11 September, 2012

Agar Panther makin bertenaga

Apakah anda merasa mobil Panther kurang bertenaga (lemot)??Larinya kurang dari 100km/jam?? jangan kuatir..itu sudah masalah yang biasa di dalam dunia per"Panther"an. Berikut adalah langkah-langkah agar Panther anda kembali perkasa di jalanan : 1. Bersihkan filter udara, bawa ke tukang tambal ban dan mintalah untuk disemprot agar debu-debunya keluar dan filter anda kembali bersih. 2. Periksa filter solar, jika sudah kotor segera ganti filter solar dengan yang baru. 3. Buka baut OFR dan bersihkan dengan cairan penyemprot (pembersih) karburator. Pasang kembali pada dudukannya dan kencangkan kembali
4. Isi solar sampai full tank dan tambahkan cairan injector cleaner (merek STP atau Prestone). 5. Bawa berkendara untuk luar kota dan kemudikan dengan Italian tune up. Jika di Jalan tol coba pacu Panther anda sampai mentok..lihat berapa angka yang ditunjukkan oleh jarum speedo meter anda.. 6. Jika anda masih belum puas dan merasa belum banyak perubahan, silahkan hubungi saya dan kita selesaikan perawatan Panther ke tahap lebih lanjut.. Selamat mencoba dan buktikan kalau Panther anda tidak akan kalah dengan Inova..Avanza..dan lainnya.

93 komentar:

  1. Terima kasih postingannya mas Eko.
    Saya mau tanya sedikit, kalau lampu tanda aki dan oli menyala, kenapa ya mas....

    BalasHapus
  2. Idealnya setelah mobil dinyalakan, maka sesaat itu segera lampu indikator oli, accu dan water sparator akan mati. Jika lampu masih tetap menyala, maka berarti ada kerusakan pada part tersebut. Jika indikator accu menyala berarti tidak terjadi pengisian accu oleh alternator dengan kata lain kemungkinan besar alternator (dinamo) rusak. jika lampu oli masih menyala berarti pompa oli mesin tidak bekerja melumasi mesin dan akan berbahaya bagi mesin anda. Saran saya periksakan mobil ke bengkel untuk di periksa alternator dan pompa oli mesin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas m tanya, kucing ane tiba2 ngempos di tarika atas. 2500rpm dah g bisa naik lagi mas, itu knp y mas??Terima Kasih

      Hapus
  3. Mas eko...saya mau tanya...saya punya panther hi-grade 98,sudah beberapa hari ini kalau baru dipakai sering mati saat berhenti dgn injak kopling,kaya rpm nx kecil,tp klu dah dipakai selama lebih setengah jam normal aja dan tidak mati saat berhenti di lampu merah dan. .. gasnya normal aja...tetapi saat dipacu dirpm lebih dari 2500 seperti ngempos dan tidak ada tenaga. ..Kira2 apa yg hrs dicek...mohon pencerahannya...trims

    BalasHapus
  4. Mas eko...saya mau tanya...saya punya panther hi-grade 98,sudah beberapa hari ini kalau baru dipakai sering mati saat berhenti dgn injak kopling,kaya rpm nx kecil,tp klu dah dipakai selama lebih setengah jam normal aja dan tidak mati saat berhenti di lampu merah dan. .. gasnya normal aja...tetapi saat dipacu dirpm lebih dari 2500 seperti ngempos dan tidak ada tenaga. ..Kira2 apa yg hrs dicek...mohon pencerahannya...trims

    BalasHapus
  5. Mas eko...saya mau tanya...saya punya panther hi-grade 98,sudah beberapa hari ini kalau baru dipakai sering mati saat berhenti dgn injak kopling,kaya rpm nx kecil,tp klu dah dipakai selama lebih setengah jam normal aja dan tidak mati saat berhenti di lampu merah dan. .. gasnya normal aja...tetapi saat dipacu dirpm lebih dari 2500 seperti ngempos dan tidak ada tenaga. ..Kira2 apa yg hrs dicek...mohon pencerahannya...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tanya berapa RPM saat mobil dinyalakan? apakah di bawah 800? jika iya berarti anda harus memperbesar gas dengan memutar tuas gas se arah jarum jam sampai didapatkan RPM normal tsb.
      Jika saat digeber di atas RPM 2500 mobil seperti ngempos, ada kemungkinan mobil dalam kondisi masuk angin. untuk itu silahkan baca artikel mengenai Panther masuk angin. Semoga membantu

      Hapus
    2. Mas.eko panterku klo sya gas trus sya lepas mati sendiri kira2 apanya ya terimkasih

      Hapus
  6. Mas eko....keliatan nya saat baru distarter rpm diatas 1000,karena keliatanjarum penunjuk speedometer agak kurang presisi,selisih 200 karena saat mesin mati jarum sudah bergeser sedikit kekanan dr angka 0....ya nanti saya coba buka artikel....saya pernah buka artikenya mas yg membahas tetang baut OFR,fungsinya apa ya...terima kasih untuk pencerahannya mas eko....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baut OFR adalah merupakan baut yang di dalamnya terdapat saringan bahan bakar buangan dari ruang bakar kembali ke tanki (saluran balik). intinya jika semakin lancar saluran balik tersebut, maka kinerja mesin akan semakin bagus. dengan kata lain bagian ini juga harus diperhatikan kebersihannya.

      Hapus
  7. permisi mas eko saya punya panther new royal thn.2000 mau tnya seputar lampu indikator , beberapa hari yang lalu saya ganti kiprok dinamo ampere dan relay , tetapi setelah itu pada saat ACC lampu indikator aki dan tekanan oli tidak menyala.dan setahu saya pada saat ACC harusnya menyala dan saat di starter kedua indikator itu mati , apakah bermasalah serius jika seperti itu ? mohon infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada kesalahan pemasangan, sebaiknya dilepas dan dipasang kembali dengan benar.

      Hapus
  8. Letaknya baut OFR itu di sebelah mananya ya Pak Eko? mohon penjelasannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilihat di foto nomor 1 Gan..letaknya ada di dekat tuas gas/trotle berupa kepala baut yang ada selang balik menuju ke tanki bahan bakar. Putar kepala baut tersebut berlawanan arah jarum jam untuk melepaskan dan membersihakannya.

      Hapus
  9. Pak Eko ,

    Saya mau tanya mengenai panther

    Saya menggunakan panther LV 2003, sebulan yang lalu saya mengalami gejala seperti pompa dan filter kotor yaitu
    tiap dipanaskan suka mati. Akhirnya saya putuskan untuk ganti filter solar dan filter udara serta ganti oli, biasanya gejala tersebut hilang apabila sudah ganti filter solar, namun setelah penggantian bulan lalu, gejala tidak hilang, malah makin parah, apabila dipanaskan suka tiba2 mati, namun apabila sudah agak panas, gejala tersebut hilang sama sekali

    Yang mau saya tanyakan, Apa yang menyebabkan Panther suka mati saat baru dipanaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan panik pak..itu karena setelan gas/trotle kurang besar, sehingga mesin akan mati jika dipanasin karena pasokan bahan bakar kurang.cukup perbesar gas dengan cara putar kenob gas yang ada didashboard searah jarum jam. Semoga membantu

      Hapus
  10. siang,sy mau nanya, panther saya tahun 94, tp kok di buat lari g bia, nggk aa tenaga, kecepatn 80 km/j udah rasanya berat banget n lambat, itu kira2 krn apa ya??thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dilakukan tips perawatan standart yang sudah saya uraikan. Jika masih belum berhasil lakukan stel kelp dan overhaul.

      Hapus
  11. Salam kenal pak eko
    Mohon penjelasan nya untuk italian tune up
    Sekedar informasi saya rutin ganti filter solar+bersihkan pompanya
    Apakah walau sudah rutin ganti filter solar perlu melakukan pembersihan nozel menggunakan cairan yg di campurkan melalui tangki bbm
    Terima kasi

    BalasHapus
  12. Italian tuneup itu adalah istilah yang sering dipakai untuk membuat panther menjadi lebih bertenaga dan ringan tarikannya. caranya simple dengan mengemudikan panther dengan cara menginjak gas lebih dalam sehingga didapat RPM tinggi disetiap perpindahan gigi. Paling gampang misal anda sering memindah dari gigi 2 ke gigi 3 pada kecepatan 40km/jam, maka lakukan perpindahan gigi 2 ke 3 saat kecepatan 50km/jam atau lebih. begitu seterusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penambahan cairan pembersih ijektor biasanya per 10.000km sekali, atau sesuai keinginan. Misalnya anda akan keluar kota / mudik boleh saja ditambahkan. Toh harganya juga tidak terlampau mahal. Misal untuk merek Redex sekitar 35rb atau Prestone dan STP sekitar 50rb

      Hapus
  13. Selamat malam mas eko,
    Saya saat ini memakai panther new royale tahun 1999..

    Ada beberapa kendala yg saat ini terjadi,
    1. Panther saya diklaim org bengkel mengalami masalah mesin, ktny injection pomp bermasalah, shg walaupun gas diinjak dalam2, hanya sampai jarum rpm 2.. Waktu jalanan agak turunan baru naik, pada saat rpm 2,5 -3 baru benar2 terasa powernya.. Jarum rpm maks 3, dan sering tersendat di rpm 2.. Ketika mengoper gigi lagi, power kembali ngadat, begitu seterusnya..

    Lalu kalo jalanan agak menanjak sdkit saja, walaupun sdh gigi 1 n gas diinjak dalam2, mobil ttp tdk bertenaga n tdk naik dr tanjakan itu..

    Pertanyaan, bagaimana mengatasi hal demikian..? Apa yang menyebabkan injection pomp bermasalah..

    Catatan : walaupun gas sdh diperbesar dgn memutar bautnya, masih tdk berpengaruh,, lalu sdh saya pakai cairan prestone iutk membersihkan injector, masih nihil hasilnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi itu gejala pompa solar (bosch pump) panther anda mulai mengalami masalah. Coba periksakan ke bengkel resmi Isuzu. Jika memang ternyata pompa solar tersebut rusak, maka anda harus ganti pompa tersebut agar Panther sehat kembali.

      Hapus
    2. Saya punya tetangga yg punya Hi SPorty 98, ketika ada masalah dg pompa solar dia koneksikan langsung selang solar dari tangki tanpa melewati pompa solar (pompa solar tidak difungsikan) dan ternyata bisa.

      Hapus
  14. malam pak eko. panther saya tahun 2000, dulu tarikannya kencang, belakangan disetel irit, awalnya sih irit, tarikan lumayan , suara mesin halus, belakangan ini muncul masalah, yaitu setiap perpindahan gigi, baik dari gigi 1, ke 2, ke 3 ,ke 4 , begitu RPM mendekati angka 3 tenaga mesin mendadak hilang, dengan kata lain loyo, tidak bisa lebih dari angka 3 di RPM , malah belakangan hanya RPM 2,5 sudah loyo, kehabisan tenaga. akibatnya tidak bisa menyalib kendaraan di depan karena tidak ada tarikan ..apa ini gejala masuk angin panther ? bagaimana cara mengatasinya ? mohon saran dari pak eko .. terima kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi Panther masuk angin, sebaiknya buang angin dan jangan terlalu menyetel Panther ke setelan yang sangat irit. Akan sangat berpengaruh pada akselerasi panther anda apalagi saat akan menyalip kendaraan di depan kita (bisa bahaya bos).

      Hapus
    2. mas eko kalo setelan yang sedang itu gmn, saya pengen panther 2,3 tahun 95 saya bisa lebih bertenaga sehingga g berbahaya saat buat menyalip. tlg di bls ya mas. trimksh

      Hapus
  15. Blog nya mas Eko bagus bgt
    Numpang tnya mas:
    1. Kenapa setir panther touring 2002 saya rasa nya longgar ya? Kocak gt. Apa semua touring begitu ?
    2. Indikator solar ketika isi full kok cuma setengah ya?

    Terima kasih mas. Maju terua blog nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek tierodnya mas..Kalau indikator solar ngacau, bisa karena ada kerusakan di sensor yang ada di tangki solar. Bongkar dan cek lalu bersihkan. kalau masih rusak ganti ya..

      Hapus
  16. Mas mau nanya..
    Panther saya LV 2001, spedometernya kadang hidup kadang mati terus sekarang mati, kata bengkel sensornya rusak, disini mau cari sensornya tidak ada, kira2 harganya berapa sensornya..
    Terima kasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
  17. Pa kbr p eko.. Panther sy thn '92, tarikanny hilang kl nemu jln tanjakan pdhl kecepatan mbl saat itu lumayan kencang n kl nemu tanjakan biasa/bkn tebing posisi mbl berhenti gigi 1 berat tenagany bahkan sering kali ga terdaki. Mohon pencerahan. Trims

    BalasHapus
  18. Tambahan: Asap knalpot tebal sekali, kl br start putih kebiruan, kl lg jln hitam, mbl br turun mesin semua blk std, filter2 br. Mohon petunjuk. Trims

    BalasHapus
  19. aki yang baik itu mer apa

    BalasHapus
  20. Pak eko bagusan mana kwalitas aki kering dengan aki basah itu mohon pencerahan.....trims

    BalasHapus
  21. Ketemu lagi mas, panther sy kalo pagi ato malam dimana mesin sudah dingin sulit sekali distater. Tapi kalo sdh siang distater langsung jreng..... Klo mau berangkat pergi pagi2, maka harus saya pancing dengan memberi sedikit bensin pada tempat filter angin. Stater langsung jreng. Apakah ini karena busi pemanas yang sudah perlu diganti? Mtrn nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar busi pemanasnya minta diganti mas..tapi cek juga kondisi accu..apakah sudah mulai soak? jika iya sebaiknya accunya juga dirawat (tambah air suling dan tambahkan zetta)..baca artikel mengenai merawat accu

      Hapus
    2. PAK MAU TANYA KALO LETAK BUSI PEMANASNYA DI MANA ?
      PANTER SAYA THN 2015 SMART

      Hapus
  22. Selamat siang pak Eko.
    Panther saya tahun 1993 pak,keluhan saat ini ada suara kasar dari mesin bagian atas,tapi kalau di gas suara kasar tersebut hilang.Mohon pencerahan pak Eko

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak susah untuk mengetahui lebih jelas mengenai masalahnya, karena sumbernya tidak disebutkan. Mungkin bisa lebih diperjelas dari bagian apa suara itu berasal

      Hapus
  23. ijin Om Eko, mau tanya akhir2 ini oli panther saya (2001) kadang2 berkurang, tidak drastis sih, setelah dicek bengkel disarankan untuk skir klep , ganti packing atau sekalian overhoul (ring seker sudah kena---> dilihat dari dipstick oli (lidi untuk ukur oli) saat dicabut keluar kabut tipis), apa yang harus dilakukan om? apakah langsung overhoul? estimasi biaya? atau ada solusi lain yang lebih ekonomis tapi menghasilkan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabut tipis bisa jadi karena tercampurnya air radiator ke oli pendingin, oli berkurang karena penguapan panas mesin

      Hapus
  24. Mohon ijin utk tambah sedulur.sy pny empus th 92 wrn merah.alamat sy kutaibarat kaltim.085245304136.trims.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Permisi pak. Mau tanya . Kalo indikator kuning melingkar sebelah tanda oli pada panther royal th 93 menyala pd saat mesin hdp tandany ap? Gmn soluainya y pak. Trm lah

    BalasHapus
  27. Pagi pak eko..
    Kucing saya 1993
    Kadang2 itu setrumnya hilang jadi semacam mati total ketika hbs di pakai trus di matikan (isi solar atau makan) hbs itu bisa2 sendiri pak dan di starter langsung jreng juga..
    Kondisi accu normal pak..
    Pernah saya konsultasikan di bengkel katanya dinamo amperenya padahal lampu batterry di dasboard ketika mesin nyala langsung mati dan acuu selama di pakai normal saja..
    Menurut prediksi pak.eko apanya ya pak..
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kemungkinan terbesar adalah accu mulai soak..sudah berapa umur accunya?jika lebih dari 1 tahun ya wajar kalau mulai soak

      Hapus
  28. Siang pak eko, saya dari lamongan, saya punya ispan tahun 2001. Kemarin habis servis bospom, sebelum servis asapnya tidak begitu tebal, tapi setelah servis asap putihnya di pagi hari makin tebal dan agak perih, filter udara baru, tapi lama lama asapnya hilang. Apakah ini normal atau tidak? Mengingat Jumlah oli yang tidak berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah servis apakah dikalibrasi atau tidak pak?sebaiknya setelah servis bospom dikalibrasi agar campuran solarnya tepat

      Hapus
  29. Siang pak eko, saya dari lamongan, saya punya ispan tahun 2001. Kemarin habis servis bospom, sebelum servis asapnya tidak begitu tebal, tapi setelah servis asap putihnya di pagi hari makin tebal dan agak perih, filter udara baru, tapi lama lama asapnya hilang. Apakah ini normal atau tidak? Mengingat Jumlah oli yang tidak berkurang.

    BalasHapus
  30. Mas eko saya mau tanya gimana cara mereset lampu indikator panther tahun 1996. Soalnya indikator sedimenter dan glow plug tidak mau nyala saat akan distarter. Padahal indikator oli, hand brake, dan aki menyala. Makasih mas eko

    BalasHapus
  31. Selamat Pagi pak eko, kemarin ispa saya yang ngasap putih habis service nozel, ternyata nozelnya yang satu mampet. Terus saya ganti, setelah terpasang semua kok masih ngasap putih ya pak? Walaupun mesinya panas. Trus di box hitam yang ada tulisanya isuzu di atas nozel, itu harusnya kering atau basah? Karena punya saya basah..
    Apakah mesin saya ngobos pak eko?
    Terima kasih....

    BalasHapus
  32. Selamat Pagi pak eko, kemarin ispa saya yang ngasap putih habis service nozel, ternyata nozelnya yang satu mampet. Terus saya ganti, setelah terpasang semua kok masih ngasap putih ya pak? Walaupun mesinya panas. Trus di box hitam yang ada tulisanya isuzu di atas nozel, itu harusnya kering atau basah? Karena punya saya basah..
    Apakah mesin saya ngobos pak eko?
    Terima kasih....

    BalasHapus
  33. pak eko grand 97 kalau mesin bunyi prosneleng di injak kok suara lebih halus dibanding prosneleng di lepas apa yg perlu dilakukan mesih msh ok tembus 120 km/jam msh termauk irit , mohon pencrahan nya pak eko makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin yang dimaksud adalah pedal koplng diinjak dan dilepas gitu?
      itu wajar saja pak..

      Hapus
  34. Assallamuallaikum mas eko... kenapa panther capsul 2008 .. saya berat tarikanya di gigi 3,4 lambat terasa.. saya dah pakai oli mesin semi sintetis.. dah ganti fuel filternya.. rpm memang sampai 4000 l diebih di gigi 5 tapi terasa berat.. apa PLAT KOPLINGNYA SUDAH AUS.. mohon Intruksinya.. memang dari baru belum ganti plat kopling tsb.. mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi kopling sudah mulai tipis pak..

      Hapus
  35. Om panther HG 2.3 punya saya kalo di jalan datar ok2 saja tapi kalo ketemu tanjakan drop bgt. Itu baud OFR kalo di 2.3 sebelah mana?

    BalasHapus
  36. Om panther HG 2.3 punya saya kalo di jalan datar ok2 saja tapi kalo ketemu tanjakan drop bgt. Itu baud OFR kalo di 2.3 sebelah mana?

    BalasHapus
  37. halo mas.panther saya ls th 2002. spedometernya berjalan lebih lambat dari kecepatan sebenarnya.pada kecepatan 70km/jam,jarum spedo menunjukkan angka 40.mohon pencerahannya.terima kasih

    BalasHapus
  38. izin nanya ni mas eko,saya pake panther 2,3 tahun93,,kenapa tarikan pertamanya kurang tenaga,padahal filter2 baru semua,nozel bru dibersihkan,dan klu pagi2 hrs start panjang mesinya bru hidup.tpi klu mbil da jalan kecepatan spdo mternya mencapai angka 130km/jam.mohon penjelasanya,trimksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dibersihkan nozel-nozelnya pak..bisa dibaca artikel saya mengenai membersihkan injector

      Hapus
  39. Pak tanya salah satu angka odometer digital suka hilang dan klw kena guncangan muncul lagi. Bgmana betulinya pak

    BalasHapus
  40. Pak tanya salah satu angka odometer digital suka hilang dan klw kena guncangan muncul lagi. Bgmana betulinya pak

    BalasHapus
  41. pak bole tanya

    panther saya matic tahun 2002
    panther ku ada masalah, sewaktu di gas dia tak masalah, tapi begitu lepas gas. rpm nya bisa turun sampe mati. ada solusi pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. putar searah jarum jam pada knop setelan gas yang ada di dashborad pak..

      Hapus
    2. Maaf Ijin komentar Pak Eko, kebetulan untuk kasus panther "sewaktu di gas dia tak masalah, tapi begitu lepas gas. rpm nya bisa turun sampe mati", saya pernah alami, jika tanpa dilangsung kan tanpa WS (water sedimentor) mesin normal, maka hanya perlu ganti pompa water sedimentor. dan saran saya gantilah dengan yg asli. Salam kenal dari LS 2001 AT.

      Hapus
    3. oke..terimakasih pengalamannya sudah disharing..

      Hapus
  42. nyimak...tp pak ekonya mana ya...hehehe.....salam seduluran sak lawase panther mania kediri raya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf karena kesibukan dan aktifitas sehingga belum bisa jawab semua pertanyaan sahabat panther semua. namun saya berharap agar shabat-sahabat sekalian tetap sharing dan berbagi pengalaman

      Hapus
  43. Mas sy punya panther lv 2002 angka digital speedometer.nya kacau ada yg hilang, bs diperbaiki mas?

    BalasHapus
  44. Maaf pak bisa minta solusinya.phanter saya tahun 1993.problemnya "klau digas rpm dinaikkan trus dilepas stasionernya gk mau turun.jd lambat nutupnya"terima kasih bantuannya

    BalasHapus
  45. Maaf pak bisa minta solusinya.phanter saya tahun 1993.problemnya "klau digas rpm dinaikkan trus dilepas stasionernya gk mau turun.jd lambat nutupnya"terima kasih bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa kabel / kawat gas apakah ada seret? kadang ada kasus kawat gas mau putus biasanya bergejala demikian.

      Hapus
  46. Mas ikut tanya, sy punya panther touring 2002, kilometernya nggak hidup pernah hidup lg sendiri sekitar sebulan trus mati lg. Sama temen bengkel udah diganti sensornya pake yg baru tapittap nggak hidup. Kira2 apa masalah dan penanganannya. Bengkel Isuzu ngak ada di daerah sy. Bengkel yg ada nggak ada yang sanggup katanya digital computerize. Makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  47. Pak, panther saya grand touring 2005. Kaki kaki baru ganti dan rehab. Yg mau saya tanyakan, mengapa bantingan nya lumayan keras jika melewati jalan jelek, padahal setau saya panther bantingannya paling empuk dikelasnya. Ban GT radial savero A/T Ukuran 235, tek angin 30 depan, 35 belakang.

    BalasHapus
  48. Shock KYB Oli depan belakang, selalu sendirian saat bepergian, jalan yg saya lewati medan berbatu dan tanah.

    BalasHapus
  49. Saya barusan beli Hi sporty 96 dibawa dari solo-salatiga-klaten-ungaran lewat beberapa tanjakan tidak ada masalah. cuma kok kalau dipanasi asap yg keluar dari knalpot ngebul tebal putih ya pak? Trus pas oper gigi 4 ke 3 kdg terdengar suara krek kdg tdk. apakah ini tanda kerusakan berat??? panther pertama nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba disetel jumlah solar yang masuk ruang bakar agar lebih kaya, dengan cara memutar baut full load yang ada di pompa solar.
      bunyi krek saat pindah gigi bisa jadi karena faktor belum kebiasaan saja (usahakan saat injak pedal kopling lebih dalam lagi)

      Hapus
  50. Halo Mas Eko W....Sy punya Panther 95 Miyabi...preseniling 1 kecepatn mak 15km perjam,, persneling 2 kecepatan mak 20 km perjam.....setelah itu digas lagi gak bisa malah ngempos gak bisa lari...apakah ada bts kecepatannya u perseniling...u panther mesin 2300cc. Susahnya kalau mau nyalip...mobil bensin nyalip kurangi preneling lbh rendah...ini mlh harus tambah...apa mesin 2300cc gitu mas Eko...Maksih Jawabannya

    BalasHapus
  51. Salam mas eko. Sy pnya HG 95. Mo tanya knp RPM cm mentok ampe 2500. Klo gas diinjak lg malah ky tersendat mesinnya dan RPM malah turun. Mohon solusinya. (Fuel filter baru)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah saat dikendarai dengan RPM di bawah 2500 panther terasa ndut-endutan atau mulus saja?

      Hapus
  52. Bang Eko tinggal di jakarta gak?

    BalasHapus
  53. Salam mas eko, mau tanya apakah speedo ( km dan rpm mati ) bisa di servis apa ganti sak glondong. Kalau bisa di servis di daerah pati ada nggak ya tempat servisnya. Suwun.

    BalasHapus
  54. Cara mengukur jumlah solar yg masuk ke ruang bakar mksudny gmn?

    BalasHapus
  55. pak mau tanya panter saya tahun 2015 kalo pagi susa stater kalo lagi dingin padahal aki baru saringan semua baru. tolong solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pedal gas sambil diijak apa tidak gan?coba sambil diinjak agak sedikit dalam..

      Hapus
  56. salam mas eko,
    mas sy pny panther LV 2011, kendala panthera sy odometer (kilometer) nya kadang nyala kadang mati mas, tapi rpm berfungsi dengan baik, dalam jangka 1 bln kalo di perhitungkan bnyakan padam odometer nya, jadi mau taksir ganti oli harus pake anjak 1000 km lah mas, saya cari2 sensor nya gak tau letak nya dimana mas, kira kira dimana letak kesalahan nya ya mas, mhon pencerahan nya ya mas , trimaksih.

    BalasHapus
  57. Salam kenal pak eko,,,pak saya punya panter thun 92 bl kt mau yalain sllu tekn pemanas dolar & tu btuh waktu lama baru bisa nyala,,, mohon informasi

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum, Mas Eko. Salam kenal dan mohon ijin berhabung disini. Saya suka banget dg blog yg keren ini. Wawssan saya ttg Panther jd tambah.
    Saya baru memiliki Panther High Grade tahun 2000 beberapa bln lalu. Sdh kuajak jln jln dari pemalang, semarang, bandungan, temanggung, wonosobo, banjar negara, purwokerto, cilacap sampai bandung. Lumayan irit menurutku krn sekitar 1:11 atau 1:12. Tanjakan oke, jln datar apa lg. hanya kadang pada gigi 2 atau 3 kalau saya gas/geber agak kenceng antara rpm 2500 atau 3000 suka kaya lost power sesaat. Kaya solar telat atau ga bertenaga, tapi sesaat hbs itu biasa lg. Ntar klo di geber lg kadang bgt lg tapi ga sering, cuma kadang kala. Memang sejak beli blm pernah saya bersihkan baut apa td yg ada filternya. Tapi filter oli, solar sdh kuganti semua termasuk oli gardan, gear box, dan mesin sdh 2x kuganti sesuai jarak tempuh. (Catatan : oli mesin menggunakan Meditran SC, diganti tiap 3000 km). Mohon pencerahan dan sarannya.

    BalasHapus
  59. Selamat Pagi Pak Eko, Saya pengguna Izusu Panther sporty tahun 1997, kemarin di perjalanan (cirebon - jakarta via toll), filter solar saya kotor, begitu sudah diganti dengan filter baru di tempat tujuan dan menginap, keesokan paginya saat akan starter pagi sepertinya agak lambat hidupnya tidak seperti biasanya sebelum ganti filter solar (tidak langsung hidup), kira - kira penyebabnya apa ya pak Eko?, sebagai catatan : accu mobil baru saya ganti pada bulan Juni 2016 ini.Atas Informasi dan bantuannya diucapkan terima kasih. Salam Andy Wg

    BalasHapus
  60. Selamat siang mas Eko,saya pengguna touring 2002 pertanyaannya apa penyebab touring saya sering bunyi pada bagian kaki2,padahal tirodnya kiri kanan sdh diganti,dan cara setel ban biar tidak makan dalam..mksh mas Eko

    BalasHapus
  61. Mas Eko, mau nanya ; apakah nozle panther bisa dibersihkan? Maksudnya setelah ketahuan bahwa nozle nya kotor/tersumbat/mampet Itu bisa dibersihkan tanpa harus ganti nozle baru? Apakah kondisi nozle sangat berpengaruh terhadap tenaga atau tarikan panther? Maturnuwun...

    BalasHapus