26 November, 2011

Warga menolak pabrik semen


Pegunungan kendeng utara berada di wilayah kabupaten Pati bagian selatan dikenal memiliki sumberdaya alam diantaranya adalah kaya akan bahan baku semen. Untuk itu beberapa perusahaan semen berupaya untuk mendirikan parik semen disana.
Namun berbagai unsur masyarakat disana sudah berusaha sekuat tenaga untuk menolak pendirian pabrik semen di sana, salah satunya dengan menandatangani petisi tentang penolakan warga atas rencana pendirian pabrik semen dilokasi tersebut yang sudah dikirimkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan (Kompas, 26 Nopember 2011).
Perlu diketahui bersama bahwa rangkaian pegunungan kendeng yang membentang di daerah Kab. Pati, Kab. Kudus dan Kab Grobogan merupakan salah satu kawasan penyokong untuk sumber air (DAS) bagi kebutuhan masyarakat di beberapa kabupaten di wilayah Jawa Tengah bagian timur utara tersebut (salah satu wilayah lumbung padi Jawa Tengah). Masyarakat di wilayah tersebut sebagian besar berprofesi sebagai petani yang membutuhkan air irigasi untuk mendukung kegiatan pertanian. Akan sangat berdampak luar biasa luas khususnya pada produksi pertanian apabila kawasan pegunungan tersebut rusak akibat eksploitasi kegiatan usaha pertambangan yang dapat berakibat merusak lingkungan dan sumber air.
Seyogyanya pemerintah lebih mendalam lagi dalam melakukan kajian mengenai dampak dari rencana eksploitasi pegunungan kendeng untuk usaha pertambangan semen, karena perekonomian masyarakat di wilayah seluas itu akan ikut terpukul jika terjadi kerusakan lingkungan di kawasan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar