16 April, 2013

Kaki kaki Panther


Panther adalah salah satu kendaraan yang terkenal karena keandalan dan ketangguhannya. Namun tetap harus diperhatikan salah satu aspek selain mesin, body juga adalah kaki-kaki.
Sebagaimana diketahui bahwa roda termasuk kaki kaki adalah bagian yang berhubungan langsung dengan jalan. Dan apabila terdapat masalah dengan kaki kaki, maka bisa berakibat kecelakaan serius.
Untuk roda depan bisa diperhatikan bagian-bagian berikut:





Untuk penjelasan masih dalam penyusunan, mohon maaf

162 komentar:

  1. Salam kenal Pak Eko.

    Melihat gambar ini, jadi ingat kemaren panther saya anjlok (ball joint lower lepas.
    Sebenernya sebelum lepas, ball joinnya berbunyi (berdecit) jika stir di belak belokan.
    Seharusnya jika berbunyi, harus segera diganti ball joint kanan dan kirinya. Karena ball joint lepas biasanya di jalan yang jelek ( dan biasanya jauh dari bengkel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali gan..sebaiknya dicek dan jika dirasa roda depan oblak, maka sebaiknya segera ditelusuri bagian yang rusak. harga servis dan sparepartnya tidak terlampau mahal (sekitar 150rb-200rb).

      Hapus
    2. Pak Eko,
      Saya ada kendala di Pabther saya,
      Panther yang saya pakai, Panther Kapsul Biru Metalik 2005, LV 2,5. kecepatan maks kisaran 125 km/jam. Saya baru pakai kisaran 6 bulan.
      Permasalahannya adalah :
      Kalau di tanjakan, dari posisi berhenti, pada saat mau jalan lagi, sering terasa gigi tidak masuk, jadi mobil terasa bergetar. Biasanya saya gas di besarin baru bisa jalan, tapi tidak normal.
      Masalah ini tidak muncul kalau jalan yang datar.
      Kira kira permasalahan nya apa ya Pak Eko?
      dan kira kira memerlukan biaya berapa (kisaran)?

      Terima kasih sebelumnya untuk pencerahannya.

      Hapus
    3. Kemungkinan mobil anda mulai aus plat koplingnya..sebaiknya periksakan ke bengkel dan ganti kopling dan part lainnya. kalau normal berkisar 1 juta rupiah

      Hapus
    4. Terima kasih pak, infonya.
      Saya cek ke bengkel Isuzu untuk ganti part coupling panther :
      1. Biaya OH Clutch = 250.000
      2. Disc Clucth = 470.000
      3. Cover Clucth (matahari) = 435.000
      4. Bearing kopling (Block shift) = 500.000
      5. Pilot Bearing ( Bearing dalam matahari) = 48.000

      Jadi total biaya ganti kopling total Rp 1.703.000,-

      Pak Eko, kalau saya nda ganti dulu koplingnya,
      kira kira bisa bertahan berapa lama ya..
      dan kondisi terburuknya kalau tidak ganti ganti seperti apa?

      Terima kasih pak penjelasannya.

      Hapus
    5. Sebaiknya kalau ganti kopling memang sekalian part lainnya (bukan hanya kampas kopling saja). Namun boleh minta saran ke bengkel apakah ada part yang masih dalam kondisi bagus agar bisa mengurangi biaya. Jika kopling habis dan tidak diganti, maka akibatnya mobil tidak bisa berjalan meskipun mesin nyala karena tidak bisa pindah transmisi juga tidak ada yang menyalurkan putaran mesin ke roda

      Hapus
    6. Saya mengalami hal tersebut, ball joint bawah kanan jebol, sebelumnya memang sudah berbunyi nyit nyit, tapi saya kasih oli, bunyinya hilang, tatapi akhirnya jebollah ball jointnya pada posisi belok 90 derajat lokasi agak miring. Oleh sebab itu saya sarankan jika ball joint berdenyit walaupun belum koplak, segera ganti. Harganya murah, saya beli di magelang bolljoint bawah panther kapsul orisinil hanya 185 rb, yang atas hanya 125 rb, pasang sendiri.

      Hapus
  2. Maaf bos ikut nimbrung. Saya juga pemakai Isuzu Phanter th 2000, saya pengguna 2 jenis phanther yaitu pik up (punya kantor) dan station wagon. Pengalaman saya untuk kaki-kaki phanter, baru kemarin tgl 23 Oktober 2013 yang station, saya mengalami apa yang dialami oleh bos ophikrista rahmanudin yaitu jebolnya BALL JOINT lower sebelah kiri. Sementara untuk yang jenis pik up (ball joint lower yang kiri juga lepas) saya alami kira-kira 1 tahun yang lalu karna yang pik up lebih sering dipakai. Untuk gejala ball joint lepas ini memang sebelum nya tidak terasa apa-apa di setir, mungkin karna power sterring, jadi tetap terasa enteng di tangan. Jadi, untuk masalah ball joint ini sekarang saya beri perhatian khusus, karna design dari lower arm phanter memang sangat merepotkan karna jika ball joint lepas maka lower arm akan jatuh ketanah. Tidak seperti kijang yang posisi lower armnya ada di atas, jadi kalau lepas atau oblak tidak akan jatuh ketanah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas berbagi pengalamannya Gan..ayo share lagi pengalaman lainnya dengan Kucing tercinta

      Hapus
    2. Bos, mobil panther ku roda belakang Aq dongkrak semua, terus, Aq masukin persneling 1,tapi hanya roda yAnG kanan yAng bergerak, setelah saya rem,ganti ban mobil yg kiri yg bergerak, yang kanan berhenti

      Hapus
    3. Maaf boss ogut kagak ngerti jg emamang begitu disain nya kali hehehr

      Hapus
  3. saya punya panther 93 total assy, saya beli bekas ko kaki kakinya kayaknya lebih ceper. kira-kira yang harus dilakukan untuk kembali normal agak tinggi bagaimana? mohon infonya trimakasih

    BalasHapus
  4. Pak Eko, kalau bisa mohon di share harga part untuk kaki kaki panther 2.3, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  5. prihananto joko28 Desember 2013 16.07

    pak eko mobil sya ispan hi grade 96,, kalo buat belok ke kanan posisi berjalan dng kecepatan kira2 40 km jam ke atas terdpat bunyi kluk kluk kluuk,, saya kira ball joint nya, tpi stlh saya bawa ke ondersteel katanya ball joint nya masih oke,, kira2 apanya y pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut nimbrung Pak Eko,
      Kalau masalah bearing roda panther (depan dan belakang), itu perlu ganti, tanda tanda apa ya pak?
      kalau misalnya menghitung umur pakai bearing, kira kira bisa dipakai berapa tahun?
      Terima kasih

      Hapus
    2. Dibanti kalau sudah ada bunyi menderit dari roda pak..masalah umur pakai komponen ini sangat tergantung pada kondisi medan jalanan yang dilalui jadi tidak bisa diprediksi berapa lama umur pakainya. logikanya kalau jalanan buruk maka komponen ini akan cepat rusak

      Hapus
  6. saya punya panther new royale 2000 masalahnya ketika setir di belokan kekanan dan ke kiri ada bunyi cit cit keras sekali dan sangat mengganggu kira2 kerusakn apa pak eko pada saat saya cek bunyi terdapat di bagian roda bagian dalam kemungkina menurut saya ball join atau lainnya mohon penjelasan bagi bpak2 diatas yang berpengalaman....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterangan bapak masih kurang detail, kalau suara cit - cit itu bisa jadi karena kaki-kaki minta di vet karena sudah kering gemuknya. coba bawa mobil ke tukang vet untuk di vet.

      Hapus
    2. Itu kira2 vanbeltnya kurang kencang bro masangnya,jadinya selip vanbeltnya waktu berusaha muter pulinya pompa minyak power steering,begitulah kira2 letak permasalahannya....kamsiah....

      Hapus
    3. Iya mungkin jg power steering minyaknya habis jg berdecit2 aku pernah jg mengalaminya stirnya jd agak berat

      Hapus
  7. Coba anunya di anu.

    BalasHapus
  8. salam kenal pak eko..saya dari lampung..saya ini gaptek.jadi saya minta no hp aja pak.untuk konsultasi masalah panther ini.jika tidak keberatan sms aja ke no saya 085380564852.maturnuwun pk.

    BalasHapus
  9. Agan Eko sya punya kucing HG95 yang mempunyai masalah dengan lampu dim, jika lampu dim dinyalakan dmalam hari lampu utama ikut meyala juga (barengan) dan lampu indikator dim tidak menyala, apa ada masalah dengan sambungan kabelnya cz sepertinya sudah dimodifikasi sebelumnya, mohon penjelasannya, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan memang disengaja oleh pemilik sebelumnya, Agan bawa saja Kucingnya ke bengkel variasi atau bengkel kelistrikan dan minta untuk diurut kabel lampunya.

      Hapus
  10. Pak eko..utk mobil panther yg ngobos ciri2 yg bnar bagaimana? Klo keluar asap putih tipis disertai cipratan oli dari tutup oli apakah sudah trmasuk mesin ngobos??? Mohon pencerahannya..msh gaptek..makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dideteksi hanya karena itu saja mas, wajar kalau tutup oli kita buka akan ada cipratan oli dan sedikti asap keluar karena suhu mesin yang panas akan membakar oli dan muncul asap. Parameternya adalah: cek jumlah oli apakah cepat berkurang setelah di ganti oli mesin baru. Lihat knalpot belakang apakah keluar asap putih tebal, dan rasakan tenaga panthernya kalau loyo ya bisa jadi panthernya ngobos.

      Hapus
  11. pak eko,saya baru nyoba beli mobil panter 91 cuman masalahnnya stir nya ada speleng sudah saya bongkar power steringnya ke bengkel dan joint stir nya diganti tapi masih ada spelengnya kenapa yah mas ko bisa begitu tolong dong masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya speleng di setir itu wajar mas..karena stir itu didesain dengan diberika sepeleng (alasan safety). Namun jika spelengnya tidak wajar itu berarti memang terjadi kerusakan di sistem kemudi anda. Jadi kalau selama sepeleng tersebut masih nyaman ya tidak jadi masalah.

      Hapus
  12. Slamat siang Pak Eko, mohon ijin bergabung di Phanter lover club ini, 1 bulan lalu saya baru beli phanter 1997 ( saya tidak tahu jenis apa ini krn sudah dicat ulang, kelengkapan yg ada : AC Double, pwower steering, velg racing R14 ), ball joint kiri atas sedikit kocak/longgar, apakah saya harus mengganti semua ball joint atas & bawah serta kanan & kiri juga apakah boleh diganti yang tidak orisinil ( tetapi buatan jepang merk 55 ? ) terima kasih mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicek aja dulu pak.. sebaiknya untuk urusan kaki-kaki kalau memang sudah kocak/oblak sebaiknya diganti saja. Tidak mahal kok biaya servis dan spare partnya.

      Hapus
    2. Nimbrung input ya buat mas budi gresik . . . dr pengalaman sy pribadi selama sy memakai panther 23L th'93,balljoint yg beresiko terlepas dr rmhny atau roda smp teklok cmn lower balljoint kanan kiri,sdgkn utk upper balljoint kanan kiri meski udh oblak atau aus bahkan smp bunyi berdecit saat roda dibelokkan atau saat melibas jalanan makadam tdk pernah smp beresiko roda smp teklok atau tdk bs jalan,balljoint merek "555" scr kualitas udh ckp memadai/ckp awet,sy pribadi memakai merek itu utk panther sy . . . kamsiah,semoga pengalaman pribadi sy bs bermanfaat.

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum Pak,, saya baru neh,, mau nanya pak, saya punya panther grand royal 97 ada masalah sm stiur nya,, kalo jalan baik pelan atau kencang stiur ada rasa getaran ,, sya sudah ganti am stiur, bol join, rek en , terod tapi masih tetap ada getarnya trus kalo di jalan gelombang perasaan stiurnya kayak ga terkontrol,, ban bisa belok sendiri kalo stiurnya tetap pada posisi, ,, sebelumnya makasih pak atas bantuannya, wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sistem kemudi & kedua roda depan mobil anda dispooring~balancing di bengkel onderstel kepercayaan anda,trm ksh.

      Hapus
    2. Coba periksa kondisi ban juga Gan..ada kemungkinan permukaan ban sudah tidak rata. Ada kemungkinan juga ban anda mengalami benjol.

      Hapus
  14. Asallamualaikum pak eko, mobil saya panther LS th2000. kemarin baru ganti kampas rem depan pak, tpi masalahnya saat di rem mobil seperti oleng ke kanan. kira-kira masalahnya apa dan bagaimana solusinya ya pak, mohon dibantu pak. Terima kasih sebelumnya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh rem kira2 macet piston silinder remnya di rem cakram yg sebelah kiri g bs bekerja alias g nyodok kampas remnya yg baru bro biar jepit cakram,biasanya krn karatan ato kotoran,dibongkar lg aja bro dibersihkan ato digosok pake amplas halus,okey bro???thank u....

      Hapus
  15. sy punya masalah dgn indikaror oli menyala,anehnya klu ditambah gasnya hilang, ini gimana gan ngatasi panther new royal 1997,tq

    BalasHapus
  16. askum, pak eko sy punya panther thn 1997, lampu indikator oli menyala tapi klu ditambah gasnya hilang, kodisi oli mesin normal, gimana cara ngatasinya,tq rizalnur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diganti baru aja bro switch olinya yg nempel di blok mesin,murah kok yg bagus merek ND hrg terakhir sktr 45 ribuan...ciaow....

      Hapus
    2. Coba cek juga berapa rpm putaran mesin kucingnya gan...karena pompa oli itu bekerja jika mesin berada diatas rpm 800..jika memang rpm kurang, setel putaran gas yang ada di dashboard kucingnya searah jarum jam biar rpmnya naik..tapi kalau masih tidak membantu ya saran mas Donny bisa dilakukan..

      Hapus
  17. Malam pak Eko. per daun belakang ispan hi sporty saya telah di roll. Karena saya awam jadi diem aja ketika di roll. Katanya ditinggikan 1 cm. Kira-kira efeknya apa ya pak ? Tksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mobil ditinggikan hanya 1cm sih tidak terlalu berpengaruh pada stabilitas mobil pak..

      Hapus
  18. mau tanya swit RPM panther posisi dimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana ya pak? maunambah rpm di royal saya jg soalnya

      Hapus
  19. klo kaki kaki bunyi gluduk2 kayaknya dari roda belakang kira2 apanya yah yg kudu di ganti???ispan LM 2005 punya ane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo smua pintu & Banserep sdh kuat, bisa jadi baut per belakang (di bawah asroda) kendur ini bisa bahaya bahaya bos

      Hapus
  20. Selamat Siang Pak Eko, Saya baru beli Isuzu Panther Total Assy Tahun 1993, saya belum mengerti Mobil karena ini mobil pertama saya, Untuk Oli Mesin mobil tersebut merk apa yang bagus yach Pak, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oli Meditran punya Pertamina juga bagus untuk si kucing kok mas..tapi semua tergantung selera sih..

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Suhandana,oli mesin diesel klo dr produk Pertamina sepengetahuan sy yg bagus pake merek meditran SX itu grade yg tertinggi udh lbh dr cukup,tp klo anda mau pake yg lbh bagus lg bs pake produk2 impor spt Motul,Shell,BM1,dll...intinya harga tdk pernah bohong,dlm artian semakin mahal hargany maka semakin bagus pula kualitasny,semoga bs membantu,trims.

      Hapus
  22. Selamat Malam Pak Eko, Saya pakai Panther Hi Sporty tahun 1997 roda besar, power steering. Balans dan spooring sudah di stel betul, tierod dan bouljoint tidak masalah, permukaan ban rata tidak bergelombang. Permasalahannya kalau di jalan yang bergelombang kok stirannya tidak stabil seakan-akan ikut alurnya jalan, sehingga nyaris tidak berani menjalankan dengan kecepatan diatas 60 km/jam. Kira-kira masalahnya apa ya ...? Terima kasih sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om Machrius Ali...untuk ganti Boschcentrik harga kisaran berapa ya? Makasih

      Hapus
  23. Selamat pagi Pak Eko, saya mau tanya mengenai laher depan panther, saya bekerja di perusahaan angkot dan saya sering menemukan permasalahan di laher depan yang sering pecah, apakah itu memang kelemahan di mobil panther? atau karena tinggi nya waktu operasi? apakah ada solusi atau alternatif lain mengganti lahar dengan kode yg lain?
    terima kasih

    BalasHapus
  24. Salam kenal p.Eko...panther 23 sy tahun 1993 sdh pernah sy ganti waterpumpnya krn yg lama bocor & laker asnya sdh oblak ckp parah,kmd sy ganti baru dg merek GMB,tapi hasilnya tnyt tdk spt yg sy harapkan,br sy pake sktr 1/2 tahun sdh bocor lagi,water coolantnya menetes melalui lubang kecil yg letaknya di bagian bwh dr body waterpump atau tepat di bwh ruang as waterpumpnya...kmd yg mau sy tanyakan > 1)Apakah waterpump bs direpair dg mengganti laker & sealnya saja???;2)Seandainya tdk bs direpair & hrs diganti dg unit br sebaiknya kali ini sy pake merek apa dg harga berapa dg kualitas yg lbh bagus supaya bs sy pake dlm jangka ckp lama???(bs bertahan smp sktr 2-3 tahun saja sdh ckp bagus mnrt sy);3)Kmd seandainya sy tdk bs mendptkan waterpump yg original Isuzu minimal sy harus pake waterpump merek apa & made in mana???.....mohon saran & terima kasih sblmnya.

    BalasHapus
  25. yazid ziyan masna11 Desember 2014 11.16

    assalamua`alaikum. salam kenal semua, dulu saya pake kijang, tapi hampir 1 tahun saya ganti panther lm 05, waktu saya terima KM 177 rb-an, sekarang KM 204 rb-an tanpa masalah, hanya ganti oli+filter oli+filter solar dan bersihkan saringan udara, tarikan enteng, saya coba lari 125 km/jam enteng. Tp sekarang muncul masalah di blower AC, kadang ketika dinyalakan tidak langsung berputar, kajo saya senggol kipas di blower/saya tentang (nggak keras lho) blowernya baru berputar dan keluar bunyi mendengung (nguuuunnnnnnggggg). kira-kira masalahnya dimana yaaaaaaaa? mohon penjelasan suhu-suhu semua. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor blowernya sudah aus tuh mas...coba ganti arangnya,atw klu angkernya udah kemakan dalam lebih baik ganti motor blowernya...

      Hapus
    2. motor blowernya sudah aus tuh mas...coba ganti arangnya,atw klu angkernya udah kemakan dalam lebih baik ganti motor blowernya...

      Hapus
  26. Salam kenal semua om...saya kebetulan tertarik dengan Hi Sporty dan beberapa denger kekurangannya seperti boros bearing depan..adakah trik buat mengatasinya?? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok gak ada jaeaban ya....? Padahal sya jga menunggu.....

      Hapus
  27. Salam kenal Pak Eko. Saya baru beli mobil panther grand touring 2005. Masalah yang ingin saya tanyakan adalah..: 1. konsumsi solar 1 liter : 10,5 km. apakah ini termasuk boros, dan apakah perlu di kalibrasi ? 2. saat distarter ada bunyi dug....dug....dug....dug..... , tetapi semakin panas kondisi mesin suara semakin berkurang. Sudah saya bawa ke bengkel untuk dicek injeksi dan nozelnya, dan katanya injeksi dan nozel gak ada masalah. Oli mesin rutin saya cek dan tidak berkurang meskipun km udah mencapai 4.000 km. Kira-kira masalahnya apa ya.?? Terima kasih sebelumya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsumsi solar itu tergantung kondisi waktu kendaraan dikendarai..berkaitan erat dengan kondisi lallintas, medan jalanan, beban yang diangkut dan juga gaya mengemudi..idealnya sih panther masih bisa mendapatkan 1lt : 13km atau juga bisa lebih tergantung kondisi yang saya sebutkan diatas selain juga kondisi mesin panther itu sendiri

      Hapus
  28. mau nanya mas...saya pny ispan NR 2000...kok stelan gasnya gak stabil ya mas...kadang² gede sendiri dan kadang rpm ngedrop dan mesin mati...dan klu stir diputar lg stasioner rpm ngedrop jg...mohon solusinya mas...tks..

    BalasHapus
  29. Untuk Info Jasa Pasang Anti Karat Mobil Panggilan Klik Disini

    BalasHapus
  30. Pak Eko ditunggu lho penjelasan mengenai kaki2 panthernya....thanx

    BalasHapus
  31. Salam kenal Pak Eko, panel bbm saya kalau diisi full tank jarumnya sampai melewati batas huruf F sampai mentok ke atas...kira kira apa ya masalahnya?...apa harus ganti speedo meter?...trims

    BalasHapus
  32. Terima kasih pak Eko, atas penjelasannya. Tapi masih ada satu pertanyaan lagi, yaitu suara dung....dung.. saat mobil dihidupin. Itu gejala kerusakan dibagian mana ya..? Udah saya konsulkan dengan orang bengkel, katanya karena oli belum naik.dan itu ciri khas panther. Mohon pencerahannya. Trim sebelumnya.

    BalasHapus
  33. Sebaiknya ganti kopling.. berapa tahun untuk ispan lm2008.. mksh.. bung eko...

    BalasHapus
  34. Sebaiknya ganti kopling.. berapa tahun untuk ispan lm2008.. mksh.. bung eko...

    BalasHapus
  35. Sebaiknya ganti kopling.. berapa tahun untuk ispan lm2008.. mksh.. bung eko...

    BalasHapus
  36. ass maaf pak eko saya mau tanya saya coba mengganti as join stir panther tp tidak tau cara melepas as tengah yang ada pen nya
    mohon bantuannya pak
    terimakasih

    BalasHapus
  37. ISPAN LS 2001, AC nya kalo malam dingin banget, tapi siang ga dingin sama sekali, kenapa ya? apa memang ac nya jenis ac malam?hehe. mohon pencerahanya..
    (sudah cek freon, ganti filter, cleaning blower dll...masalahnya tetep)

    BalasHapus
  38. Salam mas eko...saya punya taft gt 4x2 mbl saya kurang bertenaga, sdh d bawa k bengkel katanya hrs d bawa k bengkel stel boschom, mohon referensi bengkel boschom daerah jkt selatan, krn saya d jaksel kalibata. Bisa sms ke no 081322232559

    BalasHapus
  39. Salam Pa Eko,,saya baru beli phanter GT 2015..km sekarang sdh 20.000. Rutin servis di BeRes isuzu,..masalah nya. Konsumsi bbm nya ko cuma 1:10 yaa..dan top speed nya 120 sdh mentok..
    Apakah mobil baru standar nya beitu? ... apa msh bisa di maksimalkan, baik konsumsi bbm ataupun speed nya?
    Trims pencerahannya

    BalasHapus
  40. Mohon Info master-master panther:
    Mobil Panther ane Miyabi tahun 1993, saatnya STNK ganti (sudah 5 tahun), jadi perlu gesek nomor mesin dan nomor rangka. Mohon bantuan dan informasi letak nomor mesin disebelah mana ya?

    BalasHapus
  41. Salam kenal pa eko, saya pemakai hi grade 99, panther saya ban sebelah kiri depan bagian luarnya habis, sudah saya spooring, cuma tahan beberapa minggu, dan ketika kecepatan tinggi, stir serasa melayang, itu kenapa ya? Apakah dr kaki2? Mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
  42. Om, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang harus dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trims

    BalasHapus
  43. Pagi pak eko
    Mau konsultasi taft gt saya tdk bertenaga apalagi ketika di tanjakan.
    Menurut bengkel yg pernah sy kunjungi. harus stel boschom....
    Mohon referensi dmn tempat stel boschom di wilayah jkt.
    Dan perkiraan biaya
    Trims pak eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masuk kesini https://www.facebook.com/groups/taftdieselindonesia/?fref=ts om..biar ketemu ma temen2 lainnya :)

      Hapus
  44. Salam kenal mas eko, saya mau konsul masalah panther touring 2004, knapa waktu stiur saya putar bunyi dibagian bawah seperti ngek-ngek, waktu jalan jg bunyi cit cit.. kira kira itu apa masalahnya yaa mas..mohon bantuannya ...

    BalasHapus
  45. salam kenal pak eko, saya pakai ispan 2.3 1991, suara mesin kasar, kira2 penyebabnya apa ya pak, terus gimana cara memperhalus suara mesinnya?
    trim sbelumnya pak

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Askum mas eko.. tanya mas, sy br pake si kucing ls 2005 br 4blnan gt nah baru2 ne kl pas pagi nyalain mesin ad bunyi dat gt mas kayak mesin mukul ke badan gt bgt jg pas matiin mesin ap lg pas ketemu jln rusak bunyi dat tu keras mas smpe kdenger bnget ke dlm kabin gt.. tu knp mas ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  48. panther aku pickup taon 2001 kalo lari 60km/jam kabin seperti ada lebah 80km/jam stabil 100keatas lebahnya tambah banyak kira2 apa masalahnya ... tolong pencerahannya

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. salam kenal pak eko, saya punya panther lm 2003, setiap diajak lari diatas 80km/jam terdengar suara cit...cit..., mohon pencerahannya pak eko? matus suwun

    BalasHapus
  51. Salam kenal pak eko, dan agan2 semua.. Panther ls 2004 kok glodakan kenapa yaa?? Pdahal sudah cek kaki2 dan pintu.. Tapi masih tetep gak bisa empuk dan masih glodakan.. Dan mohon solusinya bagaimana?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek banya?? Bagusnya pakai bs

      Hapus
  52. Ass. Mau tanya sedulur semua, saya pake panther LM 05. sekarang ada masalah jika ac nyala, injak rem, rpm langsung turun dan rem keras kayakservo tidak fungsi. Tetapi jika ac tidak nyala, masalah ini tidak ada. Mohon bantuan sedulur semua. Matur nuwun sebelumnya. Wass.

    BalasHapus
  53. Salam kenal pak eko, sy br aja beli panther ls 2001, saat mau belok kekanan muterx pendek,lebih panjangan unt belokx kekiri, apa yg perlu sy perbaiki pak eko?tks

    BalasHapus
  54. Salam kenal pak eko, sy br aja beli panther ls 2001, saat mau belok kekanan muterx pendek,lebih panjangan unt belokx kekiri, apa yg perlu sy perbaiki pak eko?tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke spooring pak..biar ketahuan setelan tierodnya..

      Hapus
  55. Mohon pencerahan panther saya tahun 1993
    Di dekat roda depan kanan dan dekat roda belakang kanan bunyi kreket kreket bagaimna solusinya terima kasih

    BalasHapus
  56. Ikut yimak boss 2,,klau kucing saya ban depanya agak miring keluar,trus banya pd botak disisi dalam kayadigergaji,,,,msalhnya dmna ya,,,ap di ball join,,,klau ball join brpaan,trmksh boss2

    BalasHapus
    Balasan
    1. diperiksa dulu pak..kalau roda didongkrak lalu digoyang tidak ada oblak, maka bisa jadi masalah pada setelan tierod. bawa ke spooring agar disetel kembali

      Hapus
  57. Siang bos,,mau tanya dan pengen tanbah ilmu jg,,sy pny panther 95,,uda 1 bulan ini rewel,pagi hari waktu di start sekitar 1 menitan terdengar suara mesin loncat"kaya mau mogok,bahkan mesin mati,,distart ulang agak susah,,klo dipake jalan gk pa pa,,mohon pencerahan sekaligus solusinya,,

    BalasHapus
  58. Siang bos,,mau tanya dan pengen tanbah ilmu jg,,sy pny panther 95,,uda 1 bulan ini rewel,pagi hari waktu di start sekitar 1 menitan terdengar suara mesin loncat"kaya mau mogok,bahkan mesin mati,,distart ulang agak susah,,klo dipake jalan gk pa pa,,mohon pencerahan sekaligus solusinya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah yang sama dengan punya saya pak.setelah saya melakukan hal ini masalah beres. kuras tangki solar bersihkan dengan air hangat dan beri poksi agar tangki bagian dalam tidak gampang berkarat serta keringkan selama 3-4 hari (pastikan benar2 kering), bersihkan saluran solar (pipa) dari tangki ke depan (water sedimentator) dengan bensin dan semprot dengan kompresor.buka water sedimentator dan bersihkan.ganti filter solar dan filter oli.bersihkan saringan udara.sekarang panther 94 saya pagi hari langsung greng kalau di start.

      Hapus
    2. Nice tip pak..keep sharing ya..agar banyak bermanfaat ilmu dan pengalamannya

      Hapus
  59. Selamat pagi pak eko. Pengen konsul sdikit. Sya baru beli panther ls thn 2003, sdh sebulan. Smw sdh ganti, jok, karpet, ban jg ban baru. Sbelum2ny sya sdh sering dengar klo panther banny sering lepas sendiri, tp sya gak gubris. Eh td mlm, pas lg dgunakan, ban mbl blakangny yg kanan tiba2 lepas. Kata mekanikny, mur dalamny lepas. Sya jd sedikit trauma. Apa panther mmg sperti itu ya pak? Bgmn cara menghindari agar ban panther ini tidak lepas? Mohon bimbinganny pak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Panther mobil diesel dan sering dianggap mobil kuat dan bandel, sering orang menganggap sepele perawatan kaki-kaki. Padahal mobil diesel itu memiliki geteran yang lebih besar dari pada mobil bensein sehngga peluang terjadi lepas ban pasti ada khusunya buat mobil-mobil yang tidak pernah dicek kekencangan baut rodanya.
      Kalau yang lepas baut dalem itu berarti memang kondisi baut nya sudah aus sehingga kepalanya habis akhirnya lepas dari dudukannya.
      Sering-eringlah diperiksa baut roda toh mudah dilakukan sendiri dengan bantuan kunci roda dan dongkrak serta tenaga ekstra tentunya..hehehe

      Hapus
  60. Stir mobil saya berat dan juga kalo ada jalan berlobang lari ke kiri memang mobil tua Panther 96 belum power stering kaki kaki Sdh baru semua saya kira ada perubahan jadi enteng stirnya buat belok tapi biasa ajah stir Sdh saya ganti kontol bebeknya juga masih juga berat jalan keluarnya bagaimana bos agar saya tetap bisa makai mobil biar nyaman di bagian stir

    BalasHapus
  61. pak eko mau nanya ane punya panther touring 2010, kalau melwati jalan tidak rata bunyi dstir, padahal kaki kaki oke semua... apakah penyebabnya dari simpang 4 batangan stir? mohon pencerahannya pak..

    BalasHapus
  62. Pak eko, saya punya panther lv 2001, speedometer kadang nyala kadang tidak. kenapa ya pak eko?

    BalasHapus
  63. Selamat malam pak Eko
    panther jenis hy grade, bila di naikan torsi elakang di tambah per daun & anting di anti lebih tinggi, apakah bisa untuk di masukan ban ukuran 235/75/15, mohon petunjuk

    terima kasih
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya bisa-bisa saja bos dinaikkan torsi depan dan per belakangnya di tambah anting atau diroll dinaikkan jika akan dipakai ban 235/70 R15 kaya bannya touring/hi sporty. Tapi apa nanti tarikan tidak lemot, sebab kalau tidak salah rasio gardan higrade dengan sporty berbeda, dengan touring juga berbeda. Hasil browsing higrade 2.5 43/11, sporty 41/10 sedangkan touring 41/8. Kemudian pada kaki-kaki depan, laher/bolljoint/terod apa tidak akan lebih cepat rusak/aus. Tetapi selanjutnya terserah anda

      Hapus
  64. pagi mas Eko, jujur dari blog ini saya belajar banyak mengenai seluk beluk panther. saya punya touring tahuna 2003, sering lewat jalan rusak untuk kerja lapangan, beberapa seperti laher dan ball joint sudah diganti, namun kenapa tetap muncul bunyi "tek" sisi kanan depan seperti ketika mundur nanjak agak tinggi atau turun nanjak tapi dengan catatan tanjakan tidak panjang seperti gundukan material atau tanah yang bergelombang agak tinggi. mohon pencerahannya biar bisa saya diagnosis sendiri sehingga tidak wira wiri kebengkel yang sangat menyita waktu saya sekali
    terimakasih sekali untuk jawabnnya Pak Eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak susah juga mendiagnosisnya gan..hehehe

      Hapus
  65. Mau tanya p.eko kenapa mobil saya panther 97 hi sporty selalu banting ke kiri jd kecepatan 40km/jm pasti mobil lari ke kiri, sudah 3 bengkel sporing yg saya datangi tapi hasil nya nihil di pakai perjalanam 100 kilo pasti kembali lagi banting ke kiri .mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi kembang ban apakah ada tipis sebelah atau tidak rata antara bagian dalam dan bagian luar gan? trus amati juga apakah kembang ban juga habisnya sama antara ban kanan dan kiri?

      Hapus
    2. Saya pernah kejadian persish yang dialami, saya coba-coba, baru 3 th ketemu :
      1. pastikan ban kiri dan kanan kondisi dan merknya sama
      2. setel batang tarik sebelah stabiliser depan (maju/ mundur), kalau menarik kekiri, bisa bagian kanan diulur/ bagian kiri ditarik
      3 jangan lupa sporing pada roda depannya

      Hapus
  66. Salam kenal pak Eko, sy p.kanto mau tny. Sy punya panther sporty 97, speedometer biasa bukan digital. Kdg mati kdg jalan. Stlh sy periksa kabelnya ternyta msh bagus, krn klo putus biasanya mati total.sy coba bongkar kabel bag bawah yg dekat gearbox dan ternyata gigi yg dari plastik mmg rusak. Yg sy tnykn pada wkt sy buka kok ada olinya krg lbh 100 ml. Stlh sy ganti dan pasang kembali sy bingung mengisi oli yg keluar td krn tdk ada lobang utk mengisi oli, yg ada lobang utk penisian oli persneling. Apakah oli tsb berasal dari oli persneling. Dan jika tdk diisi apakah berbahaya. Mhn pencerahan dari bapak, terima kasih.

    BalasHapus
  67. saya baru beli panther hi sporty thun 99.. pertanyaan nya.. kalau setir di belok kan ada bunyi nguk nguk.. mohon pencerahan pak eko.

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum ikut nimbrung.. bengkel panther yg oke daerah bekasi di mana yah.. X ada referensi buat sy, makasih..

    BalasHapus
  69. Pak eko, saya punya panther LS 2001, bisa nggak kaki panter diganti kaki canter.

    BalasHapus
  70. Mohon petunjuk letak sensor rpm di panther ls 2002.

    BalasHapus
  71. Selamat Siang Pak Eko dan Teman2 Sekalian...
    Saya Pengguna Panther 2.5 Tahun 1996.
    Saya mau nanya nih, saat ini panther saya ketika baru jalan dalam kecepatan dibawah 20 KMPJ terdengar bunyi nyit2 dibagian bawah mobil dan Terkadang juga terdengar suara seperti klotak-klotak,
    namun bunyi tersebut hilang ketika sudah melaju diatas 30 KMPJ atau dalam keadaan netral(tidak masuk gigi)...
    Sudah saya bawa ke bengkel dan diperiksa semua ban dan tidak ada kerusakan dibagian ban,,
    kira2 kerusakan apa yang terjadi pada mobil saya ? Mohon pencerahannya Pak...

    Salam,

    Adi

    BalasHapus
  72. Selamat siang pak eko, asap gas buang panther hyper sporty 97 saya berwarna putih, apa sj penyebabnya ya pak? Biar sy cek satu per satu ke bengkel.suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke bengkel injektor
      biar dikalibrasi

      Hapus
    2. bawa ke bengkel injektor
      biar dikalibrasi

      Hapus
  73. Selamat siang pak eko, asap gas buang panther hyper sporty 97 saya berwarna putih, apa sj penyebabnya ya pak? Biar sy cek satu per satu ke bengkel.suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau asap putihnya pekat, bisa saja karena ada oli mesin yang ikut terbakar akibat ring piston sudah ada kebocoran. namun jangan terburu meberikan fonis seperti itu, coba lakukan beberapa perawatan sederhana. bisa baca artikel saya yang lain.."merawat Panther"

      Hapus
  74. bagi pemilik ispan tua2 keladi, saya sarankan ganti engine mounting .. biar getarannya jadi minim kembali. saran dr pecinta ispan dr Solo .. salam meong meraung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran yang bagus gan..ayo dishare lagi tips-tipsnya..

      Hapus
    2. Lha ciri2 engine mounting aus itu bagaimana, diganti malah nanti getarannya lebih parah ....

      Hapus
  75. Salam P.Eko dan teman-teman semua..........
    MOHON PENCERAHANNYA.....
    Panther saya Higride 2300 CC tahun 1996, saat setir di belok ke kanan rodanya cuma berputar sedikit dan jika diputar kekiri rodanya melebihi batas putaran dan setir tidak berfungsi dengan baik kadang nyantol kadang tidak (kadang nyetir sendiri mobilnya/los)...ini terjadi setelah ban kiri saya membentur batu saat menghindar kekiri dari mobil yg oleng dan mau nabrak saya.....kira-kira apanya ya...????? apa ada kaitannya dengan power steering atau lainnya.......?????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar tie rod rusak pak..Segera diperbaiki / diganti jika sudah tidak memungkinkan. Sangat berbahaya

      Hapus
  76. Kemungkinan setelan tierodnya berubah total akibat benturan sebelumnya. untuk itu coba diperiksa kondisi dan kekencangan dari tierodnya. kalau gak mau repot bisa bawa ke tukang spooring untuk dicek dan kalau masalahnya masih bisa diatasi dengan setel ulang ya cukup, tapi kalau tierodnya yang rusak ya harus diganti.

    BalasHapus
  77. Pak eko, mau tanya : sy punya panther hi sporty 97 2500 cc. 1.saat distarter pagi hari mesin agak pincang beberapa saat. 2.kalau mesin sdh panas sekali,stasioner bisa turun smp 500 rpm. 3.kalau stir dibelokkan kiri/kanan full saat stasioner,rpm langsung turun dan mesin mati. 4.ketika mesin hidup,besi ukur oli dicabut,keluar asap halus. 5.saat stasioner,asap knalpot warna biru pekat dan baunya spt kompor ngobos. 6.konsumsi solar dlm kota 1:8. 7.kadang transmisi susah dimasukkan. 8.air radiator cepat habis pdhl tdk bocor. 9.minyak kopling cepat berkurang pdhl tdk bocor. Atas keluhan itu,mohon pencerahannya. Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali kendala yang ada di Panther mas Denny.
      Beberapa masalah yang bisa saya tangkap :
      1. Ada masalah dengan power steering
      2. Perlu pembersihan nozel dan sedimentator
      3. Ada masalah dengan gigi sinkromes (susah memasukkan gigi perseneling)
      4. Ada masalah dengan Radiator (bocor)
      5. Ada kebocoran master kopling
      6. Mungkin ada kebocoran ring piston (boros dan asap knalpot yang tidak wajar).
      Sebaiknya kalau masih sayang sama kucingnya..bawa ke bengkel yang dipercaya karena biaya perbaikannya akan cukup lumayan.

      Hapus
    2. sy pernah ngalamin har serupa. cek:
      1. master kopling atas, masih ori ato tdk, ori merk Nissin.
      2. kalo tdk ori segera ganti dengan yg ori, hrg 400rb merk nissin.
      3. kalo ori, cek rembesan dn bersihkan masternya, sekalian kuras dan ganti minyaknya.
      selanjutnya cek:
      1. pastikan menggunakan air radiator ato radiator coolant, jgn lupa reservoir diisi, cek tutup radiator pastikan sehat, kalo semua normal artinya ada rembesan
      2. bersihakn sediment, ganti filter solar, gunakan diesel injector cleaner, setel rpm di 900-1000 rpm.
      3. cek tegangan trio belt, pastikan sehat.
      4. coba pake oil aditif sperti omega, stp, jumbo dll. cek apa masih berasap? klo asap dikit, normal aja krn sifat oli mineral mudah menguap. yg penting asapnya tidak sperti org merokok, klo sdh gini artinya wajib turun mesin.
      sekian

      Hapus
  78. Pak eko, mau tanya : sy punya panther hi sporty 97 2500 cc. 1.saat distarter pagi hari mesin agak pincang beberapa saat. 2.kalau mesin sdh panas sekali,stasioner bisa turun smp 500 rpm. 3.kalau stir dibelokkan kiri/kanan full saat stasioner,rpm langsung turun dan mesin mati. 4.ketika mesin hidup,besi ukur oli dicabut,keluar asap halus. 5.saat stasioner,asap knalpot warna biru pekat dan baunya spt kompor ngobos. 6.konsumsi solar dlm kota 1:8. 7.kadang transmisi susah dimasukkan. 8.air radiator cepat habis pdhl tdk bocor. 9.minyak kopling cepat berkurang pdhl tdk bocor. Atas keluhan itu,mohon pencerahannya. Trm ksh

    BalasHapus
  79. Selamat Sore Pak Eko,
    saya ingin bertanya :"Apakah Bearing roda depan panther touring bisa buat panther hi Sporty 2000"
    terima kasih atas informasinya Pak...

    BalasHapus
  80. Saya mau tanya panther pickup thn 1994 saya bunyikalo cit cit kalo direm dan mobil tarik kanan mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperiksa kampas rem, ada kemungkinan salah satu rem macet tidak mau lepas saat setelah pedal rem dilepas.

      Hapus
  81. Sangat bermamfaat blognya Mas! Semoga tetap terus exist!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih..mohon dibagi-bagi juga informasi dan pengalamannya..

      Hapus
  82. mobilku panther 2005, worm stirku saya ganti dgn panther pickup 2012, tp setelah kepasang .. putaran setir menjadi cekak/ tdl bisa belok tajam...., pertanyaannya..., adakah setelannya. (stopper stir atau yg laennya tdk saya rubah)

    BalasHapus
  83. Salam kenal, Panther touring 2012, dalam keadaan berhenti, Mesin dihidupkan, di gas di rpm 1000 s/d 1500 diruang kabin terasa berdengung. Rpm diatas 1500 terasa hilang. kira kira part apa yang perlu diganti Om.......

    BalasHapus
  84. Om mau nanya, panther saya ada bunyi gluduk gluduk pas kondisi jalan basah atau waktu hujan kalo jalan kering gluduk gluduknya hilang, perasaan dari roda belakang, kira kira apa ya.

    BalasHapus
  85. Pak wko saya habis kalibrasi kok getaran meain jadi agak lumayan kencang gitu ,kira2 apanya yg salah ya pak?,trus saya mau alihkan oli meain ke merk shell yg cocok utk ispan lv kapsul2001 apa ya?

    BalasHapus
  86. Pak wko saya habis kalibrasi kok getaran meain jadi agak lumayan kencang gitu ,kira2 apanya yg salah ya pak?,trus saya mau alihkan oli meain ke merk shell yg cocok utk ispan lv kapsul2001 apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa diinfokan seberapa besar getarannya, apakah sampai body mobil ikut bergetar saat mobil berhenti atau hanya suaranya saja? kalau hanya peningkatan getaran dan itu masih dalam tahap normal / tidak mengganggu bisa jadi setelan solar lebih rich (sebelumnya setelan terlalu irit) sehingga performa mesin jadi lebih terasa(imbasnya mesin lebih bergetar). tapi kalau sampai mengganggu berarti bisa juga sekalian diperiksa kondisi enginee mountingnya.
      Kalau oli mesin diesel merek shell bisa pakai yang Shell Rimula

      Hapus
  87. Um buat panter royal 2002 baut enam... Cocok.ny dikasih velk samaan dgn apa... Dan jika dikasi velk 15 set 8 mentok kebodi gak yach pake ban pacul ( alto)...
    Minta saran.ny um buat alto mob panter royal 2002 makasi um eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ikut nimbrung kalau 15 set 8 yang roda belang goser body om

      Hapus
  88. salam phanter pak eko, mohon ijin nimbrung dan minta solusi pak he,
    pak phanter touring 2006 saya ada sedikit kurang nyman di bagian setir dan rem,
    pada saat kecepatan tinggi sekitar 100 km/jm lalu direm pada saat pengerama sangat terasa sekali grodokannya (semacam getaran hebat) terasa pada kaki saya saat menginjak pedal rem, begitu pula pada bagian setir nya terasa bergetar pada saat pengereman tadi, padahal baru sya ganti bering roda nya (kata orang bengkel langganan saya, jadi apakah memang phanter toruing seperti itu ataukah ada yang perlu sya ganti lagi pak (maklum sya baru beli second touring 2006 ini)dan slama ini sya memang memakai mobil bensin, terimakasih pak, smoga bapak ngerti kata kata sya yang belibet he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek Nap roda depan, jk kedudukan laher sdh oblak diganti satu paket nap, laher, ring Kang

      Hapus
  89. pak saya mau tanya.. ispan saya grand royal 97 ada sedikit masalah sewaktu dibuat jalan.. untuk dibuat jalan mobil berasa ngleyot.. kmrn sdh ganti ball joint dan karet² pada body tapi ngleyot nya masih saya rasakan sampe sekarang.. bahkan getaran juga terasa pada stir pak.. kira² apanya ya pak mohon bantuannyaa

    BalasHapus
  90. Pak eko saya bru pakai panther.
    Panther saya LM 2002 tp sdh upgrade tampilan LS.
    Pas mobil kenceng trs di rem setir kdang banting ke kanan.
    Terus pas jlan biasa agak silir ke kiri.
    Dan tiba2 bunyi sprti gesekan di roda depan kanan.
    Mohon pencerahan.nya ya pak Eko

    BalasHapus
  91. Pak eko, maaf mohon informasinya..
    Panther saya 2001 LS 2.5
    Sya punya masalah dengan baut di van bel yg dekat power streing itu sering patah. Kenapa ya pak eko??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin setelan van beltnya terlalu kencang pak..

      Hapus
  92. Assalamualaikum pak eko. Mau tanya pak panther saya kalo dinaiki penumpang dalam keadaan mesin mati ada suara kit kit kit di sebelah roda depan, kira2 apanya ya pak? Terimakasih byk atas jawabannya

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum pak eko. Mau tanya pak panther saya kalo dinaiki penumpang dalam keadaan mesin mati ada suara kit kit kit di sebelah roda depan, kira2 apanya ya pak? Terimakasih byk atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak susah juga ya pak untuk menjawabnya..coba dengarkan langsung dan cari dari mana asal suara tersbut. bisa jadi dari suspensi atau mungkin lainnya..

      Hapus
  94. Salam kenal pak eko,mohon pencerahannya, ini panther saya Ls 2001 kalau dingin enak starterannya tapi kalau panas habis dibuat jalan mesin trs dimatikan, distarter lagi susah hidupnya, bengkel sudah angkat tangan, tolong pencerahannya pak eko, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mintalah bengkel untuk memeriksa kondisi selenoid valvenya..mungkin ada kendala pada alat tersebut.
      Ada kemumgkinan saat mesin panas dan dimatikan selenoid menutup dan ketika ingin distater (mesin masih panas)selenoid tidak mau terbuka sehingga tidak ada bahan bakar yang masuk ke ruang bakar (mesin tidak mau nyala)

      Hapus
  95. pagi pak eko.kucing gunung turing.saya dh 2x ganti baut torsi gara2x pasang bemper modif +/- 40kg..ada solusi ga pak..biar keren tp g masalah..hihi..beli baut torsi bahannya kok kurang mantap gitu..suwun pak..

    BalasHapus
  96. salam kenal pak eko. saya pengguna panther 2.5/05 jenis pick up, panther saya kalau di belokkan ke kanan habis ban sebelah kiri dempet ke stabilizer depan jadi agak tertahan waktu jalan tapi tidak terjadi ketika dibelokkan ke kiri, mohon pencerahannya pak eko terima kasih

    BalasHapus