28 November, 2011

Jembatan Roboh di Sungai Mahakam



Runtuhnya konstruksi jembatan sungai Mahakan di daerah Kutaikartanegara menjadi salah satu tragedi baik kemanusiaan maupun dunia keteknikan di Indonesia. Jembatan Kukar yang panjangnya 1,050 kilometer tersebut merupakan jembatan gantung milik pemerintah provinsi dan bukan jalan nasional atau kewenangan pemerintah pusat. Namun, sebagian dana pembangunan jembatan gantung tersebut berasal dari APBN sebesar Rp36 miliar (Sumber Media Indonesia).
Tempo interaktif menyebutkan bahwa jembatan ini pernah ditabrak ponton pengangkut batu bara beberapa kali, hal ini menyebabkan kerusakan pada jembatan dan saat sedang diperbaiki terjadilah keruntuhan jembatan tersebut. Media Indonesia juga menyebutkan tiga tahun lalu sempat runtuh juga akibat tertabrak kendaraan besar tronton, tapi tidak lama kemudian bisa dipergunakan kembali.
Sumatera express menyebutkan bahwa selama sepuluh tahun, jembatan ini mendapat tiga kali perbaikan. Pada perbaikan ketiga yakni mendongkrak dan mengencangkan kabel jembatan, petaka itu tiba. Petaka 30 detik di sore 26 November 2011.
Untuk saat ini sedang difokuskan untuk upaya evakuasi dari korban. Beberapa instansi juga ikut berupaya untuk melakukan investigasi mengenai penyebab runtuhnya jembatan ini. Polri bersama tim dari ITB melakukan investigasi mulai dari proses awal (tender) sampai dengan kejadian runtuhnya jembatan.
Sumatera express juga menyebutkan bahwa penyelidikan yang dipimpin Iwan Zarkarsih, kasubdit teknik jembatan Ditjen Bina Marga, Kementerian PU, tim menemukan penggantung kabel penyangga jembatan menancap di tanah, sekitar lima meter dari fondasi jembatan.
Penggantung (hanger) kabel penyangga ini panjangnya satu meter, berbahan baja, dan memiliki berat sepuluh kilogram. Sejumlah anggota tim menduga, penggantung yang berfungsi sebagai pengait kabel penyangga pada kabel utama tak mampu menahan beban. Sebab, mur yang menempel di penggantung ditemukan patah.
Baca artikel terkait:
1.Jembatan Marunda runtuh
2.Reinforced concrete

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar