23 Desember, 2011
Merawat fan belt
Salah satu komponen mesin yang sangat vital adalah fan belt ada juga yang menyebut V belt atau apa saja sebutannya, dimana komponen ini berfungsi untuk mentransfer energi putar dari poros engkol (puli) ke beberapa komponen mesin: kipas radiator, alternator, kompresor ac, dan power steering. Sehingga komponen tersebut bisa berputar dan menghasilkan energi yang dibutuhkan.
Dampak yang tidak diinginkan tatkala terjadi fan belt putus adalah:
1.Fan belt alternator, Fan belt kipas dan pompa air radiator putus, maka mobil akan mogok tidak lama kemudian, karena mobil tidak mendapatkan pasokan listrik (accu tekor jika dikendarai malam hari)dan mesin akan mengalami overheating karena radiator tidak bisa bekerja membuang panas mesin.
2.Fanbelt ac putus dan power steering putus, maka ac menjadi tidak dingin dan setir akan berat karena power steering tidak bisa berfungsi.
4.Fan belt untuk mendapatkan kevakuman mesin pada mobil diesel putus, maka mobil diesel sudah tidak dapat dijalankan karena mesin tidak mendapatkan kompresi.
5.Pada beberapa jenis mobil bahkan hanya ada satu fan belt untuk menggerakkan kesemua komponen di atas, jadi jika putus maka semua komponen mesin sudah tidak bisa bekerja.
6.Pada mobil panther terdapat pembagian fan belt, untuk fanbelt Alternator, dan kipas radiator menjadi satu dengan satu fanbelt yang bergerigi. Sedangkan fanbelt AC dan power steering menjadi satu dengan duabuah fanbelt.
Jelas akan menjadi sebuah kendala apabila tiba-tiba fan belt mobil anda putus di tengah perjalanan, meskipun untuk sejenak mobil masih bisa dipaksakan berjalan namun harus berhati-hati khususnya harus terus kontrol suhu mesin melalui panel indikator suhu mesin di dashboard. Jika suhu sudah mulai panas, segera matikan mobil sejenak agar temperatur turun dan setelah dingin baru kembali jalan untuk segera mencari bengkel. Ingat jangan menyalakan kelistrikan di mobil (Ac, tape, lampu besar) agar mobil tidak cepat tekor dan jarak tempuh bisa lebih jauh.
Dan yang paling penting adalah jangan sampai mobil mogok karena overheating karena jika sampai terjadi, maka sudah bisa dipastikan komponen mesin anda akan mengalami pemuaian yang berakibat mesin sudah tidak lagi presisi dan akan berdampak buruk pada mesin.
Fan belt terbuat dari bahan dasar karet dengan penguatan serat / kawat nilon atau baja, dimana bahan karet memiliki karakteristik yakni cepat aus. Agar v belt mobil anda tetap awet dan berfungsi dengan maksimal, maka berikut beberapa tips untuk merawatnya:
1.Periksalah kekencangan fan belt, jika sudah tidak kencang / kendur sebaiknya disetel ulang kekencangannya, namun jika terlalu kencang juga tidak baik karena bisa merusak perangkat yang diputar.
2.Periksa apakah ada retak-retak pada bagian dalam fan belt, jika nampak sebera ganti dengan fan belt baru.
3.Periksa ketebalan fan belt, jika sudah terlihat tipis segera ganti dengan yang baru.
4.Setiap servis rutin, mintalah bengkel untuk mengecek ketegangan fan belt, jika kendur dan masih bisa disetel mintalah di setel agar tidak terjadi selip fan belt yang mengakibatkan panas yang memperpendek usia fan belt dan komponen mesin lainnya tidak bekerja maksimal
5.Hindari pemakain gemuk / grease yang berlebihan pada fan belt dengan dalih fan belt berisik. Pemakaian grease yang terlalu banyak berakibat fan belt menjadi selip dan cepat panas. Untuk gemuk bisa memakai gemuk yang biasa digunakan oleh motor matic
6.Jika fanbelt terdengar bunyi menderit, berarti fanblet kering dan gunakan cairan semprot khusus perawatan fan belt yang bisa dibeli di supermarket untuk menjaga kelenturan fan belt. Semprotkan pada bagian pulleynya bukan pada tali fanbeltnya agar bisa merata pada seluruh bagian fan belt.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
matur nuwun tipsnya, saya yang awam panther, jadi ngerti, trimakasih.
BalasHapusSama-sama pak..
Hapuspak eko , panther saya kalo dalam kondisi dingin pertama kali dinyalakan , fanbeltnya ada bunyinya, tapi setelah mesin panas tidak ada bunyinya .. apa fanbelt saya normal ? kilometer mobil saya sudah 200.000 km, apakah fanbelt perlu diganti ? berapa harga fanbelt utk panther ? terima kasih sebelumnya ...
BalasHapusJika fanbelt bunyi berderit itu menandakan fanbelt dalam kondisi kering, jika fanbelt masih baru namun sudah berbunyi, maka bisa diberikan cairan perawat fabelt.
HapusNamun jika fanbelt terlihat sudah tipis dan ada retak retak halus, sebaiknya diganti saja Pak..
Mengenai harga fanbelt termasuk murah, untuk fanbelt dinamo hanya Rp.35.000 (merek Bando)
terima kasih info harga fan belt nya 35 ribu merk bando..
BalasHapusNamun jika fanbelt terlihat sudah tipis dan ada retak retak halus, sebaiknya diganti saja Pak. jadi bukan dilihat dari kilometer yg ditempuh mobil ya pak ? namun dilihat dari kondisi fanbeltnya. lalu bagaimana dengan pemasangan fanbelt ? apakah bisa dipasang di bengkel biasa atau harus bengkel Isuzu ?
mobil panther saya waktu saya jalankan berbunyi chittttttt.... trus pindah persneling 2 juga masih bunyi.. dan yang ketiga juga sedikit bunyi..
BalasHapusapakah ini ada hubungannya dengan fan belt. karena kalau di gas saja tanpa masuk persneling gak bunyi seperti itu.
bisa kasih masukan
Bunyi chitt itu bisa dari beberapa sumber, coba anda dengarkan dengan seksama sumber bunyinya. Jika memang dari Fanbelt, maka suaranya akan sangat berisik / berderit. biasanya saat awal mobil dinyalakan karena karet fanbelt mulai keras dan lambat laun akan mulai menghilang karena panas gesekan sehingga karet lebih lentur.
HapusSesekali boleh berikan fanbelt dresing ke fanbelt namun jumlahnya jangan terlalu banyak karena bisa selip. Dan jika memang sudah kondisi dan umurnya harus diganti maka segera diganti toh harganya tidak terlalu mahal.
kalau 1 fan beltnya rusak,apakah satunya lagi bisa dipakai? atau dua-duanya diganti ?
BalasHapusMohon jawabannya pak Eko
BalasHapusMohon maaf agak telat balasnya pak Jabangun..
BalasHapusUntuk penggantian vanbelt sebaiknya dilakukan sekaligus (dua-duanya) agar didapatkan kondisi vanbelt yang sama-sama baik sehingga setelan kekencangan vanbelt juga tepat. Karena vanbelt yang kondisinya sama-sama baru memiliki tingkah elastisitas yang hampir sama, hal ini berbeda jika salah satu baru dan satunya sudah berumur maka tingkah elastisitasnya tentu ada perbedaan.
Namun jika salah satu vanbelt masih bagus, juga tidak ada masalah jika hanya diganti satu vanbelt yang rusak.
اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, saya jadi megerti. Selama ini saya tidak terlalu memperhatikan. Terima kasih
BalasHapusSama-sama gan..
HapusEmang luar biasa agan wijanarko untuk urusan panther.....makasih banyak atas artikel artikelnya....selalu ditunggu artikel artikel terbarunya jika memungkinkan sertakan gambar dan cara cara pengerjaanya....
BalasHapusTerimakasih gan..mohon maaf memang saya belum sempat untuk menyajikan artikel yang komprehensif disertai dengan gambar-gambar karena disela kesibukan di luar kota saat ini. Namun demi semangat berbagi ilmu dan pengalaman, maka saya akan berusaha untuk memberikan info-info dan tips seputar mobil panther. Terimakasih atas saran dan masukannya..
HapusTerima kasih telah bagi pengalamanya pak
BalasHapusSelamat sore om Eko,
BalasHapusOm, apakah cairan perawat tali kipas krusial untuk digunakan ya? Saya baca2 ada yang disemprotkan kepada tali kipas.
Btw, kendaraan saya baru 1000 Km, apakah kalau memang perlu aditif tersebut artinya harus disemprotkan dari sekarang.
Suwun ya om Eko
Kalau dibilang apakah cairan perawat tali kipas krusial untuk digunakan, kalau menurut pendapat saya tidaklah terlalu krusial. Cairan perawat ini fungsinya agar tali kipas tidak kering dan tetap elastis. Jadi boleh saja digunakan agar tali kipas terawat baik namun bukan sebuah keharusan.
HapusSelamat sore Om Eko, saya baru saja mengganti fan belt panther LS 2009 milik saya (fan belt kembar yang ada 2 belt utk AC dan PS). Pengerjaan dilakukan oleh montir di bengkel saya.
BalasHapusSetelah saya pasang kemudian saya tekan terasa belt yang bagian dalam lebih kendor dibanding yang luar. Sehingga yang terjadi ketika mesin hidup selalu slip. Saya mengetahui slip dari tanda merk (mitsuboxxx) yang saya sejajarkan diawal selalu berubah-ubah posisinya.
Sedangkan keluhan seperti suara mendecit dan lainnya tidak saya rasakan. Apakah hal ini normal?
Mohon penjelasannya. Terima kasih sebelumnya.
Itu tidak normal, seharusnya tingkat kekencangannya sama antara 2 fanbelt tsb. kemungkinan ada sedikit kesalahan saat pengencangan. bongkar ulang dan setel dengan betul, jika masih selip kemungkinan crackshaf atau dudukan fanbelt PS dan AC ada masalah (oblak)
HapusPk Eko mau nanya cairan semprot untuk perawatan fanbelt itu merknya apa yg disarankan dan brp harganya.
BalasHapusBanyak merek dipasaran, salahsatunya merek Dobeli..soal harga bisa dicek di toko Gan...(gak lebih dari 50rb)
HapusPak eko,
BalasHapusSy punya panther 2,5 thn 97. Baru2 INI stir terasa berat, tapi saat menerjang Genangan air yg cukup Tinggi, tiba2 ada bunyi mendecit pada bagian mesin spt pada bagian belt, Dan saat ITU juga stir Langsung terasa ringan. Tapi hanya bertahan bbrp hari, setelah ITU stir terasa berat lagi. Yang ingin sy tanyakan, apakah penyebab stir berat tsb ? Apakah dari komponen power steering atau belt ?
Sy sangat mengharapkan jawaban Dari Pak eko, terimakasih.
Ada kemungkinan fanbelt power steringnya sdh tidak kencang lagi, sehingga selip saat memutar pompa power stering. Ganti fanbelt baru dan setel ulang kekencangannya
HapusMobil panther thn 92 tiap pagi kalau dinyalakan harus dipancing dgn bensin dulu..itu knp pak ?
BalasHapusKemungkinan besar busi pemanas (glowplug) sudah rusak pak. Bawa ke bengkel dan minta ganti busi pemanas dengan yang baru
HapusSaya punya mobil kijang LSX 2000, ada bunyi menderit atau gesekan di daerah mesin, pernah juga ketika mobil jalan muncul, kata montir harus diganti, belt2 semua, udah ganti ternyata masih bunyi, laher dinamo ampere, udah diganti msh bunyi, lalu kompresor, udah dicek oke tapi masih bunyi, apanya lagi ya Pak Eko yg membuat munculnya suara itu?
BalasHapusterima kasih pak .eko atas artikrlnya,semoga bermanfat bagi p.eko dan keluarga
BalasHapusmaaf pak, mobil panther 96, kalau kena air hujan atau banjir terdengar suara kritik2 di bagian bawah kiri mesin, apanya ya pak? solusinya gimana? kalau kondisi kering tak bersuara, jadi saya bawa ke bengkel gak ditemukan. matur nuwun.
BalasHapusluaar biasaa...makasih pak eko
BalasHapusPak saya mau nanya kenapa penbel mobil bisa lepas padahal kan ga terjadi apa2 sama pemutar panbel nya saya jadi bingung sama ke adaan mobil saya
BalasHapusBisa jadi fanbelt sudah kendor, atau juga setelan fanbelt tidak pas antara pully dan bagian lainnya tidak segaris pak..sehingga fanbelt bisa keluar.
HapusMakasih Pak Eko, ijin artikel saya simpan
BalasHapusmakasih infonya pak,sangat bermanfaat bagi saya,saya mau tanya tapi mohon maaf di luar tema .
BalasHapusphanter saya grang royal 97,power window yang kanan depan(dekat stir) bisa turun tidak bisa naik jadi mobil tidak bisa ditutup dan tidak nyaman sekali karena tempat parkir di depan rumah.untuk menutup nya terpaksa saya jamper dengan kabel langsung dari aki baru bisa naik & turun,
tapi kalau saya sambung soket nya lagi hanya bisa turun saja.
kira2 kenapa tombol naiknya ko ga bisa ya pak?mohon solusinya
makasih.
ditambah relay aja GAN dan di ambilkan dari kabel dari aki langsung yang diberi fuse
Hapustrims pak eko
BalasHapusMaaf mau tanya pak eko.....lampu indikator pompa solar dan lampu accu kalau mesin dinyalakan kok lama matinya....setelah di gas atau digeber2 lampu keduanya baru mati kenapa dan bagaimana sousinya..Pak Eko trims
BalasHapuspak eko...memang oke thanks
BalasHapusdi luar tema pak.......mau tanya lampu indikator accu dan pompa solar tekadang menyala bersamaa saat mesin hidup.......dan saat di GAS2 atau RPM dinaikan keduanya mati....itu kenapa pak Eko... trims
BalasHapusmalam pak, maaf nih agak nyimpang mobil nya,MBL saya Hyundai Verna,klo baru diidupin bunyi mendecit sbntar di area mesin,kalo setir dibelokan kanan/kiri muncul lg bunyinya..kira2 apanya ya pak,mohon bantuannya. makasih
BalasHapusapa benar pak kalau kendaraan sering di VET itu terotnya lebih awet.....makasih pak .
BalasHapusPak Eko, sy pemakai Panthre royal 97, ada keluhan suara "ngus-ngus" dengan interval yg teratur di mesin, tadinya tdk ada, sy coba dengarkan, sumber suara ada di sekitas belt/ fan, pokoknya disekitar itu. mohon pencerahannya ya pak. trims.
BalasHapusP. Eko sangat membantu....dlu mo beli mobil masih ragu...mo ambil apa...setelah sering ngunjungi blog p. Eko akhirnya q putusin ambil kucing....ulasanya lengkap...jadi ngerti ngrawat mobil...makasih p. Eko...sementara apa yang sya pengen tau uda semua di ulas...lo ada masalah tentang kucing sya pasti akan tanya p. Eko...:)
BalasHapusPa..xenia saya kalau menginjak genangan air yg lumayan bnyk tiba2 fanbelt bunyi berderit dan mesin mati..mohon petunjuk apa penyebabnya..
BalasHapusPa..xenia saya kalau menginjak genangan air yg lumayan bnyk tiba2 fanbelt bunyi berderit dan mesin mati..mohon petunjuk apa penyebabnya..
BalasHapussngat bermanfaat artikelnya pak eko. mau nanya pak, baru saja menggunakan panther new royal setiap belok pasti kok terdengar suara deritan.. itu fantbelnya ya pak? #mohon infonya. terimakasih sebelumnya
BalasHapusSalam Pak Eko... mau tanya nih. panther saya th 93 kalo hujan gitu kadang lampu besar / jauh mati. kenapa dan solusinya gimana ya kira..2 . terimakasih
BalasHapusSalam Pak Eko... mau tanya nih. panther saya th 93 kalo hujan gitu kadang lampu besar / jauh mati. kenapa dan solusinya gimana ya kira..2 . terimakasih
BalasHapussalam panther 2.3 95, disaat injak kopling persnelling tinggi ada bunyi klontong2x dr belakang da pak ya kira2 makasih sebelumnya
BalasHapusitu krn usang kampas koplingnya
BalasHapusselamat pagi pak eko salam hormat dan salam kenal, saya hari di bekasi,saya memelihara ispan grand touring 2010, mohon pencerahannya pak eko terkait dengan panther saya apabila stir saya putar habis ke kanan / ke kiri terdengar bunyi mendecit seperti bunyi fan belt kering, padahal utk fan belt baru saja saya ganti pak eko, terimakasih sebelumnya pak eko atas pencerahannya....selamat pagi
BalasHapusSelamat pagi mas Eko, maaf mengganggu..
BalasHapusSaya Murtadho dari Demak.
Saya pemakai Isuzu Phanter LS 2001, mau nanya nih...?!
Mobil saya udah abis ganti oli, filter solar, filter udara jg filter oli.
Tetapi sepertinya tenaga/tarikannya kurang maksimal, dan apalagi pas AC dinyalakan ketika kondisi berhenti (misal dilampu merah) mesin seperti mau mati.
Untuk knalpot berasap putih (pedih dimata), dan gak ilang-ilang meski mesin udah panas.
Kemarin saya masuk ke spesialis buschpump tp katanya ndak ada masalah dg nozelnya.
Malah dibilang kemungkinan ring piston.
Kira-kira betul ndak ya mas kemungkinannya...?
Dan untuk servis ring piston, biasanya meliputi apa saja ya..?
Dan kira-kira butuh biaya kisaran berapa..?
Maklum kurang paham mesin, soalnya selama ini cuma servis-servis biasa aja dibengkel..
Mohon tanggapan dan masukannya..
Terimakasih sebelumnya ya, mas...?!
Selamat sore pak eko, saya punya panther LS tahun 2003, belum turbo, seminggu ini panther saya ada maslah, kalo tengah hari jika ac dihidupkan seluruh putaran fan belt nya berhenti tetapi mesin tetap hidup sehingga setir dan rem jadi kaku, mohon masukan terhadap permaslahan mobil saya makasih banyak atasbanruannya
BalasHapusSelamat pagi pak Eko,...kenapa yaa kalau mesin dingin di pagi hari , mobil di start ter,..getaran keras pada mesin nya , abrug abrugan,...mobil phanter 2007 turbo....? Mohon pencerahan pak Eko ,..matur nuwun,..
BalasHapusPa Eko pensiun yahh
BalasHapusPa Eko punya akun YouTube ga yahh
BalasHapusApakah v-belt isuzu panther 23 tdk menggerakan system mekanisme katup/klep?
BalasHapus