12 Agustus, 2011

Persiapan Mudik

Sudah menjadi rutinitas yang bersifat sacral dan merupakan keharusan bagi sebagian besar warga masyarakat untuk merayakan hari raya Idul fitri di kampung halaman. Setelah satu tahun bekerja di kota, maka giliran pulang kampung (mudik) untuk berbagi kisah dan hasil yang didapatkan dalam pekerjaan yang telah digeluti. Perasaan bangga dan ingin dipandang sukses dengan bekerja di kota serentak ingin segera dibagi dengan sanak saudara di kampung halaman.
Ritual mudik menjadi ritual tahunan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak aspek yang harus dipersiapkan agar rutinitas mudik menjadi menyenangkan dan bukan membawa kesengsaraan. Perjalanan dari kota menuju kampung halaman dapat ditempuh dengan berbagai moda angkutan baik darat, laut maupun udara. Durasi dan jarak tempuh perjalanan juga bermacam-macam, hal ini juga berkaitan dengan kondisi fisik para pemudik yang rata-rata masih berpuasa. Belum lagi tempat tinggal di kota yang ditinggalkan dalam beberapa waktu juga butuh perhatian tersendiri agar aman dan terhindar dari berbagai bahaya yang bisa mengancam semisal kebakaran.
Masih banyak lagi hal yang harus diperhartikan sesaat sebelum mudik, saat perjalanan mudik, saat dikampung halaman, saat perjalanan balik dan pasca mudik. Berikut adalah beberapa tips yang semoga bermanfaat bagi kita sekalian yang tahun ini berencana mudik:
1.Buatlah perencanaan yang matang sebelum mudik. Tentukan moda transportasi apa yang palik tepat untuk digunakan mudik, berkacalah pada pengalaman mudik tahun-tahun sebelumnya. Setiap moda transportasi yang dipilih memiliki kelebihan dan kekurangan.
- Mudik dengan menggunakan kereta api : Harus membeli tiket 30 hari sebelum hari keberangkatan, dari banyak pengalaman ternyata untuk mendapatkan tiket kereta api sangat sulit mulai dari prosesi antrian yang panjang dan masalah jumlah tiket yang tersedia sampai pada masalah calo yang bisa membuat harga tiket menjadi membumbung tinggi. Kelebihan dari moda ini adalah waktu tempuh menjadi lebih cepat karena tidak terjebak kemacetan. Moda ini sangat tepat bagi anda yang berencana mudik dari Jakarta menuju daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jika anda memiliki keterbatasan dana, maka anda bisa menggunakan kereta api kelas ekonomi, namun jenis ini tentunya bagi sebagian besar penumpanganya sangat tidak nyaman karena jumlah penumpang tidak bisa dikendalikan (berjubel) dan fasilitas kerata seperti toilet tidak berfungsi karena berubah fungsi menjadi tempat bagi penumpang yang tidak kebagian tempat.
-Mudik dengan menggunakan Pesawat tebang : bagi sebagian orang, moda ini adalah moda yang paling tepat karena waktu tempuh yang singkat sehingga lebih cepat sampai tujuan dan energy juga tidak terkuras habis diperjalanan. Namun kelebihan tersebut juga harus ditebus dengan biaya tiket yang lebih mahal dari pada moda lainnya. Moda ini sangat tepat bagi anda yang berencana mudik menuju daerah di luar jawa.
-Mudik dengan kapal laut : moda transportasi ini merupakan salah satu moda transportasi missal yang bisa mengangkut penumpang dalam jumlah yang sangat besar, sehingga ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi para pemudik, diantaranya: waktu tempuh menjadi cukup lama, kemanan cukup rentan karena banyaknya penumpang namun harga tiket biasanya cukup murah jika dibandingkan moda angkutan udara. Bagi pemudik di luar jawa yang memiliki keterbatasan dana karena harus membawa sanak keluarga yang banyak maka bisa memilih moda ini.
-Mudik dengan Bus AKAP : moda ini lebih flexible dari pada moda kereta api, karena memiliki lebih banyak jumlah angkutan sehingga memiliki banyak tempat tujuan, waktu keberangkatan yang bisa disesuaikan, harga tiket relative lebih murah dari pada kereta api eksekutif. Namun moda ini rentan terhadap keterlambatan karena harus menghadapi resiko kemacetan sampai pada tingkat resiko kecelakaan lalu lintas yang relative lebih tinggi.
-Mudik dengan mobil pribadi : moda ini adalah moda yang paling bebas dan tidak terikat waktu / jadwal. Perjalanan dan tujuan bisa disesuaikan dengan kehendak para penggunanya, kapanpun mereka ingin mulai perjalanan ataupun beristirahat sesuai kehendak penggunanya. Tidak perlu lagi melakukan antri tiket sepeti halnya pada moda angkutan umum. Moda ini cukup efektif untuk anda yang memiliki anggota keluarga antara 8-10 orang bisa menggunakan jenis mobil MPV. Biaya perawatan kendaraan, bahan bakar dan tol jika dihitung juga tidak lebih mahal dari pada harga tiket kendaraan umum ataupun kereta api. Namun moda ini menyimpan potensi keterlambatan dan tingkat resiko kecelakaan lalu lintas yang cukup besar. Diperlukan para pengemudi yang sudah cukup faham akan kondisi perjalanan yang akan dilalui dan tentunya membutuhkan energy yang cukup besar. Bagi yang tidak memiliki kendaraan sendiri, sekarang juga banyak tersedia jasa rental mobil.
-Mudik dengan Sepeda motor : Tren penggunaan sepeda motor untuk mudik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyak hal yang melatar belakangi banyaknya pengguna motor diantaranya: praktis, mudahnya mendapatkan / membeli sepeda motor, kebebasan waktu dan tujuan, biaya sangat murah, dan juga pertimbangan saat di kampung halaman juga bisa digunakan untuk mobilitas. Semakin tahun teknologi sepera motor memang semakin maju, sepeda motor saat ini memiliki kualitas yang cukup baik sehingga bisa melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi dan mampu menempuh jarak yang relative jauh tanpa banyak kendala. Namun tetap harus diwaspadai bahwa moda inilah yang paling rawan terjadi insiden kecelakaan lalu lintas. Jika anda berencana menggunakan moda ini maka siapkan fisik dan mental anda untuk menempuh berbagai medan yang akan ditempuh, maksimal dua orang tiap sepeda motor dan jangan membawa anak-anak, bawalah barang seperlunya saja, berhati-hati dan selalu bijaksana di jalan.
2. Rencanakan dengan seksama mengenai pengamanan tempat tinggal / rumah yang akan ditinggalkan selama mudik. Kejahatan dan bencana kebakaran selalu mengintai rumah – rumah yang ditinggalkan penghuninya. Jadi ada baiknya anda sekalian berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat bahwa anda akan melakukan ritual mudik dan berikan nomor telpon yang bisa dihubungi selama mudik agar anda bisa dihubungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada baiknya anda juga meminta kontak person dari keamanan setempat untuk bisa selalu memantau kondisi tempat tinggal kita.
3.Jika ada dana lebih, anda bisa memasang kamera cctv di lingkungan rumah anda sehingga bisa diketahui segala aktifitas dilingkungan rumah kita selama kita tinggalkan. Saat ini banyak dijual di toko elektronik berbagai jenis camera cctv yang harganya cukup terjangkau.
4.Ada baiknya anda memasang saklar otomatis (berbasis LDR) pada lampu rumah dan lampu halaman, sehingga rumah anda terkesan tidak kosong karena lampu rumah dan halaman akan menyala secara otomatis pada malam hari dan segera padam pada pagi harinya. Hal ini akan memberikan kesan kepada para pelaku kejahatan bahwa rumah tersebut ada penghuninya.
5.Padamkan seluruh perlengkapan listrik yang tidak dibutuhkan khususnya yang membutuhkan daya besar seperti pompa air, AC, setrika, dispenser, TV, dan sebagainya. Lepaskan steker dari stop kontak, hal ini untuk menghindari konsleting dan terbakarnya kabel yang bisa menyulut kebakaran. Pastikan semuanya aman dengan memeriksa beberapa kali agar tidak ada yang terlewatkan.
Baca artikel terkait:
1.Catatan Mudik Lebaran 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar