26 Mei, 2011

Membersihkan nozel injector Panther


Jika anda merasa mobil panther terasa bolot alias sudah tidak bertenaga dan tidak mampu berlari kencang, ada kemungkinan nozel dan injektornya kotor. Injektor/ nozel yang kotor akan mengakibatkan gangguan suply bahan bakar ke ruang bakar sehingga berakibat performa mesin menurun. Idealnya solar disemburkan oleh nozel ke ruang bakar dalam bentuk semburan sempurna (seperti kabut pekat), semakin kecil partikel solar yang disemburkan, maka pembakaran akan berlangsung semain baik. Sebaliknya jika nozle sudah kotor, maka semburan bahan bakar ke ruang bakar tidak bisa berkabut (sering orang bilang seperti kencing) akibatnya pembakaran terjadi kurang bagus.
Untuk itu perlu dilakukan perawatan / pembersihan nozel yang kotor tersebut bahasa yang sering dipakai “purging”. Beberapa bengkel mobil diesel dapat melayani purging (dengan obat purging khusus dan metode purging tertentu) sehingga hasilnya performa mesin akan kembali prima. Biaya berkisar Rp. 250.000 (termasuk Liquimoly dan jasa purging).
Namun apabila anda ingin melakukannya sendiri (DIY) maka dapat dilakukan pembersihan nozel / injektor kotor dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.Belilah cairan pembersih nozel / injektor semisal : Liquimoly, STP injektor cleaner Diesel(warna biru), Preston injector cleaner, Diesel power injector cleaner, Redex Diesel, dan lain-lain (banyak dijual di supermarket).

2.Campurkan sebotol cairan tersebut ke dalam tanki bahan bakar yang diisi penuh (full tank). Dengan cara ini anda akan mulai merasakan perbaikan perfoma kendaraan setelah minimal tiga perempat solar dalam tanki habis.

3.Efek perbaikan performa kendaraan akan semakin terasa bagus dikala anda menjalankan kendaraan untuk jarak jauh (keluar kota) dan mengemudi dengan melakukan efek “italian tuneup” yakni mengemudikan kendaraan dengan RPM tinggi (di atas 3500 rpm) pada gigi 3, 4 dan 5. sehingga mesin bekerja di atas RPM yang biasa anda capai. Efek peningkatan performa akan cepat tercapai.
4.Biasakan untuk melakukan pembersihan injektor ini minimal tiap interval 10.000Km untuk menjaga nozel injektor terjaga kebersihannya.
Keempat langkah di atas adalah langkah standart, namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih baik maka bisa anda lakukan langkah sebagai berikut.
1.Beli cairan pembersih injektor seperti di atas.
2.Buka filtersolar dari dudukannya kemudian kosongkan solar yang ada didalamnya.
3.Tuang sebotol cairan pembersih injektor tersebut ke filtersolar (jika masih ada sisa bisa dimasukkan ke tanki bahan bakar).

4.Pasang kembali filter solar ke dudukannya
5.Pompa dengan tangan pada fuel pump untuk membuang angin (agar tidak masuk angin)
6.Jalankan mobil dan lakukan italian tune up.
7.Rasakan performa Panther anda, tidak kalah dari tarikan mobil bensin tarikannya..wus..wus...
Baca juga artikel terkait lain:
1.Merawat Isuzu Panther
2.Panther Masuk Angin
3.Panther berat tarikannya
4.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
5.Merawat Accu
6.Memperbaiki Sein Mati
7.Membersihkan tanki mobil
8.Jenis Oli Mesin
9.Tentang ban mobil
10.Ban mobil benjol
11.Cara mengganti baut roda yang putus

Panther berat tarikannya

Pernahkah anda mengalami saat menempuh perjalanan jauh, di tengah perjalanan mobil panther terasa menjadi semakin berat larinya meskipun pedal gas sudah berusaha ditekan habis. Apalagi saat akan mendahului kendaraan di depan dan mobil tidak mau bertambah lajunya, tentu akan membuat jantung terhenyap.
Kemudian ketika anda berada di SPBU untuk mengisi bahan bakar dan anda membuka tutup tanki terasa susah dibuka seperti ada yang menarik dari dalam tanki, dan ketika sesaat tutup tanki bahan bakar terbuka terdengar suara “jross”. Kemudia anda mengisi bahan bakar dan anda menjalankan kendaraan anda dan mobil panther kembali terasa enteng larinya.
Jika anda pernah mengalami hal tersebut, maka patut anda periksa selang pernafasan tanki bahan bakar, kemungkinan besar selang tersebut buntu atau tersumbat kotoran dari lumpur ban yang lama kelamaan menjadi keras.
Jika selang pernafasan tanki bahan bakar tersumbat akan berakibat tekanan udara yang ada di dalam tanki menjadi tidak ada karena hampa udara (udara dari luar tidak bisa masuk ke tanki karena selangnya tersumbat) akan mengurangi kelancaran suply bahan bakar ke ruang bakar. Saat kita membuka tutuk bahan bakar otomatis sulit terbuka karena adanya udara hampa yang menarik tutup tersebut, setelah terdapat celah, maka udara luar akan tertarik kedalam tanki sampai terdengar bunyi “jross” , setelah sekian lama tekanan udara di dalam dan di luar tanki akan sama sehingga pompa bahan bakar akan ringan untuk memompa solar ke ruang bakar sehingga mobil terasa enteng kembali larinya. Lambat laun mobil akan bertambah berat larinya seiring dengan berkurangnya solar dalam tanki bahan bakar.

Cara perbaikan selang tanki bahan bakar:

1.Cabut selang tanki bahan bakar dari dudukannya di tanki.

2.Lihat dan tiuplah salah satu ujungnya untuk mengetahui apakah selang tersebut tersumbat atau rusak.

3.Jika hanya tersumbat, bisa dibersihkan dengan air dan dibersihkan dengan lidi atau kawat, sampai tidak ada sumbatan dalam selang tersebut. Jika selang pecah/rusak maka sebaiknya ganti dengan selang baru, bisa dengan menggunakan selang bening yang biasa dipakai untuk isi air accu atau jika tidak ada bisa minta ke tukang batu untuk meminta barang 10cm selang yang biasa dia pakai untuk melevel.

4.Pasang kembali selang ke dudukannya.

5.Jika mau lebih mendapatkan hasil yang memuaskan sekalian bisa anda lakukan turun tanki bahan bakar untuk kuras solar dan membersihkan tanki dari kotoran dan karat.

Baca artikel terkait:
1.Merawat Isuzu Panther
2.Panther Masuk Angin
3.Membersihkan Nozel dan Injector Panther
4.Periksa Kendaraan Sebelum Mudik
5.Merawat Accu
6.Memperbaiki Sein Mati
7.Membersihkan tanki mobil
8.Jenis Oli Mesin
9.Tentang ban mobil
10.Ban mobil benjol
11.Cara mengganti baut roda yang putus

Ganti baut roda


Pernahkah anda mengalami baut roda putus karena anda terlalu keras mengencangkannya saat ganti ban? Jangan panik…apabila jumlah baut tiap roda anda 4 baut atau lebih, maka jika terjadi putus 1 buat anda masih bisa melanjutkan perjalanan guna mencari bengkel atau toko onderdil.
Baut roda terbuat dari baja alloy yang memiliki titik leleh cukup tinggi (baja mutu tinggi), namun apabila terlalu sering di kendor-kencangkan dan akibat beban yang bekerja sekian lama maka mutu baja akan bisa turun atau bentuk baut roda sudah tidak lurus lagi alis bengkok. Lama kelamaan baut juga bisa putus atau patah. Untuk itu sebaiknya anda selalu sediakan baut dan mur cadangan di mobil untuk mengganti bila sewaktu-waktu mengalami patah baut roda.

Cara penggantian baut roda cukup mudah,anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1.Siapkan alat-alat : Palu ketok, Kunci roda dan baut roda pengganti

2.Kendorkan ban yang akan diganti bautnya.

3.Dongkrak dan kemudian lepaskan ban dari dudukannya.

4.Pukul dengan palu pada baut yang patah perlahan dengan ketukan rata sampai baut keluar dari dudukan plat.

5.Pasang baut baru pada lubang dudukannya dan pasang mur pada baut tersebut, kencangkan perlahan sampai baut terpasang sempurna dan kencang.

6.Lepaskan mur dan pasang kembali roda ban seperti semula.