26 Mei, 2011

Ganti baut roda


Pernahkah anda mengalami baut roda putus karena anda terlalu keras mengencangkannya saat ganti ban? Jangan panik…apabila jumlah baut tiap roda anda 4 baut atau lebih, maka jika terjadi putus 1 buat anda masih bisa melanjutkan perjalanan guna mencari bengkel atau toko onderdil.
Baut roda terbuat dari baja alloy yang memiliki titik leleh cukup tinggi (baja mutu tinggi), namun apabila terlalu sering di kendor-kencangkan dan akibat beban yang bekerja sekian lama maka mutu baja akan bisa turun atau bentuk baut roda sudah tidak lurus lagi alis bengkok. Lama kelamaan baut juga bisa putus atau patah. Untuk itu sebaiknya anda selalu sediakan baut dan mur cadangan di mobil untuk mengganti bila sewaktu-waktu mengalami patah baut roda.

Cara penggantian baut roda cukup mudah,anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1.Siapkan alat-alat : Palu ketok, Kunci roda dan baut roda pengganti

2.Kendorkan ban yang akan diganti bautnya.

3.Dongkrak dan kemudian lepaskan ban dari dudukannya.

4.Pukul dengan palu pada baut yang patah perlahan dengan ketukan rata sampai baut keluar dari dudukan plat.

5.Pasang baut baru pada lubang dudukannya dan pasang mur pada baut tersebut, kencangkan perlahan sampai baut terpasang sempurna dan kencang.

6.Lepaskan mur dan pasang kembali roda ban seperti semula.

7 komentar:

  1. Thaks bro, sangat bermanfaat artikelnya...

    BalasHapus
  2. makasi, slama ini takut kalo baut roda lumpur....

    BalasHapus
  3. ya pak sore ini saya mengalaminya, tapi roda depan yang kiri, apa cara diatas bisa?,,kata bengkel klaker harus dilepas, betulkah??ane besok mw kebengkel.

    BalasHapus
  4. Sy prnh jg.tp g bs lsg lepas patahan bautnya,harus lepas bearing dulu,trs baut 17 pk kunci sok(4bh)br bs gnt.lam kenal dr kaltim.085245304136

    BalasHapus
  5. mungkin itu berlaku untuk ban yang menggunakan tromol mungkin ya............apakah ban yang menggunakan cakram jg prosesnya demikian??? mohon infonya ya broooo....ane punya mobil carry 15...kebetulan ane pake ban racing, jadi peleknya aga tebal dan otomatis baud rodanya kurang panjang.....saya ada rencana mau ganti baud sendiri....mohon infonya ya brooooo....thanks....slam kenal.

    BalasHapus