26 Desember, 2011

Ban bekas

Ban adalah salah satu elemen kendaraan yang sangat fital. Ban berfungsi menyalurkan energi dari kendaraan ke jalan agar kendaraan dapat berjalan ataupun berhenti. Ban menerima semua beban kendaraan sehingga ban harus selalu dalam kondisi prima agar perjalanan kendaraan lancar dan selamat.

Harga ban mobil saat ini terbilang cukup lumayan mahal khususnya buat para pengendara kelas menengah ke bawah. Sebagai gambaran untuk ban tubeless standart merk B250 ex Bridgestone Ring 14 dijual pada kisaran Rp.600 ribu per buah. Maka jangan heran banyak para pengendara yang nekat membeli ban bekas pakai yang dijual dengan kisaran Rp.150ribu perbuah.

Jika anda memutuskan untuk membeli ban seken, sebaiknya perhatikan tips berikut:

1.Belilah ban seken langsung satu paket misal 4 buah dari kendaraan yang sama (tukar tambah). Biasanya mutu ban ini masih bagus karena yang punya ingin ganti model ban. sehingga ban sekennya masih relatif muda dan cukup baik.

2.Lihat umur ban, usahakan umur ban masih dibawah lima tahun. Untuk mengetahui umur ban bisa dilihat kode tahun pembuatan ban dari pabrik.

3.Perhatikan apakah ada suntikan pada ban. Yang dimaksud ban suntikan adalah tapak ban yang telah gundul ditambahkan ketebalannya dengan karet baru. Jika ada sebaiknya jangan dipilih

4.Perhatikan apakah ada bekas cacat sobek pada ban. biasanya tukang ban akan mengakali dengan menambal (dikampas) sehingga tidak terlalu terlihat. Kalau hanya bekas tambalan tubeless masih tidak masalah asal jumlahnya tidak banyak (kurang dari 3 tambalan)

5.Jangan tertipu dengan tampilan ban yang hitam dan mengkilap, biasanya tukang ban melakukan semir ban sehingga ban terlihat masih sangat bagus.

6.Perhatikan ketebalan tapak ban, apakah masih cukup tebal dengan cara melihat posisi penanda ketebalan ban berupa segitiga yang tertera di dinding ban.

7.Persoalan yang paling sering muncul dari pemakaian ban bekas adalah ban sudah getas yang berakibat ban mudah benjol dan mudah pecah karena ban sudah berumur dan kawat radial sudah banyak yang putus.

8.Belilah ban bekas di tempat yang banyak orang membeli, hal ini akan mengurangi resiko anda tertipu dengan trik pedagang.

9.Mintalah garansi kepada pedagang, minimal satu minggu apabila ban benjol atau retak, maka ban bisa ditukar. Hal ini untuk menghindari pedagang yang akan berniat menipu dengan menjual ban busuk.

Selamat berburu ban bekas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar