17 November, 2012

Sistem Perpipaan minyak CPO

Saya akan berbagi sedikit apa yang saya ketahui mengenai teknik perpipaan (piping engineering) khususnya pada sistem perpipaan minyak CPO.
Indonesia dewasa ini adalah negara penghasil CPO (Crude palm Oil) terbesar di dunia. Minyak CPO dihasilkan dari bijih kelapa sawit setelah mengalami berbagai proses di pabrik pengolahan kelapa sawit. CPO bisa diolah menjadi berbagai produk olahan yang bernilai ekonomis mulai dari : minyak goreng, margarin, bahan baku kosmetik sampai menjadi Biosolar.
Untuk mendistribusikan CPO dan berbagai produk olahannya diperlukan beberapa perlengkapan khusus salah satunya dengan menggunakan pipa-pipa dan berbagai perlengkapan pendukungnya.
Sifat CPO dan turunannya ada yang bersifat asam sehingga memerlukan pipa dengan bahan stainless steel (SUS 304) sedangkan yang tidak bersifat asam bisa menggunakan pipa berbagan Carbon Steel (CS).
CPO juga harus ditransportasikan dengan suhu tertentu sehingga harus dijaga suhu CPO yang mengalir dalam pipa agar tidak terjadi pembekuan, untuk itu diperlukan sistem pemanasan (steam) dengan menggunakan sistem pipa traching dan isolasinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar