10 November, 2010

Tambal tangki


Bagi anda yang memiliki sepeda motor jenis sport (bukan bebek), seringkali dihadapkan pada masalah tangki bahan bakar yang tiba-tiba bocor. Kebocoran bisa dideteksi dari bau bahan bakar yang menyengat sampai pada tetesan bahan bakar yang ada di lantai tepat dibawah motor kita saat parkir.
Penyebab utama kebocoran tanki karena adanya air di dalam tanki yang tidak bisa keluar, sehingga menyebabkan karat yang lama kelamaan membuat plat tanki menjadi tipis dan akhirnya bocor.
Air bisa masuk ke tanki melalui beberapa cara:
1.Kandungan air pada bahan bakar lama kelamaan mengendap di tanki.
2.Air hujan dan air bekas cucian motor yang masuk melalui lubang pengisian bahan bakar yang sealnya sudah tidak rapat lagi.
Jika kondisi darurat, untuk sementara kebocoran bisa diatasi dengan menggunakan sabun mandi padat/batangan (merek apa saja) untuk menambal lubang yang bocor. Caranya:
1.kerok tipis lapisan sabun mandi
2.Lengketkan perlahan ke lubang yang bocor lapis per lapis.
3.Ulangi terus hingga beberapa lapis sampai sudah tidak terlihat ada bocoran atau rembesan.
4.Kekuatan tambalan ini bisa bertahan sampai satu minggu asal tidak terkena air.
Setelah ditambal darurat, ada baiknya anda segera memperbaiki tanki yang bocor tersebut dengan cara yang lebih permanen. Ada dua cara yang bisa anda tempuh: ditambal dengan lem plastic steel atau anda bawa ke tukang las karbit untuk ditambal dengan timah atau logam sejenisnya.
Langkah untuk perbaikan lubang bocor dengan lem plastic steel :
1.Lepaskan tangki dari body motor anda.
2.Kuras bensin dan air yang ada di tanki sampai benar-benar kosong.
3.Jemur di bawah terik matahari sekitar 30menit untuk memastikan semua bensin dan air yang ada di dalam tangki semua sudah keluar. Jika masih ada air yang tersisa di dalam tangki maka ada kemungkinan tangki bisa bocor kembali lain waktu.
4. Setelah benar-benar kering, gosoklah bagian tangki yang bocor dengan sikat brush kuningan atau amplas sehingga lubang benar-benar terlihat bahkan kalau ada bakal lubang disekitarnyapun bisa ketahuan.
5.siapkan campuran lem plastic steel (misal Dextone) antara tube warna hitam dan tube putih dengan perbandingan seimbang campurkan dengan merata sampai warnanya berubah menjadi abu-abu.
6.Oleskan pada lubang yang bocor dan area disekitarnya. Lakukan pengolesan dengan cara berlapis. Lapisa pertama minimal pada daerah yang bocor dan radius disekelilingnya. biarkan beberapa saat sampai terlihat lem mulai mengeras. Timpa dengan lapisan kedua dan biarkan sampai lem terlihat mulai mengeras dan akhiri dengan lapisan ketiga.
7.Jemur kembali sampai terlihat lem benar-benar mengkilat dan keras (antara 3 sampai 4 jam) dibawah terik matahari.
8.Pasang kembali dan isi dengan bensin, lihat beberapa saat apakah ada rembesan pada tambalan yang telah dibuat. Jika masih ada terpaksa anda bongkar kembali dan ikuti langkah 1 sampai 7 kembali. Jika tidak ada bocoran, maka anda bisa memasang kembali tanki ke dudukan motor anda.
Baca juga artikel terkait lainnya:
1.Membersihkan tanki mobil
2.Teknik mengendarai motor
3.Merawat Accu
4.Merawat Isuzu Panther

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar