13 Desember, 2011

Membersihkan tanki

Kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil memerlukan bahan bakar untuk menjalankan mesinnya. Adapun bahan bakar tersebut disimpan dalam tanki yang ada di kendaraan tersebut. Sehubungan dengan berjalannya waktu, cuaca dan kondisi kendaraan, maka kondisi tanki juga ikut berpengaruh. Namun sering diantara kita yang tidak sadar akan kondisi tanki tersebut karena pada mobil tanki berada di kolong mobil dan sulit dijangkau sehingga banyak pemilik kendaraan yang tidak begitu aware dengan masalah tanki. sedangkan pada sepeda motor banyak tanki yang berada di bawah jok motor sehingga tidak terlihat adanya gejala kerusakan tanki.
Masalah yang paling sering dijumpai dari tanki bahan bakar adalah pengendapan kotoran yang berakibat tersumbat aliran bahan bakar ke mesin dan terjadi kebocoran tanki akibat korosi karena terperangkapnya air didalam tanki. Untuk itu perlu dilakukan perawatan terhadap tanki secara teratur.
Berikut adalah beberapa tips untuk merawat tanki bahan bakar pada mobil:
1. Usahakan jumlah bahan bakar ditanki minimal setengah dari kapasitasnya dan selalu mengisi bahan bakar kembali jauh sebelum jumlah bahan bakar habis. Hal ini bermanfaat agar bagian plat tanki selalu terendam dan terlapisi (selalu basah) bahan bakar sehingga proses oksidasi yang menyebabkan korosi bisa diminimalkan.
2. Kuraslah tanki bahan bakar minimal 6 bulan sekali untuk membuang air yang terperangkap dan kotoran bahan bakar yang mengendap di tanki. Pengurasan bisa dilakukan dengan cara membuka baut penguras tanki yang ada dibagian bawah tanki, keluarkan semua isi tanki dan biarkan selama beberapa saat agar tanki benar-benar bebas dari air. Setelah tanki kering pasang dan kencangkan kembali baut penguras tanki setelah itu isi kembali bahan bakar ke dalam tanki.
3. Jika anda punya waktu yang cukup luang, maka tidak ada salahnya anda melakukan turun tanki. Yakni melepaskan tanki dari kendaraan anda, sehingga anda dapat memeriksa kondisi tanki anda dengan lebih jelas. Caranya anda kuras dulu isi tanki sesuai dengan langkah nomor 2. Setelah isi tanki kosong, kendorkan dan lepaskan baut-baut pengikat tanki dan turunkan secara perlahan agar tanki tidak penyok karena jatuh dari dudukanya. setelah itu geser keluar dari kolong mobil dan periksa secara seksama kondisi tanki.
4.Jika kedapatan ada kebocoran di tanki anda, maka segera bawa ke tukang las karbit atau bengkel radiator untuk dilakukan penambalan lubang tersebut. Untuk langkah darurat bisa dilakukan penambalan dengan lem besi campur (misal dextone)..baca artikel tambal tanki bocor.
5. Setelah selesai, pasang kembali tanki ke dudukannya dengan benar dan isikan bahan bakar sesuai kapasitasnya.
6. Rasakan efek setelah anda menguras tanki, mobil akan terasa lebih enteng tarikannya karena bahan bakar bebas kotoran dan air.
baca juga artikel terkait:
1.Tambal tanki yang bocor
2.Panther berat tarikannya
3.Merawat Isuzu Panther

1 komentar:

  1. Saya juga termasuk pengidap tensi darah tinggi,Mas.Jika tensi mulai naik,dapat dicoba dengan mengkonsumsi/melalap daun sop,ataupun bawang putih,ataupun mentimun (serta batangnya).Jika dirasa tensi sudah normal,mengkonsumsi daun sop dapat di hentikan.Semoga sehat selalu.

    BalasHapus