28 Juli, 2016

Merawat Honda Jazz

Semenjak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2004, Honda Jazz menjadi primadona pada segemen city car. Mobil ini banyak diminati oleh masyarakat karena design eksterior yang bagus dan interior yang lapang (untuk kelas city car). Dari sisi mesin juga memiliki ketangguhan baik yang IDSI maupun VITEC. Namun dengan beriringnya waktu, perlu diketahui oleh para pemilik Jazz akan pentingnya melakukan perawatan kendaraan kesayangan ini. Berikut adalah beberapa langkah untuk merawat Honda Jazz agar tetap nyaman dan aman dikendarai.
1. Lakukan pergantian oli mesin secara teratur, ikuti rekondasi pabrikan dengan menggunakan oli SAE 10-40. untuk jenisnya bisa semi sintetik ataupun full sintetik. sebaiknya pilihlah oli mesin dengan kode API SN. Sekaligus lakukan pergantian filter oli maksimal tiap 15ribu km (3x ganti oli mesin)
2.Periksa selalu air radiator melalui tanki reservoir. pastikan jumlahnya ada pada level antara low-full
3.Bersihkan secara rutin filter udara, semprot dengan angin kompresor. Jika dirasa sudah rusak segeralah diganti.
4.Periksa kondisi busi, jika perlu dilakukan pergantian agar pengapian selalu prima.
5.Periksa dan bersihkan koil. karena koil adalah bagian utama untuk pengapian, sering orang tidak melaksanakan pembersihan koil sehingga performa mesin akan menjadi turun.
6.Periksa kondisi kaki-kaki, perhatikan kondisi lengan (arm) roda depan khususnya karetnya. karena seringnya karet tersebut rusak tanpa disadari. lakukan penggantian segera.
7.Lakukan juga pemeriksaan ball join dan tie rod. jika dirasa ada yang kurang beres dengan setir, sebaiknya lakukan spooring untuk mengetahui apakah ada masalah dengan kaki-kaki sekaligus membuat roda depan kembali align.
8.Periksa kondisi kampas rem depan (cakram) dan belakang (bisa tromol ataupun cakram. jika sudah tipis sebaiknya diganti sepasang. periksa juga oli rem dan masternya apakah ada rembes/bocor. bisa juga dilakukan pemeriksaan dan pembuangan angin dari sistem rem.
9.Cek lampu-lampu, klakson dan kelistrikan mobil lainnya. kondisi accu juga patut diperiksa karena jangan sampai accu sudah soak bisa beraikat mobil tidak bisa stater.
10.Periksa kondisi alternator sebagai pengisi daya listrik accu. periksa tingkat kekencangan dan kondisi beltnya. jika sudah banyak retakan sebaiknya segera diganti baru.
11. Periksa kondisi AC mobil dengan mengukur tingkat kedinginannya. jika AC sudah tidak dingin maka bisa diperiksa tekanan freon. bisa ditambahkan freon sekaligus dibersihkan saluran ACnya.
12.Periksa kondisi wiper mobil anda, karena komponen ini sangat fital apabila turun hujan saat mengemudi. kebanyakan karet wiper sudah keras sehingga menimbulkan bunyi dan tidak efektif menyeka air. ganti karetnya dengan yang baru.
13.Gunakan bahan bakar yang berkualitas (ron 92) agar performa mesin terjaga.. namun apabila memang lebih memilih bahan bakar mutu standart (premium) sebainya rutin melakukan pembersihan filter bensin yang ada didalam tanki bahan bakar.
14.Lakukan perawatan khususnya membersihkan nozel dan ruang bakar dari kerak karbon. karena kerak ini akan menurunkan kinerja mesin. Pembersihan bisa dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya yang paling mudah dan murah adalah dengan menambahkan cairan injector cleaner pada bahan bakar.
Sekian tips perawatan Honda Jazz, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar