12 Desember, 2011

Girder jembatan runtuh


Lagi-lagi terjadi kasus jembatan runtuh, setelah kejadian runtuhnya jembatan di Kutaikartanegara, hari ini yang runtuh adalah jembatan di Marunda Jakarta utara.
Jembatan ini baru tahap pengerjaan yakni pemasangan girder (balok) jembatan. Seperti diberitakan oleh Kompas, bahwa kejadian runtuhnya girder jembatan saat pemasangan girder terakhir terjadi kesalahan pelepasan kabel sling pengikat girder yang berakibat girder tidak terpasang sempurna dan oleng sehingga menimpa girder lainnya yang sudah tersusun sebelumnya. Akibatnya satu persatu girder oleng dan patah akhirnya kolaps ke tanah.
Kerugian ditaksir sekitar 750juta rupiah. Tentunya bukan jumlah yang sedikit dan beruntung tidak terjadi korban jiwa pada peristiwa ini.
Lagi-lagi ini adalah tamparan terhadap dunia konstruksi Indonesia, sebaiknya prosedur dan peraturan khususnya bidang jembatan agar semakin diperbaiki khususnya saat implementasi di lapangan agar kejadian keruntuhan jembatan tidak lagi terjadi di indonesia. (Courtesy foto by. Ika Jaya)
Baca artikel terkait:
1.Jembatan sungai Mahakam roboh
2.Reinforced concrete

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar