10 April, 2011

Ban benjol

Pernahkah anda mengalami kejadian ban mobil anda benjol? Gejalanya adalah mobil terasa endut-endutan naik turun dan apabila terjadi di ban depan, maka setir akan terasa bergetar dan ngebanting.
Jika anda merasakan hal tersebut pada mobil anda, segera menepilah dan periksa kondisi daerah sekitar dari dalam mobil sebelum anda turun, setelah dirasa aman turun dan periksa kondisi ban mobil anda satu persatu. Rabalah permukaan ban dengan tangan secara perlahan sampai anda merasakan adanya benjolan pada tapak ban. Jika anda menemukan, maka segeralah ganti ban tersebut dan jangan dipakai lagi karena beresiko ban pecah.
Faktor penyebab ban benjol adalah:
1. Kualitas ban yang buruk. Ada beberapa merek ban yang beredar di pasaran terkenal sering mengalami benjol. Hati-hati jika anda ingin membeli merek-merek tersebut.
2. Usia ban sudah melewati masa pakainya. Layaknya usia pakai ban adalah 4 tahun setelah ban diproduksi. Jika lebih maka karet ban menjadi getas dan tidak cukup elastis lagi.
3. Tapak ban sudah terlalu tipis, hal ini akan berpengarus terhadap kekuatan ban secara keseluruhan, jika sudah tipis berarti ban makin rentan benjol bahkan bisa pecah secara mendadak.
4. Muatan berlebih. muatan yang berat dan berlebih dari kapasitas ban akan dapat merusak ban khususnya kawat / nylon sebagai tulangan dari ban tersebut dapat putus dan akhirnya ban tidak dapat menahan tekanan udara di daerah putusnya kawat tersebut akhirnya muncul benjolan.
5. Kondisi jalan yang buruk. Saat melintasi jalan buruk ban akan menerima gaya tekan yang tidak merata sehingga berpotensi terjadi benjol pada bagian ban yang menerima tekanan berlebih dari permukaan jalan yang tidak rata

9 komentar:

  1. Terimakasih banget untuk Mas Eko Wijanarko,
    semua penjelasan sangat dimengerti dan sangat membantu.
    Jika Mo konsultasi bisa langsung lewat sini ya Mas?

    Trims
    Okim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa...kita share apa saja yang kita ketahui Gan..

      Hapus
    2. kalau setir belok kiri kayak berat tp pas bunyi tek langsung ringan tp klo belok kanan tidak,pernah ngalami gak?

      Hapus
    3. Ada kemungkinan ball join roda kiri sudah oblak..jadi bunyi tek. sebaiknya bawa ke bengkel kaki-kaki untuk diperiksa apakah ada ball join yang rusak dan dilakukan perawatan dengan vet/nyototi/mlototi (sesuai bahasa mekanik tiap daerah berbeda-beda) agar setir menjadi ringan kembali.

      Hapus
  2. Panther saya menggunakan ban dengan ukuran 185/ 55 R 16. Saya ingin ganti pelek ring 14. Kira - kira menggunakan ban ukuran berapa yang paling tebal agar tampilan tetap tinggi

    BalasHapus
  3. Kl modif baut roda jad 5 atau 6 ky mobil lain bs g ya? Panther cm 4bh jd agak riskan.lam kenal dr pedalaman kaltim.085245304136

    BalasHapus
  4. panther 94, kalao untuk belok kanan agak dalam ada suara "krengggg dari ban" kira-kira apanya ya, tapi kalo belok sedikit normal2 saja. terus ban kiri baru diganti baru, koq utk jalan malah bergetar, itu juga apanya ya? tks atas penjelasannya.

    BalasHapus