16 Januari, 2011

Panther masuk angin


Salam para Panther owner semua, pada posting kali ini saya akan membahas mengenai panther masuk angin. Prinsip utama mesin diesel adalah terjadinya pembakaran akibat tekanan tinggi antara campuran solar dari pompa solar dan udara dari filter udara disemprotkan ke ruang bakar oleh nozzle terkena gerakan piston akan menimbulkan ledakan didalam ruang bakar mesin yang membuat mesin bekerja. Hal ini berbeda dengan mesin bensin yang pembakarannya karena adanya loncatan bunga api dari busi yang menyambar campuran bensin dan udara membuat mesin bekerja.
Jika anda memiliki mmobil diesel misalnya Isuzu Panther, salah satu kendala yang paling sering dijumpai adalah fenomena panther masuk angin. Penyebab utamanya adalah terganggunya aliran solar dari tangki ke ruang bakar akibat adanya udara yang ikut masuk dalam selang menuju ruang pembakaran bersama dengan solar. Hal ini biasanya bermula karena jumlah solar yang ada di tangki BBM kurang dari 1/4 dari daya tampungnya dan akan sangat beresiko ketika panther menempuh perjalan yang berupa medan tanjakan dan turunan. Saat tangki mobil penuh, maka tidak ada udara yang bisa masuk ke tangki, sedangkan dengan semakin berkurangnya jumlah solar di tangki, akan membuat masuknya udara dari tutup tangki lalu udara mengisi ruang yang kosong akibat berkurangnya solar.
Adapun gejala-gejala yang menandakan mobil panther anda masuk angin adalah:
1.Indikator solar biasanya dibawah garis setengah.
2.Mobil menjadi susah dinyalakan, kalaupun berhasil menyala itu hanya beberapa saat saja setelah itu mobil akan mati meskipun pedal gas diinjak. Begitu seterusnya saat anda coba menyalakan mesin kembali.
3.Apabila posisi mobil sedang berjalan, yang terasa adalah terjadi penurunan power mesin secara tiba-tiba, padahal pedal gas tidak dikurangi.Mesin kemudian terasa bertenaga kembali dan tidak berselang lama akan turun lagi powernya sampai panther akan berhenti karena mesin mati.
Apabila anda panther owner sekalian mengalami hal tersebut, maka jangan panik. ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi problem masuk angin:
1.Lihat ke panel penunjuk BBM di dashboard anda, jika posisi jarum dibawah 1/2 dari kapasitas kemungkinan besar adalah masuk angin sedang menyerang panther anda.
2.Putar kinci kontak ke posisi off dan bukalah kap mesin panther anda.
3.Siapkan kuci pas nomor 10 dan putar baut pembuang angin yang ada di pompa tangan (dekat filter solar).

4.Kendorkan saja baut tersebut sampai terlihat lubang kecil di badan baut. tidak perlu anda kendorkan sampai lepas baut tersebut (takut jatuh bahkan bisa hilang malah akan membuat masalah baru).
5.Pompalah beberapa kali pada pompa solar samapi anda lihar solar mengalir keluar melalui lubang baut tersebut. amati adanya gelembung udara yang juga ikut keluar.pompa terus sampai terasa pompa semakin berat dan semua gelembung sudah tidak ada lagi, hanya solar yang mengalir keluar.
6.Kencangkan kembali baut tersebut dan ulangi kembali dengan memompa sampai benar-benar tersa keras pompa solar tersebut.
7.Nyalakan mesin anda sampai menyala, jika berhasil maka mesin akan mudah distater dan tidak ada lagi gejala masuk angin.
8.Lanjutkan perjalanan anda dan carilah SPBU terdekat untuk mengisi solar usahakan bisa full tank.
9.Usahakan selalu mengisi BBM sebelum jarum menunjukkan level 1/2 dari kapasitas untuk menghindari panther masuk angin.
Semoga tips tersebut bisa menambah pengetahuan para Panther owner semua dan bisa melakukan perjalanan tanpa rasa was-was akibat panther masuk angin, pakai sabuk pengaman dan patuhi rambu lalulintas semoga selamat sampai tujuan.

Baca juga artikel terkait lain:
1.Merawat Isuzu Panther
2.Membersihkan Nozel dan Injector Panther
3.Panther berat tarikannya
4.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
5.Merawat Accu
6.Memperbaiki Sein Mati
7.Membersihkan tanki mobil
8.Jenis Oli Mesin
9.Tentang ban mobil
10.Ban mobil benjol
11.Cara mengganti baut roda yang putus

65 komentar:

  1. Bagaimana cara perawatan Nissan Cedric Diesel, trims

    BalasHapus
  2. Kalo panther 91 gak bisa masuk angin ya?kan gak ada pompanya...kalo ada letak pmpanya dimana mas?...oiya apa semua panther tarikannya berat?ada cara modfikasinya?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya memang mesin Diesel memiliki akselerasi yang sedikit lebih lambat dari pada mobil bensin. Hal ini dikarenakan karakter mesin yang memang berbeda. Namun para pemilik mobil diesel jangan berkecil hati, ada banyak cara agar supaya mobil kita jadi lebih ngacir dan bisa mengalahkan mobil bensin. Silahkan simak artikel saya mengenai Panther berat tarikannya..niscaya panther anda akan ngacir abis..

      Hapus
  3. MAS BROW, TRIMS ATAS PENCERAHANNYA....SANGAT MEMBANTU SEKALI....MOHON UPDATE TRUS INFO TENTANG PERMASALAHAN PADA MESIN PANTHER....

    BalasHapus
  4. musti banyak belajar nih,..mau coba melihara panther

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihara Panther dijamin gak bakal nyesel..malah bikin kecanduan..

      Hapus
  5. Makasih mas bro.. bisa jalan normal deh mobil gara2 baca tip anda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan..boleh bagi tips dong kenapa mobilnya dan apa tindakannya?

      Hapus
    2. Sudah saya praktekan Mas Eko, Alhamdulillah 86....terimakasih Mas Eko.

      Hapus
  6. mas saya punya panther PPL tahun 1993 yang mau saya tanyakan :
    1. klo abis oper gigi dari 2 ke 3 lalu digas perlahan laju mobil serasa nyendat-nyendat. kenapa ya mas dan apa solusinya?
    2. istilah PPL itu apa ya mas?
    terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  7. Mas mau tanya donkz kamarin panther saya kok kadang dkontak off mesin masih nyala ada apa ya apanya yg bermasalah tx

    BalasHapus
  8. Mas mau tanya donkz kamarin panther saya kok kadang dkontak off mesin masih nyala ada apa ya apanya yg bermasalah tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar yang rusak adalah selenoid valvenya, sebagaimana diketahui bahwa agar panther dapat menyala ataupun mati berhubungan dengan komponen yang satu ini. Dimana selenoid ini berfungsi sebagai keran yang dapat membuka dan menutup saluran bahan bakar. Jika kontak posisi on maka otomatis selenoid juga akan terbuka dan bahan bakar bisa masuk ke ruang bakar. sebaliknya jika kunci off maka selenoid akan menutup dan bahan bakar akan terhenti sehingga mesin mati. Kemungkinanny adalah valve tsb jebol sehingga meskipun sudah tertutup namun bahan bakar tetap bisa masuk ke ruang bakar sehingga mesin masih menyala.
      Saran saya bawa ke bengkel kepercayaan anda untuk perbaikan ini, karena cukup rumit bongkar pasangnya.

      Hapus
  9. bagaimana cara perawatan panter 2.3cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca lebih detail di Merawat Panther gan..

      Hapus
  10. kenapa oli mesin panter 2.3cc selalu berkurang? gimana solusinya? tlg pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas didi yang terhormat,

      Oli mesin yang selalu berkurang bisa diakibatkan oleh 2 hal, yakni:
      1. Ikut terbakar dalam ruang pembakaran mesin karena ring sekher sudah rusak. Hal ini ditandai dengan asap knalpot yang cenderung putih.
      2. Seal / paking mesin sudah getas atau rapuh sehingga oli menetes dari kolong mesin. Hal ini bisa diamati di lantai garasi anda apakah banyak ceceran oli saat anda parkir dalam waktu cukup lama (semalaman misalnya).

      Solusinya :
      1. Jika ikut terbakar karena ring sekher rusak, maka bawa ke bengkel untuk ganti ring sekher.
      2. jika paking bocor, maka bawa ke bengkel untuk ganti paking yang baru.
      Semoga membantu

      Hapus
  11. Semua postingan sdh saya baca.....sungguh bermanfaat untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan.
    Terima kasih, semoga ini manjadi salah satu amalan yang terus mengalir......yaitu membagi ilmu bermanfaat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih mas M. Sholeh atas doanya.. semoga bermanfaat buat kita semua..

      Hapus
  12. Mobil saya panther higrde tahun egk enak, sy punya masalah, kenapa mobil saya bila di start pertama terdengar suara bunyi macem kaleng kena gesek sekali sekali. tp kl di bawa jalan tidak terdengar lg, Bila berhenti di jalan posisi on juga tidak kedengeran. Sesekali mau kedengeraan, Pokoknya kl start ke dua egk perna terdengar bunyi itu lg mas. Terdengarnya saat start pertama saja. Tolong ya mas ulasan cerahanya, makasih sebelumnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya belum bisa mengidentifikasi kendala yang anda hadapi, mohon untuk diperjelas lebih detail lagi gejala-gejala yang terjadi pada mobil anda..

      Hapus
  13. Terima ksh banyak atas info mengenai Ipan, shg menambah ilmu ttg merawat Ipan sy thn 1997 grand royal, sy mau nanya mobil pss sedang jalan terdengar suara spt obyok di bagian belakang, kira2 ban atau apanya ya pak, mohon penjelasan tks.

    BalasHapus
  14. Terima ksh banyak atas info mengenai Ipan, shg menambah ilmu ttg merawat Ipan sy thn 1997 grand royal, sy mau nanya mobil pss sedang jalan terdengar suara spt obyok di bagian belakang, kira2 ban atau apanya ya pak, mohon penjelasan tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, sepertinya agak sulit mendifinisikan persoalan yang anda hadapi dengan mobilnya. tapi saya akan coba memberikan beberapa saran.
      1.Periksa kondisi shock absorber anda, apakah sudah mati?
      2.Periksa kondisi ban, apakah ada yang gembung?
      3.Periksa kekencangan baut pintu-pintu.
      4.Periksa kondisi gantungan ban serep.

      Hapus
  15. Mau pencerahan mas.mobil saya sering masuk angin.saya sdh ikutin langkah2 di artikel.
    Saya bawa ke bengkel katanya harus setel ulang bospom nya. Membutuhkan wktu 4 hari.saya hrs pakai mobil ini tiap hari. Kalo jalan tanpa pompa solar efeknya apa mas, soalnya kalo langsung ke filter mobilnya lancar gak ada masalah. Mohon penjelasanya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dijelaskan lagi lebih rinci Gan..soalnya ada beberapa hal yang rancu, khususnya pompa solar itu harus ada baru mobil diesel bisa jalan. tanpa pompa solar maka tidak ada bahan bakar yang masuk ruang bakar otomatis tidak terjadi pembakaran dan mesin tidak hidup.
      Urutan jalannya solar dari tanki bahan bakar kemudian masuk ke watersparator lalu masuk ke filter solar baru dia akan masuk ke pompa solar (bospom) lalu ke nozle dan masuk ruang bakar.
      Pompa solar ada juga yang menyebutnya Bospom (Bosch Pump). itu perlu dilakukan kalibrasi atau setel ulang agar komposisi campuran solar dan udara dapat seimbang lagi sehingga mesin akan kembali bagus.
      Kenapa harus dibelikan pompa solar (bospom) yang baru Gan? jarang sekali kejadian mobil Panther rusak pompa solar dan harus ganti pompa solar baru.

      Hapus
    2. Thank atas jawabanya.
      Jadi begini mas ceritanya, phanter saya sering kali masuk angin,mobil dihidupkan bisa hidup tp selang 4menit di injak gas malah mati mobilnya.aku cek pompa solarnya kalo ditekan selalu lemah.perkiraan saya pompa solar dan filter solar nya minta ganti.lalu saya belikan baru, tapi problemnya tetap sama gak ada perubahan. Tp kalo pompa solar tdk saya pasang, dari tangki solar langsung ke filtersolar, mesinya hidup dengan bagus dan normal.sampai skr saya pakai mobil tanpa pompa solar. Efeknya di mobil jalan tanpa pompa solar.

      Hapus
  16. Mohon pertanyaan saya ini dijawab agar saya nyaman, begini mas wijanarko, panther ane grand royal 97, setiap kali mau masuk gigi 2 ke 3 selalu ada bunyi kreeeeeeek padahal kopling sudah diinjak dalam banget, kemudian gigi 3 dan 4 kadang kadang netral sendiri , Nah begitu juga kalau mau kembali dari gigi 4 ke 3 juga bunyi kreeeeeek,..sebenarnya masalahnya dimana? lari masih 120 Km/jam, apakah yg rusak matahari atau kampas kopling aus...mohon pencerahanya..ditunggu terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar yang bermasalah adalah gigi sinkromes (semacam sistem yang mengatur perpindahan gigi/tingkat percepatan). Solusinya bongkar gearbox dan servis/ganti gigi sinkromes. Persoalan ini tidak berkait dengan kopling.

      Hapus
  17. Mohon solusinya Bos...
    Bagaimana mengatasi mobil panter LV 25 Th 2001 saya yg tiba2 mati ditengah perjalanan, akan tetapi begitu di star kembali bs langsung nyala & normal. Tp setelah berjalan beberapa menit kemudian hal itu kembali terjadi, selalu saja mati mesinnya.

    BalasHapus
  18. Saya jg sudah ganti ke 3 filternya, solar dalam tangkinya jg penuh. Tp selalu saja begitu, saya sudah putus asa utk mengatasinya. Saya sangat mengharap solusi ataupun pencerahan dr Mas utk mengatasi masalah panter saya ini. Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakukan turun tanki bahan bakar..kuras tanki dan lihat apakah ada benda mencurigakan. kemungkinan ada yang menyumbat saluran bahan bakar. beberapa pengalaman memang sering tissue atau plastik yang menyumbatnya karena orang iseng. Bersihkandan kuras tanki bahan baklar tersebut. semoga membantu

      Hapus
  19. mohon solusinya mas eko,,punya saya panther higrade 97 direct injeksion ,,,saya mau tanya,apa ada efek jika dari tanki ,solar langsung ke filter dan tanpa melalui pompa tangan???
    semua yg mas eko anjurkan melalui blog ini sudah saya lakukan ,tapi panther saya tidak stasioner dan sering mati ditengah jalan
    makasih mas eko mohon dijawab

    BalasHapus
  20. mohon solusinya mas eko,,punya saya panther higrade 97 direct injeksion ,,,saya mau tanya,apa ada efek jika dari tanki ,solar langsung ke filter dan tanpa melalui pompa tangan???
    semua yg mas eko anjurkan melalui blog ini sudah saya lakukan ,tapi panther saya tidak stasioner dan sering mati ditengah jalan
    makasih mas eko mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda membaypass selang solar tanpa lewat pompa solar / water sedimentator, maka efek yang berbahaya masuknya air (yang tercampur dalam solar baik berasal dari SPBU atau dari Tanki mobil) ke dalam ruang bakar akan bakibat kerusakan mesin (water hammer), dimana lengan piston bisa patah

      Hapus
  21. Salam buat mas EKO, hari ini saya ada masalah dengan transmisi ane mas, tadi aku bawa kebengkel dan diturunin perseneling, ternyata gigi 3,4,5 bermasalah, akhirnya saya ganti semua dengan yang baru, stetelah sama bengkel dipasang malah terjadi loncat pada gigi 3, padahal sebelum dibongkar bengkel ngk pernah loncat hanya bunyi kreeeeeeek saat perpindahan gigi dari 2 ke 3 dan 4 ke 3, akhirnya bengkel bilang harus diturunin lagi, saya kwatir mas, kalau masalah itu tidak selesai apa solusinya ya mas? mobil sekarang nginep dibengkel. mohon pencerahanya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk urusan perbaikan gigi perseneling memang dibutuhkan bengkel yang ahli dalam hal tersebut (spesialis servis transmisi) karena jika salah memasang maka akibatnya ya seperti itu. Tidak usah khawatir itu karena ada kesalahan pemasangan saja. jika sudah diperbaiki dan pas maka mobil akan normal kembali

      Hapus
  22. Aris Wonosobo
    Ass..Wr.. Wb... mas mau nanya nih aku punya panther royal 99, akhir-akhir ini klo distarter awal mesin mudah dihidupkan namun deru mesin sering naik turun kaya mau mati trus kenceng lagi dan klo memanasi mesin harus lama klo tidak pas dijlankan mesin mau mati walau pedal diinjak, dan klo dan jalan kluar asap putih pekat, namun beberapa saat hilang...kira2 probelm apa ya mas ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu gejala masuk angin..lakukan langkah buang angin, dan ganti filter solar dengan yang baru

      Hapus
  23. Aris Wonosobo
    Trims mas atas sarannya.

    BalasHapus
  24. mohon solusinya mas eko,, punya saya panther grand royal 97 direct injeksion ,,,saya mau tanya, masalahya jika pagi-pagi dihidupkan susah sekali seperti kekurangan ispan solarnya dan keluar asap putih tapi kalau sudah dibawa jalan agak lama mesinnya seperti tidak bermasalah dan asap putihnya menjadi hitam, sudah saya bawa ke bengkel kemana saja katanya maslahnya di pompa solarnya/pompa tangan. dan itu sudah saya belikan yang baru, knoselnyapun sudah dibersihkan. tapi sampai sekarang maasih susah dihidupkan jika pagi hari/mesin keadaan berhenti lama saya mohon masukannya,
    salam kenal dari saya mas eko. mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini banyak dialami oleh para pengguna panther. lakukan ritual buang angin. setelah itu anda perbesar tuas gas yang ada di dashboard dengan memutar searah jarum jam. semoga membantu

      Hapus
  25. mas. saya mau nanya letak nomor rangka dan nomor mesin panther grand royal 96 dimana ya? trims

    BalasHapus
  26. Mas Eko,..mau nanya :
    Saya barusan beli Panther LV 2014 :
    1. Gimana cara perawatan yang bener mesin diesel shg ttp awet dan tidak ngepul hitam knalpotnya?
    2. untuk pemakaian jangka panjang dan asap tidak ngepul hitam, jenis solar yang direkomendasikan itu apa, biosolar atau pertadex/shell ?
    3. Apakah Panther 2014 masih ada kemungkinan "masuk Angin" ? kalo iya, gmn cara mencegahnya ?

    Terima kasih atas jawaban dan saranya..


    wahyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara perawatan bisa dibaca di artikel "merawat panther" disana saya tuliskan tips untuk merawat panther kesayangan. Asap mengepul hitam itu karena setelan pembakaran tidak sesuai, jadi bukan karena jenis solarnya. Bawa ke bengkel dan minta disetel ulang campuran solar dan anginnya. Panther 2014 masih bisa terkena masuk angin karena mesin panther masih menggunakan mesin diesel generasi lama (belum commonrail). Cara mengatasi masuk angin, bisa baca artikel "Panther masuk angin"

      Hapus
  27. salam kenal mas Eko..
    saya baru beli mobil panther pick up tahun 2005. nah saya baru saja menggantikan oli porsneling kok tiba2 perpindahan dari gigi 2 ke 3 jadi bunyi yang tadinya gak bunyi sebelum saya ganti oli porsneling. tolong pencerahannya mas.. jika harus masuk bengkel kira2 berapa ya biayanya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,,kok bisa ya mas..harusnya setelah ganti oli akan lebih enak tuh pindah giginya..mungkin oli persenelingnya gak sesuai atau juga volume kurang atau berlebih. coba bengkelnya suruh cek lagi..

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. NUMPANG TANYA MAS EKO .....
    Phanter saya tahun 96, 2300 cc, masalahnya pada lubang angin depan keluar asap putih dan oli menetes walaupun sedikit dan tarikannya untuk di tanjakan kurang (oli berkurang 1/2 liter untuk 3000 km)
    kira-kira apa ya penyebabnya . Atas jawabannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hal yang wajar mas..ganti filter udara dan filter solarnya dengan yang baru. semoga Panthernya bertenaga lagi. kalau oli berkurang dengan cepat itu bisa jadi karena ada kebocoran sheal mesin atau juga terjadi kerusakan di ring piston sehingga oli ikut terbakar.

      Hapus
  30. malam pak eko. panther saya tahun 2000 . sebelumnya sudah distel irit, mesin halus tarikan lumayan tapi belakangan ini tiba tiba muncul masalah. masalahnya pada tarikan yang loyo, maximum hanya mampu pada tarikan 2,5 - 3 RPM pada setiap gigi, baik pada gigi 1, gig 2 , gigi 3 ,gigi 4. akibatnya tidak bisa lari , tidak mbisa mendahului kendaraaan yang lemot di depan. kalo dipaksakan misal dengan injak gas poll, tetap tidak bisa melebihi angka 3 pada RPM . kenapa begitu ya pak ? mohon sarannya ,karena hal ini sangat teramat mengganggu.. terima kasih sebelumnya ..

    BalasHapus
  31. Siang pak,saya mau tanya saya punya panther hi sporty 99, waktu lg jalan mesin tiba2 mati,didorong ga mau nyala juga,dinamo starter sy cek gada masalah,sampe skrg mesin msh gabisa nyala sama sekali,kira2 kenapa ya pak?mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya adalah karena solar tidak bisa masuk ke ruang bakar, bisa jadi pompa solar (bosch pump) jebol atau selenoidnya rusak tidak mau buka.

      Hapus
  32. Mas bro terimakasih banyak atas artikel panther masuk anginya, saya awam mesin diesel saya fikir panther masuk angin harus dikerok? :D tadi malam panther saya mendadak turun powernya saat tanjakan jonggol menuju cariu,sampai mesin saya mati, saya hidupkan kembali sangat sulit taoi akhirnya bisa dan sampai tujuan karena tidak mnemukan tanjakan dan saya tidak terlalu menekan pedal gas. Semalaman saya baca artikel mas bro.Lalu saya praktekan . alhamdulillah tadi saya tes beberapa kali tanjakan terjal berhasil. Saya mengucapkan banyak terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat. Salam panther owner

    BalasHapus
  33. mobil lv turbo 2007 sering mati mesin bila jalan bila jalannya digenjot. tp klo stasioner atau nggring tdk mogok. nozzle sdh dibersihkn, tangki solar solar sdh dibersihkn, saringan solar,oli,udara sdh diganti. bahkan pompanya sdh diganti. kt teknisi bospomnya yg rusak. krn kosong tdk ada solar.mhn penjelasannya. dimana bengkel bospom yg baik di surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wilayah Surabaya saya kurang tahu, kalau di Malang ada di Dinoyo (rekomendasi para rekan-rekan pecinta Panther lainnya)

      Hapus
  34. mobil lv turbo 2007 sering mati mesin bila jalan bila jalannya digenjot. tp klo stasioner atau nggring tdk mogok. nozzle sdh dibersihkn, tangki solar solar sdh dibersihkn, saringan solar,oli,udara sdh diganti. bahkan pompanya sdh diganti. kt teknisi bospomnya yg rusak. krn kosong tdk ada solar.mhn penjelasannya.mhn penjelasannya. takutnya sy bila bos[omnya sdh diganti tp masih rusak gmn? seperti katanya pompanya rusak. sd sy belikan pompa baru tetap saja rusak. skrg malahan dibilang bospomnya. mhn mas eko bisa memberikan penjelasan apa yg harus sy lakukan

    BalasHapus
  35. mobil sy hi grade96 sering masuk angin kata teknisinya bosch pumpnya hrs di kalibrasi katanya,krn ada kebocoran pd bosch pumpnya,sebelumnya di coba di ganti pompa BB dan filternya tp tetap masuk angin sampai tangkinya sy kuras tetapi jika tanpa filter kondisi mesin normal,apa benar bosch pumpx hrs di kalibrasi?apa efeknya jika mesin jalan tanpa melalui filter?

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Maaf, komen terhapus karena salah pencet.
    Mas Eko,
    1. Panther 2500cc/thn 2000 mesinnya berbunyi kletek-kletek tapi beberapa saat akan hilang. Apa penyebab, akibat dan bagaimana solusinya?
    2. Akselerasi masih lumayan tapi tidak sebagus saat baru namun sekarang boros BBM, terlebih kalau AC dihidupkan. Bagaimana solusinya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  38. bagaimana solusi jika solar keluar dari celah" tempat memompa solar !
    soalnya milik saya solarnya keluar dari situ terus , dan berakibat sering masuk angin dan memel ketika pagi

    BalasHapus