannya yg bermasalah, sudah saya ganti , freon ac sebelumnya nggak dingin, juga sudah saya isi. tapi tetap belum bisa kembali normal 1:18 luar kota . mohon saran pak eko .. thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya setelah dibersihkan dengan injector cleaner konsumsi BBM lebih irit karena pembakaran jadi lebih baik, jika Bapak merasa kendaraan menjadi lebih boros maka ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat konsumsi BBM yakni :
      1. Kondisi medan jalan apakah sama yang dilalui..kondisi medan pegunungan akan lebih boros BBM dari pada kondisi datar..
      2. Beban angkut kendaraan, apakah sama waktu pengujian?
      3. Kondisi lalu lintas apakah sama? jika lalin macet makin boros..
      4. Kondisi / cara mengemudi apakah sama? beda gaya mengemudi bisa beda konsumsi BBM..
      5. Pemakaian AC juga berpengaruh pada konsumsi BBM..

      Sebenarnya Panther New Royal 1:14 itu sudah masuk kategori irit..Jadi tidak ada masalah jika kadang bisa dapat 1:14 kadang dapat 1:16 kadang juga hanya dapat 1:12 itu semua dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saya sebut di atas..semoga membantu

      Hapus
  10. saya coba maximalkan mobil panther saya, pernah bisa mencapai 1:15, tapi dengan catatan kecepatan max 80 km / jam, dan pake AC alam ( AC dimatikan ) ..bukankah itu sedikit memaksakan :-) oh ya , panther saya kalo ac nya dimatikan tarikan panther jadi ringan, kalo dinyalakan tarikan agak berat, apakah normal ? saya pinginnya panther saya AC dinyalakan, tapi tarikannya seperti pada saat AC dimatikan , apa bisa ?? saya juga pingin panther saya bisa 1:18 luar kota, 1:14 dalam kota ( AC dinyalakan ) mohon saran pak eko , bagimana caranya. terima kasih banyak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian AC berpengaruh pada konsumsi BBM, karena mesin juga akan mendapat beban memutar kompresor AC, berbeda jika AC dimatikan (tidak ada beban kompresor). Maka jika AC dimatikan maka tarikan mesin jadi lebih enteng dan jika dinyalakan tarikan akan jadi berat hal ini adalah wajar saja..
      Tingkat kecepatan 60km/jam sampai 80km/jam adalah kecepatan optimal untuk menghemat BBM. Jika melihat tingkat konsumsi Panther Bapak, kesimpulan saya kondisi Panther Bapak masih sangat bagus..Tidak perlu lagi di oprek mesinnya mungkin hanya servis AC saja barang kali freon dan seal kompresor sudah ada yang minta diganti..

      Hapus
  11. kecepatan maximum panther new royal saya 120km / jam, dengan catatan ac dimatikan . apakah tergolong bolot atau normal ? masih bisa ditingkatkan jadi 150 / jam ? berapa kecepatan max panther ? terimakasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Panther New Royal tahun 2000 dengan kecepatan max 120km/jam dengan AC dimatikan itu termasuk kategori normal..hal ini karena mesin Bapak dalam kondisi setingan irit..Panther tahun segitu masih bisa tembus 140km/jam bahkan lebih namun dengan setingan mesin sedikit lebih boros..

      Hapus
  12. Sebenarnya Panther New Royal 1:14 itu sudah masuk kategori irit..Jadi tidak ada masalah jika kadang bisa dapat 1:14 kadang dapat 1:16 kadang juga hanya dapat 1:12 itu semua dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saya sebut di atas..semoga membantu


    terima kasih buat informasi dari pak eko. perlu diketahui kalo 1:14 itu bukan dalam kota , namun luar kota. kalo panther dalam kota 1:14 menurut saya irit sekali, namun kalo luar kota 1:14 tergolong irit juga ya ?
    btw pak eko pake panther juga ? boleh tahu panther kotak atau kapsul ? berapa konsumsi solarnya per liter ?


    menjawab pertanyaan pak eko ,
    1. Kondisi medan jalan apakah sama yang dilalui..kondisi medan pegunungan akan lebih boros BBM dari pada kondisi datar..
    2. Beban angkut kendaraan, apakah sama waktu pengujian?
    3. Kondisi lalu lintas apakah sama? jika lalin macet makin boros..
    4. Kondisi / cara mengemudi apakah sama? beda gaya mengemudi bisa beda konsumsi BBM..
    5. Pemakaian AC juga berpengaruh pada konsumsi BBM..


    jawab :
    1. kondisi medan sama ( datar ) surabaya - pasuruan.
    2. jumlah muatan / penumpang berbeda , waktu 1:18 saya setir seorang diri, waktu 1:14 1 mobil isi 4 orang .
    3. kondisi lalin berubah ubah, kadang macet kadang lancar .
    4. cara mengemudi juga berubah ubah ,tergantung mood :-) , namun saya usahakan max 80 km / jam

    5. pake ac siang hari, malam hari kadang dimatikan.

    NB : kondisi 1:14-15 tsb , semenjak beli mobil panther new royal tsb, saya hanya ganti minyak oli, namun filter udara ,filter solar, filter oli belum pernah saya ganti.
    apakah jika saya ganti filternya bakal bisa 1:18 ( luar kota )menurut pak eko ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsumsi BBM Panther type TBR 54 (panther kotak 2.5 direct injection) dalam setingan normal rata-rata antara 13 sampai 15 km/liter (luar kota) jadi jika Panther Bapak 14km/liter luar kota masih masuk kategori normal / cukup irit. bisa saja panther jadi semaki irit namun mesin harus diseting irit yang akan berakibat pada tarikan mesin jadi loyo.. jadi semua tergantung kebutuhan kita apakah mau irit tapi mesin kurang atau boros namun mesin lebih bertenaga.
      Kebetulan saya mempunyai dua Panther yakni Type Royal tahun 1999 dan type LS Turbo tahun 2010. Untuk panther Royal saya seting lebih boros dengan konsumsi BBM 1:13ltr dan untuk Panther LS 2010 saya setting sedang dengan konsumsi BBM 1:18 ltr (semuanya saya test luar kota Jakarta - Jombang PP dengan jarak tempuh 1500KM)
      Sesuai dengan penjelasan saya sebelumnya bahwa untuk pengetesan konsumsi BBM sebaiknya menempuh jarak yang cukup jauh dengan kondisi beban, pengemudi, medan jalan dan kondisi lalu lintas yang hampir sama. maka Bpk akan mendapatkan hasil test yang lebih akurat. Nanti akan segera saya post cara uji konsumsi BBM Panther..
      Sebaiknya setelah membeli mobil panther seken, segera diganti semua filter dan oli. Filter solar dan filter udara sangat berpengaruh pada performa dan tenaga / tarikan mesin. Namun untuk penghematan BBM kaitannya adalah dengan setelan pompa solar apakah mau setel irit atau boros.

      Hapus
  13. Tingkat kecepatan 60km/jam sampai 80km/jam adalah kecepatan optimal untuk menghemat BBM. Jika melihat tingkat konsumsi Panther Bapak, kesimpulan saya kondisi Panther Bapak masih sangat bagus..Tidak perlu lagi di oprek mesinnya mungkin hanya servis AC saja barang kali freon dan seal kompresor sudah ada yang minta diganti..


    terima kasih banyak panther news royal milik saya mendapat pujian dari pak eko , the master of panther :-)

    btw , mau tanya lagi pak, kapasitas tanki solar panther new royal klo full tank berapa liter ya ? pernah solarnya sampai di bawah batas E , saya isi penuh membutuhkan 35 liter. perkiraan saya 40 liter saja kapasitas maximum panther new royal , apa benar ?
    lalu , utk mesin generasi new royal apakah masih menggunakan cara lama , yaitu solar tidak boleh kurang dari 1/3 , kalo tidak bisa masuk angin ? bagaimana dengan mesin generasi kapsul yg lebih baru & canggih ? apakah juga menerapkan cara lama solar tidak boleh kurang dari 1/3 agar tidak masuk angin ?

    oh ya , satu lagi pak, konsumsi solar panther kapsul lebih irit atau lebih boros dari panther lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak.. Untuk mesin Panther baik yang belum Turbo kode mesin 4ja1 (Kotak dan kapsul lama) sampai yang sudah pakai Turbo (Kapsul yang baru Facelift) masih rentan terkena masuk angin, karena secara garis besar mesinnya hampir sama (tidak ada perubahan teknologi yang mencolok) hal ini berbeda dengan mesin Diesel :Inova, Fortuner, Nissan Navara, dll. Yang sudah berteknologi Commonrail cenderung tidak terserang masuk angin. Lebih jelasnya bisa baca artikel mengenai Panther masuk angin.
      Konsumsi BBM Panther 2.5 type Kotak (TBR54 dan mesin 4ja1) dan Kapsul yang belum Turbo (TBR541 dan mesin 4ja1)hampir sama. Sedangkan Panther Kapsul Turbo (face lift) lebih irit dan lebih bertenaga dari type sebelumnya.

      Hapus
  14. oh ya , satu lagi pak, bagaimana jika panther saya dipasang alat penghemat bahan bakar seperti x power ? sekali beli alatnya rp 500 ribu katanya bisa dipakai hingga 7 tahun dgn penghematan 10-35% . menurut saya cukup ekonomis. bagaimana menurut pak eko ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang satu ini saya belum bisa comment Pak..mungkin rekan-rekan yang lain pernah punya pengalaman menggunakan alat tersebut bisa memberikan saran

      Hapus
  15. Mas Eko Mau tanya mengenai mesin panther 2.3 tahun 1994 di mesin kok ada pipa pembuangan dan keluar asap dan oli menetes kenapa ya mas eko. apa yang harus di service. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Panther 2.3 (TBR52) akan mengeluarkan asap putih tipis dari pipa pembuangan(air breather) seperti yang saudara maksud berbeda dengan panther 2.5 sudah tidak terdapat selang tsb, jadi tidak usah khawatir hal tersebut normal saja.
      Saat mobil dipanaskan coba buka tutup oli apakah ada asap yang keluar?jika ada asap putih pekat maka kemungkinan ring piston bocor sehingga oli ikut terbakar.
      Kalau oli menetes mungkin bisa dijelaskan dari bagian apa dia menetes? sehubungan Panther sudah berumur jadi wajar saja kalau shealnya sudah pada getas dan rawan rembes oli. Yang terpenting cek jumlah oli dari stik pengukur, perhatikan apakah ada pengurangan yang cukup drastis. Jika iya berarti harus segera diperbaiki apakah ganti sheal / paking atau ada baut mesin yang kurang kencang, dll. harus diketahui dulu dari mana asal tetesan oli tsb..semoga membantu

      Hapus
  16. teman teman pengguna panther, ada yg pernah menggunakan alat penghemat bbm ? bukan yg model pil dimasukkan ke tangki bahan bakar, tapi yg model alat seperti tabung yg fungsinya utk menstabilkan arus listrik utk proses pembakaran sehingga dapat dihasilkan proses pembakaran yg sempurna .. mohon testimoninya bagi yg sudah pernah mencoba .. thx..

    buat pak eko, idealnya filter oli & filter solar diganti tiap berapa kilometer pak ? panther new royal saya sudah 204 ribu km, apakah fan beltnya perlu diganti atau tidak ? berapa harga fan beltnya dan apakah bisa diganti di bengkel biasa atau harus bengkel ISUZU ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap diketahui bersama, bahwa proses pembakaran dalam ruang bakar mesin diesel tidak menggunakan arus listrik untuk membakar campuran solar dan udara(berbeda dengan mesin bensin yang menggunakan busi harus ada arus listrik)..
      Idealnya ganti filter oli, filter solar dan filter udara saat anda membeli mobil seken. setelah itu ganti filter oli dan solar setiap 2 x ganti oli (sekitar 10.000km) sedangkan filter udara cukup dibersihkan dengan disemprot udara dan ada baiknya ganti setiap 3xganti oli (15.000km).
      Untuk fanbelt diganti jika terlihat sudah tipis dan terdapat retakan. Harga cukup murah (tidak lebih dari Rp.50.000) dan bisa diganti dibengkel biasa, usahakan asli Isuzu.

      Hapus
    2. Untuk perawatan berkala bisa dibaca di artikel Buku manual Panther..disana ada jadwal perbaikan dan penggantian part

      Hapus
  17. btw panther saya juga olinya ada rembesan, tapi cuma sedikit. kemungkinan sealnya. tapi saya check olinya masih di normal, jadi tidak saya ganti/ tambal sealnya..

    pak eko tadi bilang panther LS 2010 diseting sedang bisa mencapai 1:18 , cara setting nya bagaimana pak sehingga bisa 1:18 ? pake AC atau dimatikan ? kecepatan max berapa pak ? penumpang isi berapa orang ? setting sedang saja 1:18, bagaimana kalo setting maximum irit ? bisa 1:20 ya pak ? hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setingannya ada di pompa solar (bospom), bisa disetel boros atau irit.
      Kondisi LS 2010 masih setingan pabrik dan dapat 1:18 itu dengan kondisi :
      1. Jarak tempuh 2000km (Jakarta - Malang PP + muter-muter)
      2. Penumpang 6 orang dewasa termasuk sopir + 2 orang anak-anak
      3. Situasi lalin saat mudik dan balik lebaran (cenderung macet di pantura)
      4. Kecepatan bervariasi (max. 120km/jam di tol)
      5. Medan jalan datar dan berbukit (semarang - solo dan jombang - malang)
      6. AC full sepanjang perjalanan

      Hapus
  18. wah, irit sekali pak, jarak 2000 km, dgn 6 orang penumpang , pake ac nonstop, & dalam keadaan macet lebaran di pantura , bapak bisa mendapat 1:18 , itu luar biasa pak .. bagaimana kalo lalu lintas lancar bebas hambatan ? bisa 1: 22 ? pak eko bisa rekomen di mana tempat di surabaya / jawa timur yg bagus untuk mengeset bos pomp agar irit seperti punya bapak ? yg saya heran, bos pomp diset irit, tapi kog kecepatan bisa 120 km/ jam ya pak ? biasanya kalo diset irit , mobilnya nggak bisa lari kencang. lokasi saya di jawa timur pak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk setingan asli pabrik (masih tersegel / belum di oprek) Panther LS Turbo bisa mendapatkan 1:18 luar kota. Kalau di wilayah jawa timur saya belum bisa rekomendasi tempat setting pompa solar. Saya sarankan bapak bawa ke bengkel resmi Isuzu misal ASCO atau ASTRA Isuzu terdekat dari rumah..mereka memiliki alat khusus untuk setel pompa solar (kalibrasi), Kalau di Jakarta ada salah satu tempat yang sudah banyak direkomendasikan para pemilik Panther yakni di Unggul Jaya Diesel yang ada di daerah stasiun Jatinegara Jakarta Timur..

      Hapus
  19. pak eko bilang agar panther new royal bisa irit menjadi 1;18 , bisa dilakukan penambahan turbo , tapi biayanya mahal. seberapa mahal biayanya pak ? 1 juta ? di surabaya di mana ada bengkel yg dapat melayani pemasangan turbo ? terima kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar informasi bahwa saya belum menyarankan agar Agan menambah Turbo di mesin Panther New Royal..terus terang kalau masalah ini saya belum bisa berkomentar lebih jauh. Mungkin ada diantara rekan-rekan yang sudah pernah memasang turbo di Panther dgn mesin 4JA1 bisa memberikan testimoninya.

      Hapus
  20. saya sudah panggil mekanik utk setel bospom panther new royal saya , disetting hingga 2 kali ,tenaga tarikan berkurang, namun tidak ada penambahan efek pengiritan sama sekali, kecewa berat :-( . biasanya penurunan tarikan umumnya dikompensasi dengan pengiritan solar , bukan begitu pak ? ini sudah tarikan berkurang , namun tidak terjadi pengiritan sama sekali :-(
    mending saya kembalikan ke settingan semula ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logikanya demikian pak..namun bisa juga terjadi pembakaran yang tidak sempurna akibat ketidak seimbangan antara jumlah solar dan udara. Akibatnya mobil terasa tidak bertenaga dan cenderung boros karena solar masih belum semua terbakar dengan sempurna.
      Sebaiknya setting di bengkel resmi saja dengan alat yang lengkap. Tidak semua mekanik mempunya keahlian untuk setel bospom secara manual, bisa jadi malah salah setting dan selenoid anda jebol dan mobil tidak bisa dimatikan.

      Hapus
  21. selain itu asap buang panther saya cukup mengganggu, kalo dalam keadaaan diam / stationery & ruang agak tertutup , baunya itu cukup menyesakkan napas.. padahal tiap mau dipakai selalu dipanasi terlebih dulu, filter oli , filter udara juga baru dibersihkan . bagaimana caranya agar bau asap buang panther tidak begitu pekat sehingga tidak menyesakkan nafas. mohon saran dari pak eko ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya memang mesin diesel (generasi lama) mengeluarkan asap dan bau yang lebih dari pada mesin bensin. Itu wajar-wajar saja Gan. Namun jika terlalu berlebih itu menunjukkan adanya ketidak seimbangan campuran solar dan udara. Jika dirasa sudah sangat menggannggu ada baiknya dikalibrasi agar didapatkan campuran yang optimal namun jangan berharap asap akan hilang sama sekali. Karena itulah asyiknya punya Panther

      Hapus
  22. pak eko,apakah solar di dalam tangki panther bisa menguap ? padahal sudah ditutup rapat ?

    soalnya begini , baru baru ini saya test irit solar panther saya dalam 1 hari, dari surabaya saya isi full tank , lalu sampai pasuruan saya isi full tank lagi, hasilnya 1:16 , hasilnya cukup maximal menurut saya. namun jika panther saya dikandangkan di garasi dalam waktu lama, 2 minggu - 1 bulan misalnya. hasil test iritnya berbeda.
    bisa 1:13 , bahkan 1;12 / padahal jarak yg ditempuh sama (luar kota malang - surabaya) .

    saya curiga apakah solar saya waktu di garasi menguap ?? apa ada kemungkinan demikian ? soalnya jika ditest irit berdekatan waktunya dengan isi bensin , hasilnya maximal, namun jika ditest irit setelah dikandangkan di garasi 2 minggu - 1 bulan ,kog hasilnya jadi boros ??

    seandainya memang benar solar saya menguap , bagaimana cara mengatasinya ? padahal seal penutup tangki bensin sudah ditutup rapat ?

    mohon saran pak eko ?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal kebocoran tanki solar itu bisa saja terjadi bisa saja karena tanki sudah berkarat sehingga rembes. Saya tidak tahu pasti penyebabnya, coba saja setelah parkir agak lama dikolong bawah tanki apakah ada bau atau tetesan solar?
      Pada prinsipnya mesin Panther akan semakin irit dan semakin bertenaga tatkala si Panther sering diajak jalan-jalan.

      Hapus
    2. Pada prinsipnya mesin Panther akan semakin irit dan semakin bertenaga tatkala si Panther sering diajak jalan-jalan.


      OOO.....pantesan kucing saya terasa lebih enak kalau tiap hari saya keluar,...tapi kalau barusan nongkrong terasa berat.....makasih agan EKO..he..he..

      Hapus
    3. Jika kucing ingin enak larinya, maka seringlah diajak jalan-jalan keluar kota sambil digeber

      Hapus
  23. Gan eko kalau semarang mana yg recommended setting bospump...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum tahu di daerah Semarang, mungkin ada rekan-rekan lain yang sudah pengalaman. Jika anda ragu datangi saja bengkel resmi Isuzu karena mereka punya alatnya

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. pak eko, mau curhat...panther 98 kalau baru start berasap putih tapi kalu sudah lama asapnya berkurang, mohon sarannya..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bisa disebabkan setelan timing pembakaran yang kurang pas, bisa disetel di bengkel pak

      Hapus
  26. ada yang tau dimana ya bngkel setup boschpump di semarang

    BalasHapus
  27. pak apa yg harus di perhatikan ketika kita akan membeli isuzu 2.3.. Mohon penjelasannya..? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda berniat akan membeli Panther 2.3liter, maka beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:
      1. Cek keaslian/keabsahan dan kesesuaian surat-surat kendaraan tersebut (STNK dan BPKB).
      2. Periksa body kendaraan apakah masih bagus (kaleng) ataukah sudah banyak dempulannya.
      3. Periksa sasis dengan melihat kelurusan antara roda depan dan roda belakang. awas terhadap mobil yg sudah melintir sasisnya.
      4. Periksa kondisi mesin dengan jalan menyalakannya. perhatikan apakah cukup mudah ataukah sulit untuk dinyalakan.
      5.Periksa asap kenalpot apakah warna hitam atau putih dan ketebalan asapnya. Jika putih awas mobil tersebut ada masalah. Dengarkan suara mesin, apakah cukup rata atau sering berubah-ubah iramanya.
      6.Lihat ke kolong mobil dan perhatikan apakah ada tetesan oli dari mesin. jika hanya rembesan, masih dalam taraf normal.
      7.Periksa ketebalan kembang ban mobil.
      8.Periksa kerapihan interiornya (jok, dasbord, plafond, dll)
      9.Periksa kelistrikan mobil (lampu jauh, dekat, senja, sein, stop, klakson dan ac mobil)
      10. Periksa kelengkapan mobil (kunci roda, dongkrak, dll)
      11. Dan ajaklah orang yang sedikit banyak lebih mengerti mengenai mobil panther agar anda tidak merasa ragu. Demikian semoga bermanfaat..

      Hapus
  28. mas eko, apa benar ada produk liquimoly untuk mesin maupun transmisi yg bisa merapatkan atau mengeraskan karet seal atau pun bahan plastik, yg pungsinya jika ada oli netes dr mesin maupun transmisi utk menanganinya cukup dicampukan ke oli mesin ataupun ke oli transmisi, terimakasih saya tunggu jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas komarudin, untuk pertanyaan ini saya masih belum bisa koment untuk saat ini, mungkin para rekan-rekan lainnya sudah ada yang pernah mengetahui mengenai produk yang ditanyakan oleh mas komarudin bisa memberikan tanggapannya..

      Hapus
  29. Mas eko
    Panther saya royal thn 96 itu tarikannya koq berkurang ya...
    Terus asapnya agak ngebulll putih,tp ga putih2 banget
    Udah ganti oil pake shell helix,ttp kurang nareknya
    Apa yg harus dilakukan ya?
    Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum saya menanggapi pertanyaannya, mungkin bisa dikonfirmasikan apakah sebelumnya tarikannya enak?ataukah memang dari awal sudah jauh berkurang (dalam jangka waktu lama)?
      Jika memang sebelumnya memang tarikannya enak dan sekarang menjadi kurang itu bisa disebabkan karena filter solar dan filter udara sudah kotor. segera ganti baru filter solar dan bersihkan filter udara. akan anda dapatkan kembali tarikan ala panther.
      Namun jika tarikannya memang loyo sudah sejak lama, maka ada kemungkinan filter solar, filter udara kotor dan nozel injector kotor/berkerak. Sebaiknya lakukan langkah perbaikan di atas (ganti dan bersihkan filter) dan bersihkan injector dengan cairan pembersih nozel seperti artikel di atas. Setelah itu setel baut full load agak sedikit rich, maka masalah anda akan teratasi dimana tarikan jadi kencang dan asap putih akan gelap/hitam kembali.

      Hapus
  30. Mas Eko, Salam kenal, Panther saya LS 2000, pada bulan November 2012 pernah dikalibrasi bospomnya di daerah Ciputat, Jaksel (karena kecepatan hanya 90 km/jam). Selesai di dikalibrasi tarikannya mak nyus banget, tarikan bisa 120km/jam. Tapi belakangan ini sudah berkurang, tarikan paling kenceng di 110 km/jam pakai AC, jika AC dimatikan baru bisa 120 dengan catatan kondisi jalan rata dan agak memaksa. Sementara itu pemakaian bahan bakar paling irit di 1:12.5 belum pernah sampai 1:14. Mohon saran agar BBM bisa 1:14 dan tarikan bisa lebih dari 120 km/jam. Apakah perlu di kalibrasi lagi?
    Matur Nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya tidak perlu dikalibrasi lagi karena baru beberapa bulan dari kalibrasi terakhir.kecepatan dari 120km/jam ke 110km/jam itu tidak terlalu signifikan dan bisa dipengaruhi oleh banyak hal selain persoalan engine. bisa karena muatan, kondisi jalan, kaki-kaki, dll. jadi jangan khawatir, cukup dengan bersihkan sedimentator, bersihkan filter udara dan ganti filter solar maka panther akan maknyus lagi.
      Banyak faktor yang membuat hemat BBM, jadi jangan terkecoh dengan nilai km/liter. Ujilah dengan melakukan perjalanan jauh kemudian dihitung total jarak yang ditempuh dibagi dengan BBM yang dihabiskan. Perlu diketahui bahwa gaya mengemudi, medan jalan (tanjakan/turunan/kemacetan) dan juga kecepatan kendaraan sangat menentukan tingkat keborosan BBM. Mengemudilah dengan kecepatan yang relatif konstan (tidak terlalu sering berakselerasi) maka BBM akan lebih irit. Sesuaikan perpindahan gigi dengan kecepatan kendaraan. Beberapa orang juga menambahkan aditif untuk menghemat BBM.

      Hapus
  31. mas untuk daerah surabaya dan sekitar nya dimana ya tempat beli injektor cleaner nya itu?
    kemarin cari di daerah kedung doro kok gak ada..
    tolong pencerahannya dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kota sebesar Surabaya saya rasa cukup mudah untuk mendapatkannya, cukup anda datangi Ace Hardware atau Carrefour atau Hypermart terdekat di kota anda.

      Hapus
  32. mau nanya mas eko
    panther sy new higrade 97, dalam 2 bulan ganti laher roda depan kanan smp 3x
    pertama ganti karena ada oli rembes, sy cek k tk onderstel katanya harus d ganti
    setelah pergantian itu sy pake, nah pas mundur terdengar suara grakkkkk dr depan, dan kyaknya dr roda depan itu. sy liat gpp, sy cek lg ternyata lahernya lg. smp sy ganti boljoin dan rumah lahernya tp sekarang masih saja
    mohon saran dr mas eko apa yg harus d benerin

    BalasHapus
  33. Saya jadi bingung nih ngebaca komen komen diatas,...agan eko emang asap yang baik untuk isuzu panther itu seperti apa? persaan kucing aku asapnya ya putih ya hitam, tarikan masih oke banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara awam kondisi mesin diesel bisa dilihat juga dari warna asap yang keluar dari knalpot. Idealnya untuk mesin yang masih prima akan mengeluarkan asap tipis dengan warna biru gelap. Jika asap berwarna hitam dan tebal itu menandakan pembakaran tidak sempurna karena ada setelan campuran solar dan angin yang tidak berimbang lagi. Jika warna putih dan tebal itu menandakan ada kerusakan di ring piston, sehingga oli mesin ikut terbakar.

      Hapus
  34. Pak Eko Salam Kenal,

    Saya Pemakai Phanter 2002, 2.5 Turbo Matic, Saat lebaran kemaarin saya mengganti Switch Bosch Pump, setelah penggantian part tersebut mobil akan langsung mati kalo kunci di Offkan tidak seperti sebelumnya yang ada jeda 30an detik (tetap nyala untuk kemudian mati dengan sendirinya), mohon informasi apa yang telah terjadi ? apakah berbahaya jika hal tersebut berlanjut.
    Untuk petunjuknya di sampaikan terima-kasih

    Salam
    nur.basukui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus ini terus terang saya masih belum bisa komentar Gan, mungkin ada rekan-rekan lain yang bisa kasih masukan dan komentarnya.

      Hapus
    2. Mas Eko Terima-kasih Balasannya Secepat ini,
      Btw jenengan di Jakarta ?

      Nanya lagi kemaren baru ketahuan/kedengaran ternyata kalo AC Mati dan kaca saya buka ternyata ada bunyi 'kriyet-kriyet' dari depan, apa yang terjadi yah mas, rencana pertama saya akan stenpet semua bagian yang perlu di stenpet ato baiknya langsung ke bengkel kaki2 yah,

      Suwun Mas
      nur.basuki

      Hapus
    3. Domisili saya di Jakarta Selatan mas Nur Basuki,

      Untuk bunyi seperti yang mas utarakan memang sulit untuk diketahui dari mana asalnya, coba lakukan pemeriksaan sendiri :
      1. Dongkrak salah satu roda depan.
      2. Setelah terangkat, goyangkan roda depan dengan tangan ke kanan dan ke kiri. Jika posisi roda berubah mengikuti gerakan tangan maupun terdengar suara oblak, berarti ada masalah dengan kaki-kaki (ball joint, bosh arm maupun lakher roda). Namun jika posisi roda tidak berubah meski digoyang, berarti tidak masalah dengan kaki-kakinya. Lakukan untuk roda sebelahnya juga.
      3. Stempet bisa dilakukan secara rutin agar komponen kaki-kaki dan tierod lebih terawat.
      4. Perlu juga dilakukan spooring dan balancing agar setelan roda depan kembali bagus lagi.

      Hapus
    4. Wah sama dong Mas, saya juga di Jkt Selatan Kawasan Cilandak, Saya Bapak Kos (bapak2 masih ngekos)Mobil di Kampung mas di Magetan susah cari bengkel bagus, makanya seneng sekali bisa nanya2 ke jenengan.
      Sekali Lagi Terima Kasih Mas Informasinya untuk permasalahan saya ini, minggu depan saya pulang akan saya ikuti petunjuknya, semoga mengatasi permasalahan yang ada.
      Maturnuwun

      Hapus
    5. Sama-sama Pak Nur Basuki, disamping nanya juga boleh kasih tips mengenai mobil panther..tips sederhanapun kalau dibagi akan menjadi manfaat karena akan memberikan tambahan pengetahuan kepada sesama.

      Hapus
  35. mas Eko, saya mw tanyakan ttg kondisi mbl saya panther 2.3 th 96 sbb:
    - keluar asap dr slang udara d bawah mesin, juga ada tetesan oli (sedikit)
    - asap knalpot sedikit banget, hampir ga kelihatan.
    - keluar asap dari lubang pengisian oli saat sudah panas, klw baru nyala ga ada
    - starter masih gampang/OK
    - mesin masih bertenaga, kemarin dbawa mudik dan masih bisa melewati tanjakan 2 tinggi di jawa tengah.
    - kecepatan 80 masih nyaman.
    Yang jadi pertanyaan saya, apakah mobil saya sudah waktunya turun mesin atw belum. kondisi tetesan oli dan asap dari slang mesin sangat mengganggu. Mohon dibantu, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdaasarkan penuturan dari agan, menurut saya kondisi kucing masih sehat, jadi tdk perlu sampai harus turun mesin. cukup lakukan perawatan berkala dengan pembersihan watersparator, filter solar dan filter udara dibersihkan. ganti oli mesin secara rutin.

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Pak Eko saya mnggunakan panther LS th 2001, setelah pakai injector cleaner yg diatas yang saya masukkan lgsung melalui filter, ada perubahan pada tarikan yg agak ringan tapi cuma sesaat saat luar kota dan konsumsi BBM terhitung boros, kurang lebih 1:8 dg mggunakan AC (sangat boros bukan??). pertanyaannya gimana solusi yang lebih ekonomis agar konsumsi BBM lebih irit lagi dan apa perlu harus servis bospump di bengkel??
    Terimakasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lihat asap knalpot saat kendaraan berjalan normal (kecepatan stabil dan medan datar)..apakah cukup hitam pekat?. jika benar, maka sebaiknya bawa ke bengkel kalibrasi pompa solar solar agar disetting ulang, karena 1:8 itu angka yang boros untuk kategori Panther.

      Hapus
    2. Terima kasih sebelumnya, Untuk kecepatan stabil dan medan datar tidak terlihat asap yang cukup tebal, hanya bila dengan tarikan sedikit konstan terutama pada(gigi 2 dst)serta menaiki tanjakan baru terlihat asap tebal. Mohon jawaban lagi ya pak Eko, tks.

      Hapus
    3. Jika demikian kondisinya, maka saran saya lakukan purging saja..

      Hapus
  38. Pak EKo saya pake Panther tahun 1999, Yg sama mau tanyakan kenapa panther saya udah diboroskan menjadi 1 : 11 TP TIDAK bisa tembus lebih dari 120 KM, adakah yang salah settingannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek kondisi kopling, jangan-jangan koplingnya sudah aus, sehingga putaran mesin tidak tersalurkan sempurna ke roda. Sebenarnya panther 1999 bisa tembus 120km/jam juga sudah bagus Gan..tidak perlu mengejar top speed, justru stabil speed yang bisa hemat BBM yang dikejar.

      Hapus
  39. Asikin Z
    Pak Eko salam kenal, panther sy LV th 2000, kalauppagi susah starter 3-4 kali baru nyala, kalau sdh nyala gas mesti ditahan pada rpm diangka 1, gas dilepas mesin langsung mati< kalau gas ditekan dalam mesin juga mati, pemanasannya butuh waktu lama biasanya sy langsung jalan aja< selama 15mnt jalan gas tdk stabil kalau mobil pelan rpm bisa turun drastis mesin mau mati jadi gas mesti ditekan, untuk tarikan mesin tdk masalah, mesin tdk mberebet, tapi untuk tanjakan di daerah trawas mesin jadi berat/ ngoyo konsumsi solar 1:9, waktu msh baru beli gres 1:11, saya sdh tanya bengkel katanya boschpump masalah cuma sy ragu karena jalannya msh enak
    pernah waktu pemanasan mesin, pompa solar sy pompa, rpm jd naik, mesin stabil dan tdk jd mati
    tolong sarannya ini mobil kira-kira rusak apanya Pak? terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk deteksi awal, coba buang angin dari sistem saluran bahan bakar (baca artikel Panther masuk angin). setelah mesin nyala kemudian perbesar tuas gas yang ada di dasboard dengan memutarnya searah jarum jam (tanpa injak pedal gas kaki) sampai dirasa mesin stabil/tidak mati.
      Semoga membantu.

      Hapus
    2. saya sdh lakukan buang angin, gelembung udara yg keluar hampir tdk ada, pompa ditekan sedikit aja solar langsung keluar/muncrat. setelah selesai mobil distarter langsung bunyi dan stabil, setelah beberapa menit pedal gas ditekan dalam rpm jd naik trus gas sy lepas , rpm langsung turun trus mesin mati. kira kira kenapa ya Pak? terimakasih

      Hapus
    3. Coba tuas gas yang ada di kabin diputar searah jarum jam sampai mesin tidak mati saat pedal gas di lepas.

      Hapus
  40. Maaf Pak Eko saya mempunyai problem yg sama dengan Pak Asikin yaitu waktu pagi waktu starter mesin saya cenderung rpm turun terus dan kalo tidak di gas sedikit maka mesin akan mati. Tapi kalo mesin sudah jalan sekitar 3 - 4 menit maka jalan normal semua Hal ini terjadi pada waktu pagi hari saja. Sudah saya bawa ke bengkel dan sudah di tune up tetapi hasilnya sama saja tidak ada perubahan ....kata temen2 itu fit pump sudah mulai kalah. Yang menjadi pertanyaan apa betul Pak fit pump saya yg kena dan bengkel di surabaya mana ya Pak yg punya alat test bosh pomp sendiri jadi bukan di switch kan ke bengkel lainnya . dan sekitar berapa ya Pak harga fit pump tersebut... Maaf Pak Eko saya gak ngerti posting di blog Bapak jadi saya pakai anonymous...

    Trims
    Ongkie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya setelan gas kurang, jadi perbesar setelan gas.

      Hapus
  41. Dodi...
    Malam Mas Eko, saya punya problem dengan Panther LS 2001..... Waktu di bengkel katanya harus ganti pompa solarnya.... Tapi setelah diganti dengan pompa solar yang baru malah tidak berfungsi... Akhirnya pompa solar yang lama dibersihkan dan dipakai lagi.... Sekarang pompa solar yang lama karetnya sudah kalah dan coba diganti dengan pompa solar yang baru ternyata tidak berfungsi.... Apakah Mas Eko ada saran buat saya?
    Trims
    Dodi

    BalasHapus
  42. nice sharing, salam kenal ya bos ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali bos Ikwan..senang sekali bos ikwan bersedia mampir ke blog saya. kalau boleh nebak nih, kayaknya bos ikwan ini salah satu sesepuh di Panther mania..maaf kalau saya salah nebak..jika memang benar, maka saya senang sekali dikunjungi salah satu sesepuh dan pakarnya Phanther di Indonesia

      Hapus
  43. salam kenal mas Eko W....saya punya panther tahun 95...singkat cerita,si panther kalo diajak jalan kecepatan diatas 30km/jam terdengar bunyi thek thek thek dimesin, suara semakin bising apabila kecepatan ditambah. ada saran dari temen coba bawa ke bengkel di Tune-Up sama di Cek Klep-nya..Alhasil mengikuti saran dari temen setelah diTune-Up+Cek Klep itu suara thek thek thek tidak juga hilang. malah dari bengkel sendiri bilang untuk Klep ga ada masalah si bengekel sendiri bilang kalo ga Noken As sudah kocak+Nozel minta di cek...saya juga sudah coba ke bengkel resmi isuzu tetapi juga ga membuahkan hasil..mungkin dari mas eko ada saran atau solusi untuk saya...
    sebelumnya salam kenal dan terimaksih...
    kint

    BalasHapus
  44. salam kenal juga Gan..terus terang susah buat saya untuk mendeteksi bagian mesin manakah yang mengalami masalah dengan mengeluarkan bunyi tersebut. coba kalau mobil dinyalakan dalam posisi netral/diam, dengarkan bagian mana yang mengeluarkan suara tersebut. kalau suara berasal dari atas bisa jadi nozel injector atau kelep yang bermasalah. jika suara berasala dari bawah bisa jadi noken as yang bermasalah..jadi sulit untuk saya menjawabnya gan..saran saya bawa ke bengkel spesialis diesel/panther di kota anda agar lebih detail diperiksanya.

    BalasHapus
  45. Mas Eko, sy baru bli panther 95 Miaby, masalah yg saya hadapi adalah klau pagI hari. Di starter baru hidup kalau starter yanG ketia. Klu udah jalan biasanya pada gigi 4 rpm turun dan Mobil terasa bolot. Kira2 apa yang. Harus dilakukan untuk perbaikannya. Sy sdh periksa kopleng msh bagus. Sdh ganti filter angin jg apa masalahnya ya..?

    BalasHapus
  46. Mas Eko, sy baru bli panther 95 Miaby, masalah yg saya hadapi adalah klau pagI hari. Di starter baru hidup kalau starter yanG ketia. Klu udah jalan biasanya pada gigi 4 rpm turun dan Mobil terasa bolot. Kira2 apa yang. Harus dilakukan untuk perbaikannya. Sy sdh periksa kopleng msh bagus. Sdh ganti filter angin jg apa masalahnya ya..?

    BalasHapus
  47. Salam kenal Mas Eko..
    Saya 3 hari yang lalu saya baru membeli Panther LS '01. Ketika saya test drive tarikan terasa enteng dan bertenaga. Setelah saya bawa ke rumah lalu saya nyalakan mesin, muncul asap putih (tidak terlalu pekat) seperti uap keluar dari lobang untuk mengisi oli mesin. Apakah mesin kucing saya sudah tidak sehat dan harus turun mesin Mas Eko? Atau apa tindakan pertama untuk menyelesaikan masalah ini? Mohon pencerahannya Mas Eko.. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluar asap putih tipis saat mensin dinyalakan dan tutup pengisian oli mesin dibuka itu masih wajar, karena suhu mesin yg panas membuat temperatur oli mesin naik dan terlihat ada penguapan. Jadi tidak ada masalah dengan hal tersebut. Cukup tune up mesin anda dengan setel kelep dan ganti oli mesin dan filter oli dengan yg baru.

      Hapus
  48. artikel yang sangat berguna

    BalasHapus
  49. Mas Eko, sy baru bli panther 95 Miaby, masalah yg saya hadapi adalah klau pagI hari. Di starter baru hidup kalau starter yanG ketia. Klu udah jalan biasanya pada gigi 4 rpm turun dan Mobil terasa bolot. Kira2 apa yang. Harus dilakukan untuk perbaikannya. Sy sdh periksa kopleng msh bagus. Sdh ganti filter angin jg apa masalahnya ya..?

    BalasHapus
  50. maaf sy copas masalahnya soalnya sama persis dengan agan sarifudin

    BalasHapus
  51. mas eko mau nayak nh mobil saya panther 1998 kalau lagi muat barang suka mati di jalan udah saya ganti pompa minyak+filter minyak terus angin udah aq kelwarin semua waktu di hidupin lasung hidup sebentar terus mati dan pernah saya tes pake cerigen lansung enjektor tampa melalui pompa kok sedotan ejektornya lemah ya harus di ganti apanya ya?

    BalasHapus
  52. P eko, bagaimana cara membersihkan full pump. MS

    BalasHapus
  53. P eko, bagaimana cara membersihkan full pump, kucing 91. By arjom in yk .

    BalasHapus
    Balasan
    1. lepas dulu dudukan pompa sedimentator pakai kunci sok, lalu lepas rumah sedimentator pakai kunci filter. bersihkan dalamnya trus rakit kembali. jangan lupa u/ ritual buang angin nya.

      Hapus
  54. mas eko g mana,yg harus di ganti apanya

    BalasHapus
  55. pak eko punya link tentang manual book download gratis panther 2.3 nggak? klo punya tolong dong di share biar kucing jadul kita-kita bisa ikutan dan ngerti ilmu yang pak eko kasih. trims sebelumnya

    BalasHapus
  56. om eko kl GR 97 pada RPM 1000-1200 kok getar kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda cek engine mounting nya (jika perlu sekalian transmisi mountingnya).

      Hapus
  57. maaf sebelumnya mobil saya bukan panther tapi kuda diesel grandia 05,,,saya mau tanya kenapa mobil saya sangat boros utk dalkot dapet 1:6 ,,padahal menurut teman yg bawa kuda dalkot bisa 1:9 atau 1:10,,,bau asap agak menyengat saat dipanasi dipagi hari,,,,,,,,dan sdh bbrp kali di bawa ke bengkel IP sepertinya tdk ada perubahan

    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ukuran mobil diesel memang tergolong sangat boros..ada beberapa hal yang harus diperjelas lagi mengenaio gejala yang ada. kalau hanya berdasarkan bau asap saya masih belum bisa menganalisa sebab keborosannya. coba perhatikan warna asap yang keluar apakah putih atau hitam pekat. saat dikendarai bagaimana tarikannya apakah cepat atau lemot. coba dicek setelan solar di boshpump, ada kemungkinan setelannya terlalu boros (rich) sehingga boros solar namun miskin udara, akibatnya mobil akan boros solar.

      Hapus
    2. saat dipanas pagi saya tdk melihat ada keluar asap mungkin putih
      tapi asapnya hitam normal kalau mesin sudah panas tidak pekat
      tarikannya menurut saya masih ok
      btw bagaimana cara mengecek setelan solar,,krn saya baru setahun lebih pegang mobil solar..

      terima kasih

      Hapus
    3. Menurut nubie itu dari bispom atau noselnya gan. Coba dicek di bengkel bispom kepercayaan.

      Hapus
  58. Permisi pak eko saya mau bertanya, saya baru saja beli mobil bekas panther royal tahun 1996 mesin 2500CC dan sudah direct injection, tarikan mesin dari mobil masih bagus, karena saat dipake itu keluar asap puith (ngebul) akhirnya saya bawa kebengkel dan sudah turun mesin untuk gantin pistonnya, tetapi setelah dipasang ternyata masih ngebul juga mungkin ada solusi dari bapak eko Terima kasih. mohon solusinya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluar asap putih dari knalpot tidak selamanya karena terjadi kebocoran pada kelep. Bisa juga karena setelan solar terlalu irit (lean). coba setel komposisi solarnya melalui baut setelan solar putar searah jarum jam sampai didapatkan asap knalpot menjadi hitam. selamat mencoba

      Hapus
  59. setel boshpomp ( kalibrasi ) yang bagus di malang ada di Dinoyo Putra. Zexel Service. +/- 100 m Selatan Mini Motor

    BalasHapus
  60. Betul tuh. Kucing sy Panther Hi Sporty 1998 sblmx tarikannya agk bolot & boros, tp stlh disetel oleh mas Iwan dr Dinoyo Putra tarikanx maknyus. Orangnya enak diajak sharing spt mas Iwan Wijanarko gt.Di jalan tol bs tembus 140 kpj.BBM jd iirt pol Malang Tuban pp rata-rata 1:14 dg full 8 org penumpang.

    BalasHapus
  61. Mas Wijanarko, saya mw tanya kalau nozzle injector sering rembes, paling lama tiga bulananlah, sudah saya siasati dengan memberi solasi almunium, lem gasket, pernah juga saya beri lem besi. Sealnya saya beli di asco. Gimana minta pencerahannya dong......trima kasih.

    BalasHapus
  62. mas eko mhn penjelasannya ya mas,
    sy punya panther 2500cc th 97. terakhir ini penyakitnya suka seperti masuk angin, krn begitu injak gas malah tambah gak bisa lari.
    padahal sebelumnya udah sy perbaiki bosch pump nya di bengkel. dia bilang plunyer nya. udah diganti tp barang second yg kondisi masih bagus menurut bengkelnya, dan udah dicek output solarnya dan injectornya juga. dan oleh si bengkel bosch pump di stel lebih boros sehingga suara mobil sangat berisik sekali dan bahan bakar sangat boros.
    akhirnya sy kembalikan lagi ke bengkel minta di stel standar aja seperti semula. tapi hasilnya ya masalah bila di tancap gas malah gak bisa lari, sy konsultasi lagi ke bengkel katanya suruh kuras tangki solar, udah sy lakukan dan juga membersihkan pompa pembuang angin juga filter solarnya. tapi kondisi sama aja mas eko. mohon penjelasanya ya. terima kasih mujianto semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jgn dulu buru2 ke montir, anda bsa DIY kok. Mengingat solar pertamina yang naudzubillah busuknya, coba anda kuras sekali lagi tangki solarnya (tak perlu bongpas, cukup lepas sekrup pembuangan dibawah tangki) pastikan solar yg ada dlm tangki benar2 bersih, lalu lepas dan bersihkan pompa sedimentator, ganti filter solar, lepas tutup manifold (tutup plastik wrna hitam yg ada tulisan direct injection) dan bersihkan manifold dari kerak2 yg ada lalu pasang kembali, ganti filter udara, lepas dan bersihkan baut OFR, jangan lupa ritual buang angin. Alangkah baiknya jika anda lakukan purging mesin anda. dan sering2lah latih mobil anda di RPM tinggi.

      Hapus
  63. Salam kenal pak Eko .....
    Phanter saya HG 2.3 95 waktu beli stir agak mbanting kekanan dan oli power cepat berkurangnya. kemudian kebengkel setelah dilihat masalah as power stering yang agak kemakan. terus diganti sil dengan ori , as powernya di akal dengan di slimer. setelah itu masalah mbanting kekanan dah sembuh dan oli sudah nggak netes lagi. pertanyaannya bahayakah slimer itu? tahan sampaikan ya pak? mohon bantuanya. terimakasih

    BalasHapus
  64. bagaimana cara setel baut load solar di panther 97 om Wijanarko

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan anda lihat dimarihh http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/setel-baut-load-solar.html

      Hapus
  65. saya pemakai trooper mesin sama dng phanter 2.3,sya kasih ban 31 dengan konsumsi bbm 1:13 tanpa ac apakah itu normal mas eko.suwun sebelumnya

    BalasHapus
  66. Sore mas. Mobil saya kuda grandia diesel kok solarnya boroa banget ya? Paling 1:7. Dalkot. Pdhl punya temen bisa sampai 1:10-11. Asap gak banyak dan suara mesin normal.... mohon arahannya mas.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsumsi bahan bakar sangat dipengaruhi oleh style driving / cara mengemudi, istilah nya kaki kanan musti sekolah hehehe :)

      Hapus
    2. Betul itu Pak Dhe...kaki kanan mesti banyak pemanasan..hehehe...

      Hapus
  67. kulonuwun..Gan, utk membersihkan nozle lewat tangki BBM, kalo tidak Full tank kira2 bgm? nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak jadi kendala mas..boleh saja

      Hapus
  68. Selamat Pagi,salam kenal...
    saya pengguna new higrade th.2000,keluhannya kalo di jalan tol jalan 110kpj sudah terasa ngoyo banget Pak,kira2 apa yang harus dilakukan ya Pak biar top speed bisa agak lebih panjang?
    lalu,kalo kalibrasi ulang di Dinoyo Putra kira2 habis berapa Pak?Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikwan_yamato19 Mei 2014 13.26

      Coba anda baca kembali tulisan/jawaban saya dari pertanyaan sdr.purwaceng diatas. Mesin diesel kalo bolot tenaganya tak perlu buru2 dbawa ke bengkel, anda bisa DIY. lebih baik lgi jka anda mengganti filter udara dengan merk sakura, dan filter solar dengan sakura yang lebih panjang. :)

      Hapus
    2. Saya hanya nambahi jawaban dari Pak dhe Ikwan..Tidak usah terburu-buru kalibrasi (disamping mahal juga belum tentu panther kita memang butuh dikalibrasi). Selain jawaban di atas, anda bisa merasakan Panther makin bertenaga jika Panther sering-sering dibawa jalan-jalan luar kota.

      Hapus
  69. salam panther...
    saya urip dari lampung..saya punya mobil panther touring2002,setiap pagi sewaktu dihidupkan susah, butuh 3x menghidupkan..dan setelah hidup asap keluar warna putih ..kira2 apanya yang harus saya perbaiki.trksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk angin itu mas..buang anginnya ya

      Hapus
  70. salam panther...
    saya urip dari lampung..saya punya mobil panther touring2002,setiap pagi sewaktu dihidupkan susah, butuh 3x menghidupkan..dan setelah hidup asap keluar warna putih ..kira2 apanya yang harus saya perbaiki.trksh

    BalasHapus
  71. salam panther...
    saya urip dari lampung..saya punya mobil panther touring2002,setiap pagi sewaktu dihidupkan susah, butuh 3x menghidupkan..dan setelah hidup asap keluar warna putih ..kira2 apanya yang harus saya perbaiki.trksh

    BalasHapus
  72. Selamat malam Mas, mobil saya Panther HG 96, mengeluarkan asap putih dari pipa pembuangan gas panas yang ada di bawah mesin. Kalau tutup pemgisian oli dibuka, akan mengeluarkan asap putih juga. Saat itu oli sempat berkurang ketika sy gunakan berjalan 3500 km, maka saya tambahkan 0,5 liter oli. Tapi sampai sekarang sudah berjalan 500km lagi dari sejak sy tambahkan oli, tidak tampak berkurang kalo sy lihat dari stiknya.
    1. Kira-kira ada masalah apa dengan panther saya
    2. Kalau luar kota lewat jalan tol, saya biasa jalan di atas 100km/jam, penggunaan BBM sekitar 1: 12
    Kalau berjalan maks 80km/ jam penggunaan BBM sekitar 1:14. Kondisi AC selalu nyala dan sangat
    dingin.
    3. Roda kiri depan, bagian luar lebih cepat halus, kenapa?
    Terima kasih atas panjelasan Mas EW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu menandakan Panther anda masih sehat mas..Ban aus sebelah bisa karena setelan roda sudah tidak bagus. Coba bawa ke toko ban dan minta untuk dispooring dan balancing, semoga membantu.

      Hapus
    2. Asap putih itu kira-kira dari mana mas, apakah oli yang terbakar. Tapi kok oli tidak berkurang. Atau berkurang tapi sedikit, atau karena klep dsb........

      Hapus
  73. Pak Eko mohon bantuannya, mobil saya hi sporty Th 98, saya rutin ganti filter solar, tapi kok masih suka brebet dan tdk bertenaga? Pedal gas dipinjam Full Tp rpmnya Max cuma diangka 2, kalo jalan gak bertenaga gitu, dan suka mati sendiri jika pedal gas tdk dipijak.. Hal ini sering terjadi dan kambuh2an..

    BalasHapus
  74. Maaf Pak Eko, maksud saya gas dipijak Full.. Yg diatas td salah ketik.. Dan kalo purging itu tinggal masukkan obat purging ke tangki solar aja Khan Pak? Trus dipake jalan aja ya? Kebetulan jalan Yg saya lewati itu banyak tanjakan dan turunan, lama perjalanan 2 jam.. Apa tidak masalah Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu..Jalan naik turun tidak masalah.

      Hapus
  75. Selamat sore Pak Eko, saya junius pengguna GR 96, kondisi mesin baru habis over haul semua (termasuk kruk as dan ring + piston) dan bocsh pump + nozzle baru dikalibrasi dan telah dilakukan pergantian saringan oli, filter solar dan saringan udara, tetapi kenapa kecepatan mobil cuma bisa lari 100km/jam (padahal sudah di gigi 5 dan rpm sudah di 4000)? dan asap agak putih apabila di geber penuh sedangkan konsumsi solar 1 : 12 untuk dalam kota. mohon pencerahannya pak eko. Terima kasih

    BalasHapus
  76. malam Pak Eko, saya barusan dapat panther ls 2001, sdh dilakukan servis/tune up (tidak tahu apa yang dilakukan, dimasukkan ke bengkel oleh ayah saya); ganti oli mesin, perseneling, gardan; ganti filter solar, olie, udara... performa masih okelah untuk ukuran saya dengan penggunaan harian yang tidak terlalu berat, (PR : ban mulai tipis, dan setir agak condong ke kiri) mohon informasi lanjutan, hal2 apa saja yang perlu rutin dilakukan agar panther kita tetap terawat.. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perawatan Panther tidak ribet gan..cukup ganti oli, filter oli, filter solar dan filter udara secara rutin. Jangan telat isi solar..

      Hapus
  77. selamat sore pak eko, mobill saya grand touring 2008, pada tarikan tinggi dan dadakan mobil mengalami sendatan seperti kekurangan pasokan minyak atau udara padahal semua yang terkait dengan filter sudah sy ganti dgn yg original, kecepatan max 130 km / jam lambat didapat,dan bbm luar kota 1:10 dan untuk injeksi pump sudah sy bawa kebengkel kusus pump pada dua bengkel yang berbeda tapi hasil tdk maximal tetap ada terjadi tersendat, mohon solusi dari pak eko, sebelumnya trimks.

    BalasHapus
  78. dan sebagai info tambahan tangki bbm juga sudah dibersihkan dan kodisi tangki juga bagus bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya secara umum Panther dalam kondisi baik saja..mungkin ada kendala di tali gas..coba diperksa gan..

      Hapus
  79. sebagaii pemula saya sangat terbantu dengan info dari mas eko, melalui rofum taya jawab ini. Mas Eko memang Oke.
    suheri- sukadana lampung timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas Heri..boleh sharing juga pengalamannya..

      Hapus
  80. Pak Eko, saya baru beli panther hi grade tahun 2002 matic bulan mei 2014...jujur saja selama 2 bulam ini saya menggunakan panther kecewa berat karena solarnya 1:6-7, sudah saya coba segala cara untuk membuat irit hasilnya nol besar...dari ganti oli..tune up...ganti filter oli dan solar...kuras tangki solar...hasilnya tidak membuat irit dan tetap saja boros...memang tarikan tidak berat dan tenaga bagus...saya sudah cek ke beres isuzu katanya mesin bagus dan tidak ada masalah apa2...mohon saran dari Pak Eko dan teman2 semua...trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. panther 2002 matic itu LS ya pak. Kayak punya ayah matic juga tahun 2001. panther matic kan udah turbo. coba setel nozelnya pak tekanan nya di naikkan. sama setel juga bospomnya biar mantep. punya ayah pernah nyoba bisa ampe 100 kpj itu pun belum pake over drive dan juga jalurnya lumayan pendek. kalo solarnya 1:11-12 pake ac full

      Hapus
    2. Minta bengkel untuk setel baut solar menjadi lebih irit pak..

      Hapus
  81. mana yg kwalitasnya lebih baik accu kering apa accu basah pak eko.... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung pada kondisi pak..accu kering tidak perlu dirawat, namun harganya lebih mahal dan jika sudah rusak tidak bisa diperbaiki alias ganti baru. Jika accu basah lebih repat karena harus cek jumlah air dan harga relatif lebih murah dan dapat dirawat/diperpanjang umurnya dengan perawatan berkala (baca artikel mengenai merawat accu).

      Hapus
  82. Slmt pagi Mas Eko.. Sy mau nanya perihal Italian tune up, jika tune up nya dg cara mbl tidak d jalankan tetapi gas nya d geber ampai 3000rpm 10 menit apakah hasilnya sama dg jika mobil d jalankan ? Mohon arahan Mas... Terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dilakukan cara demikian, namun hasilnya kurang maksimal dan mesin malah cenderung cepat panas karena sirkulasi udara kurang baik. berbeda kalau mobil sambil berjalan.

      Hapus
  83. Kepada para pecinta dan pengguna Panther sekalian, mohon maaf apabila balasan atas pertanyaan dari saudara-saudara sekalian agak lambat saya respons. Hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan saya di luar kota. Namun saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membalas pertanyaan yang diajukan. Dan apabila ada rekan-rekan yang bisa membantu dan mau sharing pengalamannya, saya apresiasi sekali. Terimakasih atas dukungan rekan-rekan sekalian.

    BalasHapus
  84. Kalau mau purging injektor diesel, saran saya coba aja pake obat tune up injektor diesel merk Primo Diesel Purge, mantap bro tapi juga tambahkan setelah purging rutine dengan aditif solar peningkat cetanelalu cukup isi solar biasa, nah dapatkan manfaat lebih baik dari DEX menurut saya.
    Gw punya panther thn 2010, juga beberapa truk diesel. Selama ini pakenya Liquimoly dan Wyns, harga naik trus, pernah nyoba beberapa merk lain, kurang bersih, lalu waktu ane di Malaysia Johor, ada bengkel pake merk PRIMO Diesel Purge, gw coba beli dan trial sendiri, hasilnya bisa gw bilang malah lebih baik dari obat purging sebelumnya, tertulis sih di kalengnya mengandung Nitroparaffin. Gw cari di Jakarta, rupanya sudah ada agennya. Saran dari sales Primonya habis purging pakai aditif solar dan peningkat oktan, Primo Nitro Diesel, jadi gw sekarang ga pake DEX yang mahal, cukup solar biasa + Nitro Diesel dan benefitnya lain x mungkin ga usah purging lagi dengan aditif pembersih rutine dalam tangki solar. Nah gw mikir ga rugi pake Nitro Diesel + Solar biasa, jauh lebih irit daripada Solar DEX, bisa hemat hampir 1/2 setiap ngisi solar. Manfaat tambahan pembersihan terjaga terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merk Primo sih sudah kita pakai membersihkan karburator dan injektor mesin bensin Turbocarb dan Turbojet, emang bagus, tapi belum tuk Primo Diesel Purge ini, pengen nyoba, katanya lebih bagus hanya di medan siapa yg jual yah, soalnya sumber kami di medan sini ga ada stok, tau ga gan? Thx

      Hapus
    2. Maaf gan, tidak tau di medan siapa yang jual. Coba aja hub dealerya di Jakarta sini. Dgn mbak Joana 0818 8026 8778 Pin BB : 7DA97CBE

      Mas Eko & Mas Tommy, nih aku share juga link video lagi purging panther : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q

      Hapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Mlm Pak Eko
    Saya punya panther thn 2008 turbo.
    Pd waktu itu saya pake ke jakarta. Stlah di jakarta trnyata oli berkurang dan lampu peringatan pun ga hidup.
    Akhirnya turun mesin dan ganti ring seher, metal duduk, metal jalan dan packing seat. Setelah selsei saya bwa pjalan plg ke jawa. Tnyata baru sampe cikampek hal yg sama trjadi lg.
    Akhirnya sya balik ke bengkel awal dan turun mesin ke 2 kali.
    Kali ini ganti ring seher ,buring + packing head. Setelah jadi panter suaranya kasar dan tdk ada tenaga .Dan mau di bongkar lg sm bengkel trsbut. . Padahal saya sdh habis banyak pak. Katnya kalu di bongkar harus ganti seher. Mohon saran dr bpk. Dan posisi mobil ada di jabar.
    Mohon Saran Pak Eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa selalu ganti secher? berarti ada hal lain yang lebih penting sebelum mesin jalan. Sistem pendingin tidak jalan. Oli mesin tidak bekerja secara sempurna, pendingin air juga harus bagus. Pastikan kedua hal tersebut bekerja dengan sempurna. Pompa oli dan pompa airnya harus bagus dulu sebelum mesin dibenerin, ganti seher berarti mesin terlalu panas karena sistem pendingin tidak bekerja maksimal.

      Hapus
  87. Pak Eko ada yang mau saya tanyakan, apakan cleaner injector yang anda gunakan juga bisa untuk mesin disel truk?

    BalasHapus
  88. Pak eko Kenapa panther 2.3 saya keluar suara berisik di cerobong filter udara n udah saya gnti baru filter udaranya, asap knalpot jga keluar terlalu hitam jika dijalankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam....... kucing saya juga 2.3 memang ada suara berisik dari filter udra itu normal. asap hitam saat tancap gas juga normal. mesin 2.3 sangat bandel.dan Familier dengan kualitas solar diindonesia jadi rawat degn baik kucingnya.

      Hapus
  89. Selamat sore pak Eko, Pak Ikwan, atau siapa saja panther maniak, mohon bantuannya skema kelistrikan panther royal 96. Terima kasih atas segala bantuannya.

    BalasHapus
  90. Bos,bisa minta nmr telpnya,tq

    BalasHapus