16 Januari, 2011

Panther masuk angin


Salam para Panther owner semua, pada posting kali ini saya akan membahas mengenai panther masuk angin. Prinsip utama mesin diesel adalah terjadinya pembakaran akibat tekanan tinggi antara campuran solar dari pompa solar dan udara dari filter udara disemprotkan ke ruang bakar oleh nozzle terkena gerakan piston akan menimbulkan ledakan didalam ruang bakar mesin yang membuat mesin bekerja. Hal ini berbeda dengan mesin bensin yang pembakarannya karena adanya loncatan bunga api dari busi yang menyambar campuran bensin dan udara membuat mesin bekerja.
Jika anda memiliki mmobil diesel misalnya Isuzu Panther, salah satu kendala yang paling sering dijumpai adalah fenomena panther masuk angin. Penyebab utamanya adalah terganggunya aliran solar dari tangki ke ruang bakar akibat adanya udara yang ikut masuk dalam selang menuju ruang pembakaran bersama dengan solar. Hal ini biasanya bermula karena jumlah solar yang ada di tangki BBM kurang dari 1/4 dari daya tampungnya dan akan sangat beresiko ketika panther menempuh perjalan yang berupa medan tanjakan dan turunan. Saat tangki mobil penuh, maka tidak ada udara yang bisa masuk ke tangki, sedangkan dengan semakin berkurangnya jumlah solar di tangki, akan membuat masuknya udara dari tutup tangki lalu udara mengisi ruang yang kosong akibat berkurangnya solar.
Adapun gejala-gejala yang menandakan mobil panther anda masuk angin adalah:
1.Indikator solar biasanya dibawah garis setengah.
2.Mobil menjadi susah dinyalakan, kalaupun berhasil menyala itu hanya beberapa saat saja setelah itu mobil akan mati meskipun pedal gas diinjak. Begitu seterusnya saat anda coba menyalakan mesin kembali.
3.Apabila posisi mobil sedang berjalan, yang terasa adalah terjadi penurunan power mesin secara tiba-tiba, padahal pedal gas tidak dikurangi.Mesin kemudian terasa bertenaga kembali dan tidak berselang lama akan turun lagi powernya sampai panther akan berhenti karena mesin mati.
Apabila anda panther owner sekalian mengalami hal tersebut, maka jangan panik. ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi problem masuk angin:
1.Lihat ke panel penunjuk BBM di dashboard anda, jika posisi jarum dibawah 1/2 dari kapasitas kemungkinan besar adalah masuk angin sedang menyerang panther anda.
2.Putar kinci kontak ke posisi off dan bukalah kap mesin panther anda.
3.Siapkan kuci pas nomor 10 dan putar baut pembuang angin yang ada di pompa tangan (dekat filter solar).

4.Kendorkan saja baut tersebut sampai terlihat lubang kecil di badan baut. tidak perlu anda kendorkan sampai lepas baut tersebut (takut jatuh bahkan bisa hilang malah akan membuat masalah baru).
5.Pompalah beberapa kali pada pompa solar samapi anda lihar solar mengalir keluar melalui lubang baut tersebut. amati adanya gelembung udara yang juga ikut keluar.pompa terus sampai terasa pompa semakin berat dan semua gelembung sudah tidak ada lagi, hanya solar yang mengalir keluar.
6.Kencangkan kembali baut tersebut dan ulangi kembali dengan memompa sampai benar-benar tersa keras pompa solar tersebut.
7.Nyalakan mesin anda sampai menyala, jika berhasil maka mesin akan mudah distater dan tidak ada lagi gejala masuk angin.
8.Lanjutkan perjalanan anda dan carilah SPBU terdekat untuk mengisi solar usahakan bisa full tank.
9.Usahakan selalu mengisi BBM sebelum jarum menunjukkan level 1/2 dari kapasitas untuk menghindari panther masuk angin.
Semoga tips tersebut bisa menambah pengetahuan para Panther owner semua dan bisa melakukan perjalanan tanpa rasa was-was akibat panther masuk angin, pakai sabuk pengaman dan patuhi rambu lalulintas semoga selamat sampai tujuan.

Baca juga artikel terkait lain:
1.Merawat Isuzu Panther
2.Membersihkan Nozel dan Injector Panther
3.Panther berat tarikannya
4.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
5.Merawat Accu
6.Memperbaiki Sein Mati
7.Membersihkan tanki mobil
8.Jenis Oli Mesin
9.Tentang ban mobil
10.Ban mobil benjol
11.Cara mengganti baut roda yang putus

137 komentar:

  1. Bagaimana cara perawatan Nissan Cedric Diesel, trims

    BalasHapus
  2. Kalo panther 91 gak bisa masuk angin ya?kan gak ada pompanya...kalo ada letak pmpanya dimana mas?...oiya apa semua panther tarikannya berat?ada cara modfikasinya?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya memang mesin Diesel memiliki akselerasi yang sedikit lebih lambat dari pada mobil bensin. Hal ini dikarenakan karakter mesin yang memang berbeda. Namun para pemilik mobil diesel jangan berkecil hati, ada banyak cara agar supaya mobil kita jadi lebih ngacir dan bisa mengalahkan mobil bensin. Silahkan simak artikel saya mengenai Panther berat tarikannya..niscaya panther anda akan ngacir abis..

      Hapus
    2. mas eko mau mau nanya dulu mas,,,kebetulan saya punya mobil panther 2,3 thn 95, 3 hari ini mobil saya susah start alias masuk angin, mesin mau nyenduk2x,, sama seperti yang saya baca diblok mas eko, dan saya suda coba tapi selalu seperti itu,,,terahkir saya baca ke bengkel,, dibuka kap ternya pompa katanya suda bocor terus katanya harus ganti jd saya beli baru dngn hrg 400 rb yg baru,, setelah diganti ternyata mobilnya tetap seperti itu tidak ada perubahan ,,terakhir saya da bingung mas,
      yg saya tanya mas kira 2x dimanA permasalahan nya dimana MAS? MOHON BANTUAN MAS EKO TERIMAKASSIH BANYAK

      Hapus
    3. mas eko mau mau nanya dulu mas,,,kebetulan saya punya mobil panther 2,3 thn 95, 3 hari ini mobil saya susah start alias masuk angin, mesin mau nyenduk2x,, sama seperti yang saya baca diblok mas eko, dan saya suda coba tapi selalu seperti itu,,,terahkir saya baca ke bengkel,, dibuka kap ternya pompa katanya suda bocor terus katanya harus ganti jd saya beli baru dngn hrg 400 rb yg baru,, setelah diganti ternyata mobilnya tetap seperti itu tidak ada perubahan ,,terakhir saya da bingung mas,
      yg saya tanya mas kira 2x dimanA permasalahan nya dimana MAS? MOHON BANTUAN MAS EKO TERIMAKASSIH BANYAK

      Hapus
  3. MAS BROW, TRIMS ATAS PENCERAHANNYA....SANGAT MEMBANTU SEKALI....MOHON UPDATE TRUS INFO TENTANG PERMASALAHAN PADA MESIN PANTHER....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya bos .mobil panther saya baru di servis kemarin terus pagi nya mau di hidupin kok gak bisa malah mati di stater gak bisa. kenapa ya ...

      Hapus
  4. musti banyak belajar nih,..mau coba melihara panther

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihara Panther dijamin gak bakal nyesel..malah bikin kecanduan..

      Hapus
  5. Makasih mas bro.. bisa jalan normal deh mobil gara2 baca tip anda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan..boleh bagi tips dong kenapa mobilnya dan apa tindakannya?

      Hapus
    2. Sudah saya praktekan Mas Eko, Alhamdulillah 86....terimakasih Mas Eko.

      Hapus
  6. mas saya punya panther PPL tahun 1993 yang mau saya tanyakan :
    1. klo abis oper gigi dari 2 ke 3 lalu digas perlahan laju mobil serasa nyendat-nyendat. kenapa ya mas dan apa solusinya?
    2. istilah PPL itu apa ya mas?
    terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  7. Mas mau tanya donkz kamarin panther saya kok kadang dkontak off mesin masih nyala ada apa ya apanya yg bermasalah tx

    BalasHapus
  8. Mas mau tanya donkz kamarin panther saya kok kadang dkontak off mesin masih nyala ada apa ya apanya yg bermasalah tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar yang rusak adalah selenoid valvenya, sebagaimana diketahui bahwa agar panther dapat menyala ataupun mati berhubungan dengan komponen yang satu ini. Dimana selenoid ini berfungsi sebagai keran yang dapat membuka dan menutup saluran bahan bakar. Jika kontak posisi on maka otomatis selenoid juga akan terbuka dan bahan bakar bisa masuk ke ruang bakar. sebaliknya jika kunci off maka selenoid akan menutup dan bahan bakar akan terhenti sehingga mesin mati. Kemungkinanny adalah valve tsb jebol sehingga meskipun sudah tertutup namun bahan bakar tetap bisa masuk ke ruang bakar sehingga mesin masih menyala.
      Saran saya bawa ke bengkel kepercayaan anda untuk perbaikan ini, karena cukup rumit bongkar pasangnya.

      Hapus
    2. Om Eko menyambung pertanyaan yang tadi, kalo semisal selenoid valvenya bermasalah (tidak menutup sempurna) apakah bisa memungkinkan mesin jadi masuk angin?

      Hapus
    3. Om Eko menyambung pertanyaan yang tadi, kalo semisal selenoid valvenya bermasalah (tidak menutup sempurna) apakah bisa memungkinkan mesin jadi masuk angin?

      Hapus
  9. bagaimana cara perawatan panter 2.3cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca lebih detail di Merawat Panther gan..

      Hapus
  10. kenapa oli mesin panter 2.3cc selalu berkurang? gimana solusinya? tlg pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas didi yang terhormat,

      Oli mesin yang selalu berkurang bisa diakibatkan oleh 2 hal, yakni:
      1. Ikut terbakar dalam ruang pembakaran mesin karena ring sekher sudah rusak. Hal ini ditandai dengan asap knalpot yang cenderung putih.
      2. Seal / paking mesin sudah getas atau rapuh sehingga oli menetes dari kolong mesin. Hal ini bisa diamati di lantai garasi anda apakah banyak ceceran oli saat anda parkir dalam waktu cukup lama (semalaman misalnya).

      Solusinya :
      1. Jika ikut terbakar karena ring sekher rusak, maka bawa ke bengkel untuk ganti ring sekher.
      2. jika paking bocor, maka bawa ke bengkel untuk ganti paking yang baru.
      Semoga membantu

      Hapus
    2. mas kalo kenalpot asap jg normal di selang udara jg gak keluar asap oli kok tetap berkurang ya, panther saya thn 94 padahal tarikan jg kecpatan jg normal, makasih

      Hapus
    3. ada rembesan oli dibawah kolong mesin gak? paling mudah setiap habis parkir lihatlah apakah ada bekas tetesan oli di lantai, kalau ada berarti ada kebocoran pada packing mesin.

      Hapus
    4. tidak ada yg rembes pak lantai kering cuma berkurang sedikit kalo saya cek di stik dalam sebulan berkurang setengah liter mobil dipakai 2 hari sekali, packing mesin baru normal semua, kira2 solusinya gmn pak padahal lari 100 lebih masih enteng. gmn solusinya pak eko ???? terimakasih

      Hapus
  11. Semua postingan sdh saya baca.....sungguh bermanfaat untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan.
    Terima kasih, semoga ini manjadi salah satu amalan yang terus mengalir......yaitu membagi ilmu bermanfaat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih mas M. Sholeh atas doanya.. semoga bermanfaat buat kita semua..

      Hapus
  12. Mobil saya panther higrde tahun egk enak, sy punya masalah, kenapa mobil saya bila di start pertama terdengar suara bunyi macem kaleng kena gesek sekali sekali. tp kl di bawa jalan tidak terdengar lg, Bila berhenti di jalan posisi on juga tidak kedengeran. Sesekali mau kedengeraan, Pokoknya kl start ke dua egk perna terdengar bunyi itu lg mas. Terdengarnya saat start pertama saja. Tolong ya mas ulasan cerahanya, makasih sebelumnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya belum bisa mengidentifikasi kendala yang anda hadapi, mohon untuk diperjelas lebih detail lagi gejala-gejala yang terjadi pada mobil anda..

      Hapus
  13. Terima ksh banyak atas info mengenai Ipan, shg menambah ilmu ttg merawat Ipan sy thn 1997 grand royal, sy mau nanya mobil pss sedang jalan terdengar suara spt obyok di bagian belakang, kira2 ban atau apanya ya pak, mohon penjelasan tks.

    BalasHapus
  14. Terima ksh banyak atas info mengenai Ipan, shg menambah ilmu ttg merawat Ipan sy thn 1997 grand royal, sy mau nanya mobil pss sedang jalan terdengar suara spt obyok di bagian belakang, kira2 ban atau apanya ya pak, mohon penjelasan tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, sepertinya agak sulit mendifinisikan persoalan yang anda hadapi dengan mobilnya. tapi saya akan coba memberikan beberapa saran.
      1.Periksa kondisi shock absorber anda, apakah sudah mati?
      2.Periksa kondisi ban, apakah ada yang gembung?
      3.Periksa kekencangan baut pintu-pintu.
      4.Periksa kondisi gantungan ban serep.

      Hapus
  15. Mau pencerahan mas.mobil saya sering masuk angin.saya sdh ikutin langkah2 di artikel.
    Saya bawa ke bengkel katanya harus setel ulang bospom nya. Membutuhkan wktu 4 hari.saya hrs pakai mobil ini tiap hari. Kalo jalan tanpa pompa solar efeknya apa mas, soalnya kalo langsung ke filter mobilnya lancar gak ada masalah. Mohon penjelasanya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dijelaskan lagi lebih rinci Gan..soalnya ada beberapa hal yang rancu, khususnya pompa solar itu harus ada baru mobil diesel bisa jalan. tanpa pompa solar maka tidak ada bahan bakar yang masuk ruang bakar otomatis tidak terjadi pembakaran dan mesin tidak hidup.
      Urutan jalannya solar dari tanki bahan bakar kemudian masuk ke watersparator lalu masuk ke filter solar baru dia akan masuk ke pompa solar (bospom) lalu ke nozle dan masuk ruang bakar.
      Pompa solar ada juga yang menyebutnya Bospom (Bosch Pump). itu perlu dilakukan kalibrasi atau setel ulang agar komposisi campuran solar dan udara dapat seimbang lagi sehingga mesin akan kembali bagus.
      Kenapa harus dibelikan pompa solar (bospom) yang baru Gan? jarang sekali kejadian mobil Panther rusak pompa solar dan harus ganti pompa solar baru.

      Hapus
    2. Thank atas jawabanya.
      Jadi begini mas ceritanya, phanter saya sering kali masuk angin,mobil dihidupkan bisa hidup tp selang 4menit di injak gas malah mati mobilnya.aku cek pompa solarnya kalo ditekan selalu lemah.perkiraan saya pompa solar dan filter solar nya minta ganti.lalu saya belikan baru, tapi problemnya tetap sama gak ada perubahan. Tp kalo pompa solar tdk saya pasang, dari tangki solar langsung ke filtersolar, mesinya hidup dengan bagus dan normal.sampai skr saya pakai mobil tanpa pompa solar. Efeknya di mobil jalan tanpa pompa solar.

      Hapus
  16. Mohon pertanyaan saya ini dijawab agar saya nyaman, begini mas wijanarko, panther ane grand royal 97, setiap kali mau masuk gigi 2 ke 3 selalu ada bunyi kreeeeeeek padahal kopling sudah diinjak dalam banget, kemudian gigi 3 dan 4 kadang kadang netral sendiri , Nah begitu juga kalau mau kembali dari gigi 4 ke 3 juga bunyi kreeeeeek,..sebenarnya masalahnya dimana? lari masih 120 Km/jam, apakah yg rusak matahari atau kampas kopling aus...mohon pencerahanya..ditunggu terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar yang bermasalah adalah gigi sinkromes (semacam sistem yang mengatur perpindahan gigi/tingkat percepatan). Solusinya bongkar gearbox dan servis/ganti gigi sinkromes. Persoalan ini tidak berkait dengan kopling.

      Hapus
  17. Mohon solusinya Bos...
    Bagaimana mengatasi mobil panter LV 25 Th 2001 saya yg tiba2 mati ditengah perjalanan, akan tetapi begitu di star kembali bs langsung nyala & normal. Tp setelah berjalan beberapa menit kemudian hal itu kembali terjadi, selalu saja mati mesinnya.

    BalasHapus
  18. Saya jg sudah ganti ke 3 filternya, solar dalam tangkinya jg penuh. Tp selalu saja begitu, saya sudah putus asa utk mengatasinya. Saya sangat mengharap solusi ataupun pencerahan dr Mas utk mengatasi masalah panter saya ini. Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakukan turun tanki bahan bakar..kuras tanki dan lihat apakah ada benda mencurigakan. kemungkinan ada yang menyumbat saluran bahan bakar. beberapa pengalaman memang sering tissue atau plastik yang menyumbatnya karena orang iseng. Bersihkandan kuras tanki bahan baklar tersebut. semoga membantu

      Hapus
  19. mohon solusinya mas eko,,punya saya panther higrade 97 direct injeksion ,,,saya mau tanya,apa ada efek jika dari tanki ,solar langsung ke filter dan tanpa melalui pompa tangan???
    semua yg mas eko anjurkan melalui blog ini sudah saya lakukan ,tapi panther saya tidak stasioner dan sering mati ditengah jalan
    makasih mas eko mohon dijawab

    BalasHapus
  20. mohon solusinya mas eko,,punya saya panther higrade 97 direct injeksion ,,,saya mau tanya,apa ada efek jika dari tanki ,solar langsung ke filter dan tanpa melalui pompa tangan???
    semua yg mas eko anjurkan melalui blog ini sudah saya lakukan ,tapi panther saya tidak stasioner dan sering mati ditengah jalan
    makasih mas eko mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda membaypass selang solar tanpa lewat pompa solar / water sedimentator, maka efek yang berbahaya masuknya air (yang tercampur dalam solar baik berasal dari SPBU atau dari Tanki mobil) ke dalam ruang bakar akan bakibat kerusakan mesin (water hammer), dimana lengan piston bisa patah

      Hapus
  21. Salam buat mas EKO, hari ini saya ada masalah dengan transmisi ane mas, tadi aku bawa kebengkel dan diturunin perseneling, ternyata gigi 3,4,5 bermasalah, akhirnya saya ganti semua dengan yang baru, stetelah sama bengkel dipasang malah terjadi loncat pada gigi 3, padahal sebelum dibongkar bengkel ngk pernah loncat hanya bunyi kreeeeeeek saat perpindahan gigi dari 2 ke 3 dan 4 ke 3, akhirnya bengkel bilang harus diturunin lagi, saya kwatir mas, kalau masalah itu tidak selesai apa solusinya ya mas? mobil sekarang nginep dibengkel. mohon pencerahanya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk urusan perbaikan gigi perseneling memang dibutuhkan bengkel yang ahli dalam hal tersebut (spesialis servis transmisi) karena jika salah memasang maka akibatnya ya seperti itu. Tidak usah khawatir itu karena ada kesalahan pemasangan saja. jika sudah diperbaiki dan pas maka mobil akan normal kembali

      Hapus
  22. Aris Wonosobo
    Ass..Wr.. Wb... mas mau nanya nih aku punya panther royal 99, akhir-akhir ini klo distarter awal mesin mudah dihidupkan namun deru mesin sering naik turun kaya mau mati trus kenceng lagi dan klo memanasi mesin harus lama klo tidak pas dijlankan mesin mau mati walau pedal diinjak, dan klo dan jalan kluar asap putih pekat, namun beberapa saat hilang...kira2 probelm apa ya mas ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu gejala masuk angin..lakukan langkah buang angin, dan ganti filter solar dengan yang baru

      Hapus
  23. Aris Wonosobo
    Trims mas atas sarannya.

    BalasHapus
  24. mohon solusinya mas eko,, punya saya panther grand royal 97 direct injeksion ,,,saya mau tanya, masalahya jika pagi-pagi dihidupkan susah sekali seperti kekurangan ispan solarnya dan keluar asap putih tapi kalau sudah dibawa jalan agak lama mesinnya seperti tidak bermasalah dan asap putihnya menjadi hitam, sudah saya bawa ke bengkel kemana saja katanya maslahnya di pompa solarnya/pompa tangan. dan itu sudah saya belikan yang baru, knoselnyapun sudah dibersihkan. tapi sampai sekarang maasih susah dihidupkan jika pagi hari/mesin keadaan berhenti lama saya mohon masukannya,
    salam kenal dari saya mas eko. mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini banyak dialami oleh para pengguna panther. lakukan ritual buang angin. setelah itu anda perbesar tuas gas yang ada di dashboard dengan memutar searah jarum jam. semoga membantu

      Hapus
    2. mohon di kasih foto tuas gas itu bagaian mana, terima kasih

      Hapus
  25. mas. saya mau nanya letak nomor rangka dan nomor mesin panther grand royal 96 dimana ya? trims

    BalasHapus
  26. Mas Eko,..mau nanya :
    Saya barusan beli Panther LV 2014 :
    1. Gimana cara perawatan yang bener mesin diesel shg ttp awet dan tidak ngepul hitam knalpotnya?
    2. untuk pemakaian jangka panjang dan asap tidak ngepul hitam, jenis solar yang direkomendasikan itu apa, biosolar atau pertadex/shell ?
    3. Apakah Panther 2014 masih ada kemungkinan "masuk Angin" ? kalo iya, gmn cara mencegahnya ?

    Terima kasih atas jawaban dan saranya..


    wahyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara perawatan bisa dibaca di artikel "merawat panther" disana saya tuliskan tips untuk merawat panther kesayangan. Asap mengepul hitam itu karena setelan pembakaran tidak sesuai, jadi bukan karena jenis solarnya. Bawa ke bengkel dan minta disetel ulang campuran solar dan anginnya. Panther 2014 masih bisa terkena masuk angin karena mesin panther masih menggunakan mesin diesel generasi lama (belum commonrail). Cara mengatasi masuk angin, bisa baca artikel "Panther masuk angin"

      Hapus
  27. salam kenal mas Eko..
    saya baru beli mobil panther pick up tahun 2005. nah saya baru saja menggantikan oli porsneling kok tiba2 perpindahan dari gigi 2 ke 3 jadi bunyi yang tadinya gak bunyi sebelum saya ganti oli porsneling. tolong pencerahannya mas.. jika harus masuk bengkel kira2 berapa ya biayanya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,,kok bisa ya mas..harusnya setelah ganti oli akan lebih enak tuh pindah giginya..mungkin oli persenelingnya gak sesuai atau juga volume kurang atau berlebih. coba bengkelnya suruh cek lagi..

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. NUMPANG TANYA MAS EKO .....
    Phanter saya tahun 96, 2300 cc, masalahnya pada lubang angin depan keluar asap putih dan oli menetes walaupun sedikit dan tarikannya untuk di tanjakan kurang (oli berkurang 1/2 liter untuk 3000 km)
    kira-kira apa ya penyebabnya . Atas jawabannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hal yang wajar mas..ganti filter udara dan filter solarnya dengan yang baru. semoga Panthernya bertenaga lagi. kalau oli berkurang dengan cepat itu bisa jadi karena ada kebocoran sheal mesin atau juga terjadi kerusakan di ring piston sehingga oli ikut terbakar.

      Hapus
  30. malam pak eko. panther saya tahun 2000 . sebelumnya sudah distel irit, mesin halus tarikan lumayan tapi belakangan ini tiba tiba muncul masalah. masalahnya pada tarikan yang loyo, maximum hanya mampu pada tarikan 2,5 - 3 RPM pada setiap gigi, baik pada gigi 1, gig 2 , gigi 3 ,gigi 4. akibatnya tidak bisa lari , tidak mbisa mendahului kendaraaan yang lemot di depan. kalo dipaksakan misal dengan injak gas poll, tetap tidak bisa melebihi angka 3 pada RPM . kenapa begitu ya pak ? mohon sarannya ,karena hal ini sangat teramat mengganggu.. terima kasih sebelumnya ..

    BalasHapus
  31. Siang pak,saya mau tanya saya punya panther hi sporty 99, waktu lg jalan mesin tiba2 mati,didorong ga mau nyala juga,dinamo starter sy cek gada masalah,sampe skrg mesin msh gabisa nyala sama sekali,kira2 kenapa ya pak?mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya adalah karena solar tidak bisa masuk ke ruang bakar, bisa jadi pompa solar (bosch pump) jebol atau selenoidnya rusak tidak mau buka.

      Hapus
  32. Mas bro terimakasih banyak atas artikel panther masuk anginya, saya awam mesin diesel saya fikir panther masuk angin harus dikerok? :D tadi malam panther saya mendadak turun powernya saat tanjakan jonggol menuju cariu,sampai mesin saya mati, saya hidupkan kembali sangat sulit taoi akhirnya bisa dan sampai tujuan karena tidak mnemukan tanjakan dan saya tidak terlalu menekan pedal gas. Semalaman saya baca artikel mas bro.Lalu saya praktekan . alhamdulillah tadi saya tes beberapa kali tanjakan terjal berhasil. Saya mengucapkan banyak terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat. Salam panther owner

    BalasHapus
  33. mobil lv turbo 2007 sering mati mesin bila jalan bila jalannya digenjot. tp klo stasioner atau nggring tdk mogok. nozzle sdh dibersihkn, tangki solar solar sdh dibersihkn, saringan solar,oli,udara sdh diganti. bahkan pompanya sdh diganti. kt teknisi bospomnya yg rusak. krn kosong tdk ada solar.mhn penjelasannya. dimana bengkel bospom yg baik di surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wilayah Surabaya saya kurang tahu, kalau di Malang ada di Dinoyo (rekomendasi para rekan-rekan pecinta Panther lainnya)

      Hapus
  34. mobil lv turbo 2007 sering mati mesin bila jalan bila jalannya digenjot. tp klo stasioner atau nggring tdk mogok. nozzle sdh dibersihkn, tangki solar solar sdh dibersihkn, saringan solar,oli,udara sdh diganti. bahkan pompanya sdh diganti. kt teknisi bospomnya yg rusak. krn kosong tdk ada solar.mhn penjelasannya.mhn penjelasannya. takutnya sy bila bos[omnya sdh diganti tp masih rusak gmn? seperti katanya pompanya rusak. sd sy belikan pompa baru tetap saja rusak. skrg malahan dibilang bospomnya. mhn mas eko bisa memberikan penjelasan apa yg harus sy lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya bawa ke bengkel yang spesialis bospom mas..biar dicek kondisi bospomnya. Soalnya belum tentu juga masalahnya ada di bospom. Banyak oknum-oknum yang sukanya nyalahin bospom..padahal belum tentu si bospomnya yang bermasalah

      Hapus
  35. mobil sy hi grade96 sering masuk angin kata teknisinya bosch pumpnya hrs di kalibrasi katanya,krn ada kebocoran pd bosch pumpnya,sebelumnya di coba di ganti pompa BB dan filternya tp tetap masuk angin sampai tangkinya sy kuras tetapi jika tanpa filter kondisi mesin normal,apa benar bosch pumpx hrs di kalibrasi?apa efeknya jika mesin jalan tanpa melalui filter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bospom boleh saja dikalibrasi gan..kalau mesin jalan tanpa filter solar, maka beresiko akan kemasukan kotoran di nozle dan ruang bakarnya bisa berakibat kerusakan tingkat lanjut pada bagian lainnya.

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Maaf, komen terhapus karena salah pencet.
    Mas Eko,
    1. Panther 2500cc/thn 2000 mesinnya berbunyi kletek-kletek tapi beberapa saat akan hilang. Apa penyebab, akibat dan bagaimana solusinya?
    2. Akselerasi masih lumayan tapi tidak sebagus saat baru namun sekarang boros BBM, terlebih kalau AC dihidupkan. Bagaimana solusinya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyi kletek-kletek seperti yang agan maksud belum detail dari mana asalnya shg saya belum bisa menganalisa dari mana sumber masalahnya. Lakukan perawatan standart untuk panther dengan ganti filter solar, oli dan bersihkan filter udara. sebaiknya lakukan cleaning AC di tukang AC.

      Hapus
  38. bagaimana solusi jika solar keluar dari celah" tempat memompa solar !
    soalnya milik saya solarnya keluar dari situ terus , dan berakibat sering masuk angin dan memel ketika pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibongkar, dibersihkan dan dilihat apakah ada bagian yang kendor/lepas.

      Hapus
  39. Pak Keluar solarnya itu bagaimana? apakah deras atau cuman muncrat saja? soale indikator bahan bakar saya kok gak turun-turun?,apakah mompanya kurang lama. Terima kasih

    BalasHapus
  40. mobil saya panther touring turbo 2002, mobil saya belakangan ini mengalami mati mendadak, setelah filter solar diganti baru, water separator juga sudah dibongkar dan dibersihkan, mobil berjalan dengan bagus, hanya saja masih mengalami mati mendadak, tetapi agak jarang terjadinya, kalau mengalami mati mendadak ya saya start start lagi, mesin bisa hidup kembali dan sepertinya tidak ada masalah, setelah beberapa hari tanpa masalah bisa terjadi lagi mati mendadak.
    gejala ini kadang terjadi ketika tangki solar sedang penuh, juga terjadi ketika solar tinggal sedikit
    dahulunya tidak pernah ada gejala seperti ini, paling paling setelah ganti filter solar, buang air dan angin solar, beres.
    saya termasuk yang badel dalam hal mengisi solar, kebiasaan saya mengisi solar ketika mencapai E, dahulu saya pakai panther lama dari tahun 1995 hingga 2002, selalu mengisi pada meter E, tidak pernah ada masalah:), filter solar tentu saja diganti bila mulai tersendat sendat, tetapi tidak masuk angin, juga tidak ada mati mendadak.
    kebiasaan ini saya lanjut dg panther thn 2002 hingga sekarang :), mohon tanya apa gerangan yang terjadi dg panther saya, apakah mungkin ada selenoid yg kadang menutup sendiri, saya pikir mungkin ada fuel cut off selenoid nya yang mulai error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan turun tanki dulu dan periksa apakah ada kotoran yang menyumbat..Cek dan ganti saluran angin di tanki jika sudah buntu. jika semua clear bisa jadi ada masalah di selenoidnya

      Hapus
  41. Malam mas, nanya lagi ya. HG sy th 96 alhamdulullah g ada masalah apapun, kecuali pada ban depan yang cepat aus bagian luar, padahal sdh sporing 2 kali. Mhn sarannya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya jika sdh dispooring dan betul proses dan hasilnya, maka seharusnya tidak ada masalah di roda depan. Ada kemungkinan metode atau cara mengemudi dan mungkin juga medan jalan yang dilalui penuh dengan belokan. Hal ini bisa membuat ban cenderung habis bagian luarnya.

      Hapus
  42. mohon solusinya mas eko,panther saya sering sekali masuk angin.....
    1)volume tanki solar tidak pernah dibawah 3/4,karena setiap kali isi solar yidak lebih dari Rp.80rb sudah fulltank
    2)baut 10'' pada pompa minyak tidak mengeluarkan solar walaupun sudah dikendorkan dan dipompa.
    kira kira apanya mas,..?????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan watersparator pump kotor atau tersumbat, bongkar dan bersihkan

      Hapus
    2. Terimakasih banyak mas..setelah saya kuras tanki,ganti selang,ganti pompa minyak,ganti filter solar,panther saya ngacirrrr lagiiii.....sukses sll mas eko sekali lagi terimakasih.

      Hapus
  43. siang mas, mohon solusinya, mobil sy panther 2,3 Ta.95. yang ingin saya tanyakan :
    1. jika 1 hari mobil saya tidak dihidupkan saat distarter jadi berat, terdengar suara "ngek.. ngek. ." dan mesin tidak dapat dihidupkan sehingga sya harus mengecas batre baru mobil bisa dihidupkan.
    2. saat mesin mobil hidup lampu indikator batre tetap menyala, setelah gas diinjak agak dalam baru lampu indikator batrenya mati.
    3. saat mesin mobil hidup putaran mesin tidak normal sehingga pedal gas harus diinjak sedikit agar mesinnya normal, jika gas dilepas mesin mobil akan mati dan jika gas diinjak agak dalam gas terasa kosong.
    Mohon pencerahannya mas eko, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa mobil ke bengkel dinamo, minta diperbaiki alternator / dinamo pengisian accu. Setelan gas kurang besar, bisa diperbesar dengan memutar tombol warna hitam yang ada di samping kiri stir mobil (ada di dashboard). Putar searah jarus jam dan hentikan putaran saat RPM sudah mencapai angka 800 sampai 1000

      Hapus
    2. mas eko, phanter saya tahun 95, untuk mengetahui kalo setelan gas sdh mencapai 800 atau 1000000 gmn caranya, atau hanya di kira kira saja atau ada cara lain yg lebih akurat. trimksh sblmnya

      Hapus
    3. Maaf salah tulis, maksudnya 1000 rpm

      Hapus
    4. Maaf salah tulis, maksudnya 1000 rpm

      Hapus
    5. mas eko, phanter saya tahun 95, untuk mengetahui kalo setelan gas sdh mencapai 800 atau 1000000 gmn caranya, atau hanya di kira kira saja atau ada cara lain yg lebih akurat. trimksh sblmnya

      Hapus
  44. mas eko...!!!!ada teman saya yang menyarankan membersihkan mesin menggunakan solar,
    dgn cara menguras oli lalu mengisinya dengan solar sebanyak 5 ltr,kemudian mesin dihidupkan kira kira 5 mnt,kemudian dikuras kembali,lalu diisi lagi...begitu terus menerus sampai solar yang keluar tampak bersih,
    barulah oli dimasukan.
    pertanyaan saya;apakah dengan cara tersebut bisa menimbulkan efek negatif pada mesin??
    lalu apa keuntungan positifnya??
    mohon penjelasannya mas eko,terima kasih dan sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Menurut saya sebaiknya jangan dilakukan, kalau ingin membersihkan mesin sebaiknya menggunakan cairan Enggine Flush (bisa dibeli di Ace hardware, hypermart, carefour, toko sparepart, dll.)

      Hapus
  45. mohon bantuannya pak. mobil panther saya tahun 1993 milik ayah saya.
    sudah lama tidak dinyalakan. saya kira masalahnya pada accu mobil. setelah saya cas accunya. mobil tetap dalam keadaan tidak menyala. mobil sudah tidak pernah dinyalakan beberapa bulan.
    ketika saya starter tidak ada tanda tanda bunyi starter menyala. hanya terdengar bunyi "tek" saja.
    mohon bantuannya. agustinusinaga@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi dinamo staternya rusak. coba dengan cara didorong kucingnya.

      Hapus
  46. Mas Eko, saya sedang pusing dgn Panther 2002 saya.
    Saat ini lagi di bengkel, kasusnya adalah yg terahir mogok 3 x dgn jarak l.k. 2 km.
    Indikator temperatur normal. Tapi air nambah sampe 4 liter. Oli juga berkurang .
    Switch Solar sudah ganti baru, Bosch Pump udah diganti feed pump , Lever dll nya.
    Waktu dipasang kembali, mesin tetap tidak bisa distarter.
    Bengkel menyarankan turun mesin karena ada asap ( ngobos ) kompressi rendah jadi ga bisa distarter..
    Saya bingung juga karena turun mesin kan bisa ngabisin jutaan.
    Apa bisa di akal yg ringan dibeaya mas Eko .
    Makasih atas sarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mogok dikarenakan radiator kehabisan air (namun sensor rusak sehingga tidak menunjukkan suhu mesin sebenarnya). Jika benar, maka sebaiknya turun mesin untuk diperiksa komponen daleman mesin apakah ada yang bengkok/tidak presisi lagi (akibat panas berlebih karena tidak bekerjanya radiator akibat bocor dan kehabisan air)

      Hapus
  47. Mas Eko, Panther Grand Touring 2008 kemarin dipakai anak saya, saat melaju di tanjakkan ada bau "sangit". baiu tersebut sampai di rumah masih ada.
    Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya mas ?
    Makasih atas jawabannya saya tunggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi kampas kopling mulai habis pak..atau bisa juga kampas rem tidak mau balik sehingga nempel terus di disc/tromol sehingga terbakar. coba dicari dari mana sumber baunya

      Hapus
  48. Mas Eko, Panther say Hi Sporty, th. 1997, kalau digunakan jalan diatas 100 Km/jam, roda depan seperti bergetar sehingga nggak nyaman. Tapi kalau jalannya berkisar 70 ~ 80 Km/jam, nggak ada masalah, cuma jalan cepat atau lambat tangan harus selalu nahan stir, sebab kalau tidak, arah mobil walaupun tidak serta merta akan mengikuti permukaan jalan. Kalau berada di kanan as jalan, mobil cenderung ke kanan, kalau berada di kiri as jalan, mobil cenderung kekiri. Semua Ban kondisi baru, semua pangkon depan (tirod, borjuins, sochbreaker, nggak ada yang kocak (kendor). Kira-kira apanya ya Mas ... ? Mohon pencerahannya Mas, terima kasih ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa dulu ke bengkel spooring mas..minta disetel kelurusan rodanya

      Hapus
  49. Mas eko terimks bnyak skrg saya bisa buang angin kucing saya..
    😀

    BalasHapus
  50. mas bro eko makasih banyak... hehhe saya praktekan sendiri dan langsung jreng... hehhe jd ilang nih pusingnya...
    udh kebayang.. kalo manggil bengkel dah keluar bratus2 ribu.. ehehehe trimaksih.

    BalasHapus
  51. mas eko mau mau nanya dulu mas,,,kebetulan saya punya mobil panther 2,3 thn 95, 3 hari ini mobil saya susah start alias masuk angin, mesin mau nyenduk2x,, sama seperti yang saya baca diblok mas eko, dan saya suda coba tapi selalu seperti itu,,,terahkir saya baca ke bengkel,, dibuka kap ternya pompa katanya suda bocor terus katanya harus ganti jd saya beli baru dngn hrg 400 rb yg baru,, setelah diganti ternyata mobilnya tetap seperti itu tidak ada perubahan ,,terakhir saya da bingung mas,
    yg saya tanya mas kira 2x dimanA permasalahan nya dimana MAS? MOHON BANTUAN MAS EKO TERIMAKASSIH BANYAK
    mohon bantu balasanya segera ya mas, ni no HP SAYA 081370786198

    BalasHapus
  52. mas eko mau mau nanya dulu mas,,,kebetulan saya punya mobil panther 2,3 thn 95, 3 hari ini mobil saya susah start alias masuk angin, mesin mau nyenduk2x,, sama seperti yang saya baca diblok mas eko, dan saya suda coba tapi selalu seperti itu,,,terahkir saya baca ke bengkel,, dibuka kap ternya pompa katanya suda bocor terus katanya harus ganti jd saya beli baru dngn hrg 400 rb yg baru,, setelah diganti ternyata mobilnya tetap seperti itu tidak ada perubahan ,,terakhir saya da bingung mas,
    yg saya tanya mas kira 2x dimanA permasalahan nya dimana MAS? MOHON BANTUAN MAS EKO TERIMAKASSIH BANYAK
    MHN BANTUAN NYA MAS NO HP SAYA 081370786198

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk langkah awal coba periksa selang napas tangki bahan bakar pak..mungkin ada sumbatan. Jika tidak ada sumbatan, coba turunkan tankinya dan periksa apakah ada barang yang masuk dalam tanki semisal plastik atau tissu. Mungkin itu dulu..jika semuanya tidak bermasalah, berarti ada kemungkinan masalah di pompa injektor

      Hapus
  53. Mas, mobil saya setiap habis lepas pedal gas mesin bergetar lalu mati, saya sudah coba menaikan setelan idle satasioner tapi tetap begitu. kira kira apa penyebabnya.
    mau tanya berapa besar tekanan injecktor panther 2300 dan panther 2500 ?

    BalasHapus
  54. Mas Eko, mohon info. Mobil saya Panther Touring 2004 Turbo. Terkadang Mesin tidak berhasil hidup saat distart. Dia bisa starting normal tapi mesin tidak berhasil hidup. Solusi selama ini, saya hanya cabut kunci kontak, pasang kembali lalu start dan mesin berhasil hidup. Kondisi ini tidak selalu terjadi tapi rasanya mengganggu. Mohon pencerahan, kira2 apa masalahnya. Apakah ada hubungan dgn turbo timer atau solenoid (yg saya baca di pertanyaan teman2 di atas) atau ada kemungkinan lain? Apakah hal mesin tidak berhasil hidup ini akan berefek negatif? Tks sebelumnya. Salam. Partogi.

    BalasHapus
  55. Misi mas eko,saya mau tanya kalau saya punya ispan th 2012 km 13rban kira2 sudah waktunya purging blum?soalnya kalau di tanjakan di gas agak dalem (kira lebih dri 1/2 injak) gak ada tarikan cuman dikit doang padahal pakai bbm dexlite (solar jenis baru)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panthernya masih kinyis-kinyis ya..hehehe..masih 13rb km. saran saya sih gak usah dulu, wajar saja lah kalau di tanjakan mesin berat dan tidak bisa langsung berakselerasi dengan cepat.

      Hapus
  56. Numpang tanya om Eko. Sy pny panther 2.3 rpm cm mentok ampe 3000rpm. Klo gas diinjak lg mlh mesin trasa tersendat/nahan dan asap htamnya lumayan tebal.air filter baru. Filter solar baru. Water sedimentor dah dibersihkan. Kira2 apanya ya

    BalasHapus
  57. Mas eko saya mau tanya,saya punya panther grand deluxe 1996,sya terkendala masalah setirnya klu di buat jalan g bisa tenang terkadang saya nahan kenan dan terkadang nahan ke kiri apalagi kena jalan bergelombang rasanya limbung padahal sya udh 2 kali sporing dan sebelum di sporing di cek molai boljoin atas bawa kiri kanan gak ada yg aus dan sporing ke 2 sya turunkan boremnya untuk ganti2 sil2nya tp tetap saja g ada perubahan mohon pencerhannya mas eko

    BalasHapus
  58. Yth. Mas Eko.

    Mohon petuahnya soal kasus masuk angin ini.

    Panther saya punya kasus susah distarter saat pada cuaca dingin saja,,.contoh kasus di batu malang dan bromo.

    Saat di batu, meskipun susah namun saat nyala sampai mngeluarkan asap putih seperti kebakaran, saking banyaknya.

    Saat d bromo...malah tdk bs hidup sama sekali dan harus d dorong.

    Padahal posisi solar diatas stengah dan sdh melakukan langkah masuk angin..

    Kira2 ini ada solusinya kah...?

    Terima kasih atas sharing nya

    Salam

    BalasHapus
  59. MAS EKO..kucing saya LS 2001. yang sya mau tanyakan saat mesin awal di nyalakan suara mesin kaya tersendat-sendat tp tidak mati,setelah mesin agak panas suara jd stabil. Jadi saat panasin mobil awal agak sedikit di gas agar stabil. Kira2 apakah ada masalah dg kucing saya atau tidak. selain itu RPM nya tidak sesuai jalan pelan ama kenceng masi di 1 aja. Lainya tidak ada masalah. Terimakasih

    BalasHapus
  60. Met mlm mas kami punya armada isuzu panther thn 91 PMK (pemadam kebakaran) masalah nya klau gigi 1 2 3 berbunyi kletik kletik klu masuk gigi 4 bunyiny ilang! klau gigi 1 2 3 saat di injak kopling bunyi ilang.... Apa penyebab ny mas.... Mohon di bantu....

    BalasHapus
  61. Met mlm mas kami punya armada isuzu panther thn 91 PMK (pemadam kebakaran) masalah nya klau gigi 1 2 3 berbunyi kletik kletik klu masuk gigi 4 bunyiny ilang! klau gigi 1 2 3 saat di injak kopling bunyi ilang.... Apa penyebab ny mas.... Mohon di bantu....

    BalasHapus
  62. Mas Eko, salam kenal dari saya. Tanya mas, solar pada tangki Panther '97 milik saya sudah terisi solar sampai penuh tapi jarum indikator tak mau maksimum hanya di posisi 3/4nya saja. Kejadian ini baru2 ini terjadi (belum ada sebulan, tentu saja tadinya normal). Apa yang saya lakukan ?. Untuk urusan kelistrikan saya sering lakukan sendiri. Terima kasih.

    BalasHapus
  63. selamat malam mas eko salam kenal, nama saya ardi saya punya panther lv tahun 2002,saya mau tanya mas
    1.jika mobil berada di tanjakan posisi mobil hidup tiba2 mati,dan ketika distarter agak sulit hidup nya kira kira apa penyebabnya ya mas
    2. Ketika posisi stir dibelokkan sampai mentok RPM jadi drop kemudian mesin akan mati
    mohon pencerahannya mas eko terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.coba lakukan prosedur buang angin (ada kemungkinan panther masuk angin)
      2.coba periksa dan lihat power steering dan pipa-pipanya yang ada di ruang mesin, apakah ada kebocoran

      Hapus
  64. Slmt soreh bos, maaf. Panther sy gejala awalny spt sering masuk angin, tp lama kelamaan hidup pagi agak panjang startnya br hidup, stlh 2 bln tdk stasioner lg mesinnya, kdg tiba2 mati saat lepas gas, jln agak jauh mati. Sy sering skl pompa minyak kalau jln jauh. Sy sdh ganti filter minyak, pompa minyak jg tp mesin msh seperti itu juga. Kira2 apalg yg mesti sy ganti bos. Utk diketahui, bila beli alat sy hrs berjln 80 sampe 120 km dr rumah. Tokonya jauh skl, syukur kalau alatnya ada, biasanya agak sulit dptnya. Trmksh utk bantuannya.

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Terimakasih atas kunjungan saudara-saudara semua di blog saya, sebelumnya saya mohon maaf karena keterbatasan sehingga jarang bisa membalas pertanyaan dan diskusi. Untuk itu silahkan bergabung dengan komunitas yang saya buat di G+ (Gplus) dengan nama komunitas Pantherhood. Terimakasih

    BalasHapus
  67. Mas eko phanter lv saya kalau jalan pelan dijalan rusak Kok Ndut ndutan terus mau mati mecinenya jadi harus diinjak lagi koplingnya baru mau stabil lagi kenapa ya... Mohon bantuannya. Trimsk

    BalasHapus
  68. maaf mas eko, mesin panyer saya sudah diganti bospom, tpi setelah bung angin dan dihidupkan masi ttp belum bisa hidup, hanya respon 1 detik kemudian ttp juga tdk hidup. bagaimana solusinya mas Eko...?

    BalasHapus
  69. Mau nanya om...panther pick up 96...dengan 2.3cc.sblumya indikator pemanas nyala dan mati setelah kontak on sekitar 5dtk an lbh,tp skrng nyalanya kok cm kontak on dan lgsng mati sekitar 1dtk an,ini penyebab apa ya om..mohon pencerahan...trim,s.

    BalasHapus
  70. Mau nanya om...panther pick up 96...dengan 2.3cc.sblumya indikator pemanas nyala dan mati setelah kontak on sekitar 5dtk an lbh,tp skrng nyalanya kok cm kontak on dan lgsng mati sekitar 1dtk an,ini penyebab apa ya om..mohon pencerahan...trim,s.

    BalasHapus
  71. Maaf om mau nanya panther pick up 96 2.3cc,punya saya sebelumnya indikator pemanas nyala stlh kontak on dan mati sktr 5dtk an lbh,tp skrng kok nyalanya kok cm saat kontak on saja sktr 1 dtk an saja ya,ini penyebabnya apa om...mohon pencerahannya om,mksh.

    BalasHapus
  72. halo pak eko semoga berbahagia selalu. saya ingin bertanya saya punya panther kapsul 02 asap mobil agak putih dan bikin pedis dimata lari mobil max 120 s.d 130an. dulu saya punya panther pu 05 tapi bisa tembus 160 malah lebih. apa yg bisa saya lakukan agar asap mobil tidak terlalu banyak dan lari lebih wusss lagi. terima kasih

    BalasHapus
  73. Pk eko yth, mau nanya nih, klw panther tanpa pompa minyak/ langsung ke filter minyak kira2 bermasalah gk dan efek nya apa??? terimakasih.

    BalasHapus
  74. Mo tanya klw mo beli karet seal kipas dan jelnya Grand touring dimana ya bos!?


    BalasHapus
  75. MIsi gan mau tanya knp ya panter turing punya babe ane selalu kanginan ya gan pompa nya solar gk mau keras ,kalau udh keras nanti lemes lg pompa nya gk mau keras lg gan

    BalasHapus